Tips Menurunkan Berat Badan

Sekarang ini semua orang ingin berpenampilan menarik, terutama kaum hawa. Semua perempuan yang ada di dunia ini hampir semuanya ingin memiliki tubuh yang indah dan proposional. Oleh karena itu banyak orang yang berlomba-lomba untuk diet sehingga bisa mendapatkan berat badan sesuai dengan yang mereka inginkan.

Entah itu pria maupun wanita, semua orang berlomba-lomba untuk diet. Namun sayangnya banyak sekali orang yang diet terlalu ekstrim dan malah menyiksa tubuh mereka. Kali ini kami akan memberikan infromasi yang cukup penting untuk Anda semua yang ingin menurunkan berat badan dengan mudah. Kali ini kami akan membawa informasi mengenai tips menurunkan berat badan secara efektif. Berikut ini adalah infromasi lengkapnya untuk Anda sekalian :

  1. Aktif bergerak
aktif bergerak untuk menurunkan berat badan secara alami
aktif bergerak untuk menurunkan berat badan secara alami

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal maka usaha yang kita butuhkan tentu saja harus ekstra dan harus sabar. Salah satu cara menurunkan berat badan ini juga bisa kita lakukan dalam aktifitas sehari-hari kita, jika kita ingin mendapatkan berat badan yang ideal maka sebaiknya kita mulai aktif untuk bergerak.

Aktif bergerak dan beraktifitas tentu saja akan membuang banyak kalori di tubuh Anda sehingga Anda akan mudah untuk mendapatkan berat badan sesuai dengan keinginan. Sebisa mungkin untuk selalu bergerak setiap hari, misalnya saja ketika ingin pergi ke tempat yang dekat maka sebaiknya berjalan kaki saja daripada naik kendaraan. Jika Anda merupakan seorang yang bekerja di depan komputer lama maka luangkan waktu sekali-kali untuk bergerak.

  1. Hindari snack atau camilan dengan kandungan gula tinggi
Hindari snack atau camilan dengan kandungan gula tinggi agar badan tidak gemuk
Hindari snack atau camilan dengan kandungan gula tinggi agar badan tidak gemuk

Jika berat badan kita ingin turun dengan cepat dan signifikan maka kita tentunya juga harus menjaga asupan makan kita. Kita harus memperhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh kita, memperhatikan kalori yang masuk ke dalam tubuh kita sehingga berat badan kita tidak akan bertambah dan bisa terkontrol dengan baik.

Yang paling penting adalah dindari makanan seperti snack atau camilan yang mengandung gula yang tinggi karena itu bisa menyebabkan berat badan bertambah dengan cepat. Tidak hanya akan berpengaruh pada berat badan saja ya, konsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi juga bisa menyebabkan resiko penyakit diabetes, obesitas, kolesterol tinggi, dan penyakit lainnya. Selain itu sebisa mungkin untuk jauhi soda dan minuman yang mengandung pemanis seperti aspartam.

  1. Perbanyak makanan mengandung protein
Perbanyak makanan mengandung protein
Perbanyak makanan mengandung protein

Jika Anda sedang menjalani diet atau menajalani program lainnya untuk menurunkan berat badan maka Anda bisa mencoba untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung protein. Jika kita meningkatkan asupan protein itu tak akan menambah berat badan kita, namun malah baik untuk mempertahankan otot ketika sedang berusaha menurunkan kadar lemak di tubuh.

Kita bisa memanfaatkan berbagai macam makanan yang mengandung protein seperti misalnya dagin merah, daging ayam, susu, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin menurunkan lemak maka jangan khawatir karena Anda tidak akan terlalu kurus selama mengkonsumsi protein yang cukup.

  1. Jangan lupa sarapan
sarapan sehat tiap pagi
sarapan sehat tiap pagi

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan sesuai dengan keinginan tentu harus melakukan diet. Dan diet itu artinya kita harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita dan akhirnya banyak orang yang memilih untuk tidak sarapan di pagi hari. Jika Anda ingin menurunkan berat badan yang ideal maka sebaiknya Anda jangan sampai melupakan sarapan di pagi hari.

Karena jika tidak sarapan justru Anda akan gemetar dan malah tak bisa beraktifitas dengan baik. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal maka Anda harus mengganti nasi dengan sarapan yang menyehatkan seperti misalnya susu rendah lemak, roti gandum, atau buah pisang yang kaya serat dan vitamin.

  1. Tidur yang cukup
istirahat yang cukup membantu menurunkan berat badan
istirahat yang cukup membantu menurunkan berat badan

Jika ingin mendapatkan berat badan yang ideal sesuai dengan keinginan maka cara yang kelima adalah mencukupi kebutuhan istirahat Anda. Jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat maka sebaiknya kita menyediakan waktu yang cukup untuk tidur, tidak berlebihan dan tidak kurang.

Menurut penelitian dari Columbia University orang yang memiliki waktu tidur kurang dari 7 jam setiap harinya maka cenderung tidak bisa menahan rasa lapar. Selain itu jika Anda merasa kelelahan berlebihan maka tentu saja Anda membutuhkan makanan yang lebih banyak dan mungkin akan sulit menurunkan berat badan.

  1. Minum air putih yang cukup
perbanyak minum air putih
perbanyak minum air putih

Tips menurunkan berat badan yang efektif adalah dengan minum air ptuih yang cukup. Bukan rahasia umum jika air putih sangat baik untuk kesehatan manusia, selain bisa menyeimbangkan tubuh. Air putih bisa mempercepat proses metabolisme dan juga bisa menjadi salah satu cara efektif jika Anda sedang menjalani diet.

Setiap kali akan makan usahakan untuk minum segelas air putih, air putih yang akan Anda minum itu membuat Anda menjadi merasa lebih kenyang sehingga Anda akan makan dalam porsi yang sedikit. Jangan lupa untuk minum air putih minimal 8 gelas per harinya.  

  1. Makanan Berserat Tinggi
konsumsi makanan kaya serat
konsumsi makanan kaya serat

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan supaya proses diet yang kita jalani menjadi tidak sia-sia maka kita harus memperhatikan segalanya yang masuk ke dalam tubuh kita. Tips yang ketujuh supaya berat badan kita perlahan-lahan turun adalah dengan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi.

Hal ini karena selain membuat pencernaan jadi lebih baik juga membuat kita lebih kenyang sehingga tidak makan banyak. Para ahli menyarankan jika ingin dietnya berhasil maka konsumsi makanan berserat setiap pagi dan sore, makanan itu bisa didapatkan pada buah dan sayuran seperti misalnya pisang, pepaya, brokoli, labu, ubi, kentang, dan masih banyak lagi.Selain mendapatkan asupan serat kita juga akan mendapatkan asupan vitamin yang baik bagi tubuh kita.

  1. Ganti peran nasi
mengganti peran nasi sebagai makanan utama
mengganti peran nasi sebagai makanan utama

Mungkin setiap kali makan orang Indonesia akan selalu menggunakan nasi sebagai makanan utamanya yang akan ditemani dengan lauk lainnya. Jika tidak makan nasi maka rasanya tidaklah enak. Namun jika Anda ingin mendapatkan berat badan yang ideal maka Anda bisa mengganti peran nasi dengan karbohidrat yang lainnya.

Hal ini harus Anda lakukan karena sebenarnya nasi adalah salah satu makanan yang cepat menghasilkan gula sehingga mungkin kita akan kesulitan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Gantilah dengan karbohidrat lainnya seperti misalnya ubi, kentang, jagung, gandum, dan masih banyak lagi.

Itu dia beberapa informasi mengenai tips menurunkan berat badan yang bisa Anda coba di rumah, tentunya cara yang kami sampaikan di atas sangatlah aman dan sehat sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan jika melakukan saran yang kami sebutkan.

Jika ingin mendapatkan berat badan sesuai dengan harapan maka sebaiknya kita melakukannya dengan niat yang sungguh-sungguh. Jangan sampai berat badan gagal turun hanya karena kita tidak sabaran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua!