Campak Pada Orang Dewasa

Campak pada orang dewasa

Campak atau dalam bahasa medis disebut sebagai measles disebabkan oleh virus. Infeksi tersebut dapat menular dari satu orang ke orang lain melalui batuk, bersin, atau mengonsumsi makanan dan minuman dari wadah yang sama dengan orang yang terkena campak, oleh karena itu penting untuk menjaga diri baik saat menjadi orang yang terinfeksi maupun orang yang sehat karena penyakit ini bersifat sangat infeksius. Virus dapat menyebar melalui udara, dan seperti yang telah diketahui bahwa udara dapat menyalurkan sumber infeksi dengan sangat cepat. Sebelum menyadari terinfeksi, pasien akan mengalami demam terlebih dahulu. Orang yang terinfeksi campak dapat menyebarkan virus ke orang lain dari 4 hari sebelum tanda kemerahan di kulit mulai tampak.

Campak Pada Orang Dewasa
Campak Pada Orang Dewasa

Gejala yang ditimbulkan apabila orang dewasa mengalami campak:

Gejala awal dari campak akan sama seperti gejala flu yang parah dan ditandai dengan demam tinggi, hidung berair, bersin berulang, sakit tenggorokan dan batuk yang terus menerus, muncul tanda berupa kelenjar getah bening akan teraba membesar di sekitar leher, mudah merasa lelah, muncul diare, dan mata terlihat berwarna kemerahan dan terasa sakit. Ketika gejala ini mulai menghilang, akan muncul bintikk – bintik berwarna merah di dalam mulut dan disertai bintik kemerahan yang menjalar ke seluruh tubuh. Ketika orang deasa terkena campak, gejala yang mungkin ditimbulkan akan terasa dan terlihat lebih parah ketimbang ketika campak menyerang saat masa kanak – kanak. Gejala – gejala yang telah disebutkan di atas tidak muncul serta merta pada pasien yang terinfeksi, namun muncul dalam jangka waktu 7- 18 hari, hal ini sikenal sebagai masa inkubasi (waktu yang dibutuhkan oleh virus untuk masuk ke dalam tubuh manusia hingga menimbulkan gejala).

Hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan terapi yang biasa dilakukan untuk mengatasi cmapak / rubeola pada orang dewasa:

  • Campak merupakan salah satu penyakit yang terapinya akan lebih baik apabila dilakukan dirumah
  • Pada pasien yang mengidap penyakit campak disarankan untuk meminum cairan dalam jumlah yang banyak (air putih)
  • Menjauhlah dari orang yang terinfeksi penyakit campak, istirahatlah di rumah untuk meminimalisir kemunkinan orang lain tertular infeksi tersebut
  • Orang dewasa yang mengalami campak seharusnya disarankan untuk terlebih dahulu tidak bekerja atau berpergian ke luar rumah atau mengunjungi tempat publik setidak ya sekitar 5 hari setelah bintik – bintik kemerahan pada wajah hilang.
  • Sebagian besar pasien measles merasa perbaikan gejala selama kurang lebih 2 minggu. Namun terkadang measles dapat menyebabkan masalah yang sangat membahayakan kesehatan tubuh seperti munculnya tanda infeksi paru (pneumonia), ensefalitis (pada otak). Bahkan pada kasus yang jarang measles dapat menyebabkan meningitis atau kejang.
  • Apabila seseorang telah terpapar virus penyebab measles maka seseorang tersebut dapat terhindar dari infeksi virus karena telah mendapatkan immunogloblin yang dapat mencegah tubuh dari munculnya infeksi berulang.
  • Bayi yang berusia kurang dari 12 bulan, wanita hamil, dan orang yang memiliki gangguan pada sistem imun, sehingga tubuh tidak dapat memerangi infeksi sehingga perlu mendapatkan zat kekebalan imunoglobin.

Selain mengobati dengan beberapa hal yang telah disebutkan di atas,

beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengobati campak pada orang dewasa adalah dengan cara sebagai berikut:

  • Meminum jus jeruk secara teratur setiap hari. Buah jeruk aroma dan rasanya dapat mengatasi masalah yang dapat disebabkan akibat adanya campak salah satunya kehilangan nafsu makan. Jus jeruk dan jus lemon juga dapat mengurangi dehidrasi (kekurangan cairan) serta dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dengan zat vitamin C yang dikandung di dalam lemon dan jeruk.
  • Selain buah jeruk dan lemon, buah – buahan segar lainnyayang mengandung serat juga dapat dikonsumsi untuk proses pemulihan yang lebih cepat (pada berbagai penyakit termasuk measles atau campak
  • Bubuk temulawak dapat dicampur dengan madu atau susu dan air hangat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memberikan diet seimbang bagi tubuh.
  • Aloe vera

Aloe vera atau lebih dikenal dengan lidah buaya merupakan salah satu pilihan terapi measles karena zat anti radang yang terkandung di dalamnya dapat secara alamimenyembuhkan dan menenangkan kulit yang sedang mengalami gejala peradangan (kemerahan, nyeri, bengkak, panas)

  • Oatmeal

Oatmel merupakan makanan yang biasa disajikan untuk sarapan pagi bagi orang – orang yang memiliki kesadaran besar melindungi jantung dan kesehatan tubuhnya dan memilih mengurangi sarapan dengan makanan dan minuman yang manis.selain dapat dinikmati degan cara dikonsumsi sebaga makanan yang lezat, oatmeal dapat dijadikan terapi measles dengan cara menambahkan 1 – 2 oatmeal ke dalam air yang akan digunakan untuk mandi agar dapat membantu mengurangi rasa gatal saat terserang campak. Oatmeal yang ditambahkan ke dalam air aka menimbulkan sensasi lembut dan mengurangi kemerahan serta rasa gatal di kulit.

  • Daun zaitun

Daun zaitun merupakan bahan alami yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit campak. Daun zaitun sama bermanfaatnya dengan minyak zaitun. Daun zaitun memiliki efek antimikroba dan antivirus sehingga dapat membantu memerangi virus penyebab campak. Daun zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit campak. Ambillah beberapa lembar daun zaitun dan haluskan hingga konsistensi nya seperti pasta dan dapat dioleskan ke daerah yang terkena campak. Diamkan selama 30 menit dan basuh daerah yang telah ditempeli daun zaitun dengan menggunakan air hangat yang bersih.keringkan kulit menggunakan handuk bersih, ulangi sebanyak 2 kali sehari sampai terlihat hasilnya

  • Labu pahit

Labu merupakan bahan makanan yang kerap dikonsumsi oleh masyarakat dengan cara diolah menjadi kolak yang lezat atau lauk yang disantap bernama nasi. Labu pahit mengandung vitamin C, besi, zinc, dan magnesium yang diperlukan oleh tubuh untuk mempercepat proses pemulihan tubuh dari terjangkitnya penyakit, membantu mengurangi gejala campak, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Caranya adalah dengan mengambil 1 buah labu yang sega dan kemudian lakukanlah ekstraksi pada labu tersebut hingga didapatkan jus labu. Untuk mengurangi rasa pahit, campurkanlah 1 sendok ekstrak jus labu dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh bubuk temulawak. Konsumsi sebanyak dua kali sehari, konsumsilah secara rutin selama 3 minggu untuk melihat hasilnya

  • Air kelapa

Air kelapa kaya akan nutrisi dan membantu membersihkan tubuh. Kandungan air kelapa yang kaya akan antioksidan emmbantu menyembuhkan berbagai penyakit, serta emminum air kelapa dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Untuk mengobati gejala measles, salah satunya adalah dengan banyak mengonsumsi air kelapa yang kaya akan nutrisi sehingga dapat membantu mempercepat pemulihan penyakit. Selain itu, mengonsumsi air kelapa dapat mengurangi gejala dehidrasi ( kekurangan cairan) yang dapat memperparah gejala campak.