Manfaat pisang kepok

Manfaat pisang kepok

Pisang merupakan salah satu dari sekian banyak buah – buahan yang mengandung vitamin B yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu jenis pisang yaitu pisang kepok atau nama latinnya adalah Musa x paradisiaca.Rasa dari pisang kepok adalah manis seperti pisang pada umumnya, pisang kepok memiliki kulit buah yang lebih tebal dibanding buah pisang lainnya. Pisang kepok dapat dimakan langsung atau dijadikan penganan seperti pisang goreng, pisang rebus, sampai cemilan pisang krispi.

Manfaat pisang kepok
Manfaat pisang kepok

Pisang kepok dapat ditemukan di pasar tradisional di indonesia dengan harga yang relatif terjangkau.

Selain nikmat, mengonsumsi pisang kepok dapat bermanfaat bagi tubuh, antara lain:

  1. Mengobati diare pada bayi. Untuk memanfaatkan buah pisang sebagai obat diare pada bayi, lakukanlah hal berikut
  • Kupas pisang kepok secukupnya
  • Potong pisang selayaknya akan membuat pisang goreng
  • Goreng pisang tersebut tanpa minyak
  • Pisang kepok goreng ini kemudian dikonsumsi oleh ibu yang masih memberikan ASI kepada sang bayi.
  1. Mencegah konstipasi

Pisang kepok juga mengandung zat pectin yang sangat baik bagi kesehatan. Mengonsumsi pisang kepok dapat memperlancar proses Buang Air Besar (BAB) sehingga terhindar dari gejala konstipasi, pisang kepok sangat baik dikonsumsi untuk orang – orang yang sedang merencanakan diet sehat dalam rangka menurunkan berat badan.

  1. Mengobati ulkus lambung

Rutin mengonsumsi pisang kepok juga sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan manusia. Pisang kepok kaya akan serat yang dapat mengobati ulkus lambung. Adanya ulkus atau perlukaan lambung akibat produksi asam lambung yang terus menerus meningkat dapat menimbulkan rasa nyeri di perut.

Ulkus merupakan penyakit yang sangat berbahaya apabila tidak diberikan terapi segera. Ulkus biasanya timbul pada pasien yang didiagnosis memiliki maag kronis, sehingga lama kelamaan muncul lah ulkus. Pisang kepok dengan rasanya yang manis dna konsistensinya yang lembut dapat menjadi pilihan terapi alami dalam mengurangi rasa nyeri akibat adanya ulkus pada lambung serta menjadi pilihan terapi untuk mengurangi kelebihan produksi asam lambung.

  1. Mengatasi penyakit anemia (kekurangan darah)

Pisang merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan zat besi di dalamnya. Bagi orang yang mengidap penyakit anemia (kekurangan darah), pisang merupakan buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena zat besi yang ada pada pisang dapat membantu menurunkan gejala – gejala yang mengganggu pada pasien anemia seperti rasa sakit kepala, berkurangnya konsentrasi, sesak nafas, dan mengurangi gejala takikardi (denyut jantung yang lebih cepat dari normal).

  1. Mengurangi risiko terjadi penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kandungan mineral berupa potassium di dalam pisang dapat membantu melancarkan aliran darah ke seluruh organ tubuh, termasuk otak dan organ organ vital lainnya.

  1. Mendukung kesehatan ginjal.

Pisang kepok seperti pisang lainnya juga mengandung zat potassium di dalam daging buahnya. Potassium pada pisang memiliki manfaat yang sangat baik dalam meningkatkan fungsi ginjal. Ginjal memang membutuhkan potasium untuk dapat bekerja optimal dalam fungsi filtrasi (penyaringan) sehingga akhirnya ginjal memproduksi produk buangan atau zat – zat yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh lewat air kencing (urin) . Proses filtrasi ini harus berjalan dengan baik karena dalam proses pembuangan racun di dalam tubuh, seluruh zat buangan harus dapat dikeluarkan dari dalam tubuh agar tidak menumpuk di ginjal dan menimbulkan penyakit batu ginjal atau batu empedu. Selain itu, pisang kepok juga berperan sebagai pelindung ginjal karena memiliki kandungan zat anti oksidan yang dapat memerangi radikal bebas.

  1. Mengurangi stress.

Stress selain dapat dikurangi dengan relaksasi atau refreshing, ternyata juga dapat dikurangi dengan cara mengonsumsi makanan bergizi seperti pisang kepok. Kandungan potassium pada pisang kepok dapat menjadi salah satu obat dalam mengurangi gejala penyakit stress, depresi, dan cemas berlebih. Penyakit psikologis tersebut perlahan – lahan dapat mengurangi kadar potassium di dalam tubuh, sehingga dibutuhkan sumber makanan yang tinggi kandungan potassium. Rasa kelelahan setelah bekerja juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi pisang kepok

  1. Meningkatkan energi

Ketika seseorang merasa lesu, mudah lelah, dan merasa lemah, mengonsumsi pisang merupakan salah satu pilihan untuk mengobati perasaan tersebut, karena pisang selain mengandung vitamin B yang tinggi, juga mengandung zat karbohidrat yang tinggi sehingga secara efektif dapat meningkatkan energi dan stamina tubuh. Ketika tubuh merasa lapar, pisang kepok juga dapat dijadikan pilihan sebagai pengganjal perut dan terkadang dijadikan menu bagi orang – orang yang sedang melakukan usaha penurunan berat badan

  1. Meningkatkan kesehatan mata.

Mengonsumsi pisang kepok dapat membantu meningkatkan ketajaman penglihatan mata. Penurunan fungsi mata sangat umum terjadi pada orang – orang tua (manula) karena telah terjadi proses degenerasi makula yang membuat kerja sel – sel pada mata menjadi kurang optimal, sehingga pengelihatan dapat menjadi kabur seiring berjalannya usia.

  1. Menguatkan tulang

Kandungan lain yang ada pada tulang adalah zat prebiotik yang dapat membantu tubuh menyerap nutrisi secara lebih optimal. Salah satu zat nutrisi yang dapat secara optimal diserap ke tubuh dengan bantuan prebiotik adalah vitamin D dan kalsium. Dengan lebih optimalnya vitamin D dan kalsium, tulang akan menjadi lebih kuat, tulang yang kuat akan membantu mengurangi risiko osteoporosis dini. Bagi orang – orang yang mengalami keluhan pengeroposan tulang dan masalah tulang lainnya dapat mengonsumsi pisang (pisang kepok) setiap hari.

  1. Mengontrol tekanan darah

Mengonsumsi pisang ( termasuk pisang kepok) sangat dianjurkan untuk pasien yang memiliki tekanan darah tinggi atau orang – orang yang berisiko untuk terjadinya hipertensi. Mengonsumsi buah pisang kepok yang kaya akan potassium dan sodium dapat mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah.

Berikut beberapa cara menikmati pisang kepok:

  1. Pisang kepok dapat dinikmati bersama oatmeal. Campur beberapa potong pisang kepok ke dalam semangkuk oatmeal, dan dapat dinikmati sebagai sarapan yang nikmat dan bergizi.
  2. Seperti buah – buahan pada umumnya, pisang dapat disajikan dengan cara dibuat menjadi jus buah yang nikmat. Jus buah pisang kepok dapat ditambahkan susu ataupun madu untuk menambahkan rasa manis alami.
  3. Pisang kepok dapat dijadikan kue pisang kepok dengan cara menambahkan pisang yang sudah dihaluskan ke dalam adonan kue.
  4. Pisang kepok dapat dinikmati dengan cara direbus dan ditambahkan kelapa parut. Di atas kelapa parut dapat ditambahkan sedikit gula atau madu alami.
  5. Pisang kepok dapat dinikmati dengan cara membuat kolak pisang. Cara membuatnya sama halnya dengan membuat kolak seperti biasa dengan menggunakan santan.
  6. Pisang kepok krispi juga dapat dijadikan pilihan dalam menikmati pisang kepok. Caranya adalah dengan mengupas pisang kepok dan dipotong tipis – tipis. Masukkan potongan pisang tersebut ke dalam adonan tepung yang telah diberi sedikit garam. Goreng dengan sedikit minyak, tiriskan.