Tips Mengatasi Sakit Pinggang

Siapa yang tidak pernah mengalami gangguan kesehatan? Semua orang tentu saja sering mengalami masalah kesehatan mulai dari yang parah hingga yang ringan. Semua orang tentu saja menginginkan tubuh yang sehat sehingga bisa beraktifitas dengan baik. Oleh karena itu sebaiknya kita mulai untuk mengatasinya satu per satu sehingga aktifitas kita bisa berjalan dengan baik seperti biasanya.

Tips Mengatasi Sakit Pinggang
Tips Mengatasi Sakit Pinggang

Salah satu masalah yang sering dialami adalah sakit punggung, terutama bagi pekerja aktif yang seringkali menghabiskan waktu untuk. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan beberapa informasi penting mengenai tips mengatasi sakit punggung sehingga kita bisa kembali menjadi pekerja yang produktif lagi. Berikut ini adalah informasi pentingnya untuk Anda :

  1. Lakukan peregangan setiap pagi
cara mengobati sakit pinggang dengan olahraga
cara mengobati sakit pinggang dengan olahraga

Supaya tidak mengalami sakit punggung, langkah pertama adalah lakukan peregangan setiap pagi. Peregangan setiap pagi yang kita lakukan ini bisa mengurangi sakit punggung, kita bisa melakukannya sejak bangun tidur. Ketika bangun tidur janganlah langsung melakukan peregangan. Terlebih dahulu duduk di kasur kemudian regangkan lengan kita di atas kepala.

Tarik lutut sehingga berhadapan dengan kepala secara bergantian, batu berdiri dan melakukan peregangan singkat. Peregangan yang kita lakukan secara rutin setiap paginya ini bisa membuat sakit punggung kita akan berkurang.

  1. Condongkan punggung ketika mengangkat beban yang agak berat
obat sakit pinggang sebelah kanan
obat sakit pinggang sebelah kanan

Ketika mengangkat sebuah benda maka kita harus mencoba untuk memikirkan cara sehingga ketika mengangkat beban itu tidak bertumpu pada punggung. Ketika Anda akan mengangkat beban yang berat maka sebaiknya cari bantuan sehingga sakit punggung Anda tidak kumat. Namun jika memang tidak ada orang yang bisa membantu maka sebaiknya Anda mengangkat beban itu dengan mencodongkan badan Anda ke arah benda itu.

Mencondongkan badan ke arah benda ketika hendak mengangkatnya itu akan membantu Anda untuk mengurangi beban pada punggung karena ketika Anda mencondongkan badan sambil membawa beban itu maka berat akan bertumpu pada kaki. Dengan kata lain sakit punggung yang kita alami bisa segera teratasi.

  1. Duduk dengan tegak
obat sakit pinggang herbal alami
obat sakit pinggang herbal alami

Sakit punggung yang kita alami ini bisa terjadi karena berbagai penyebab ya, sakit punggung yang menyerang kita mungkin juga bisa terjadi akibat posisi duduk yang salah. Terutama bagi Anda yang bekerja di depan komputer lama dan jarang berjalan-jalan, ini bisa menjadi salah satu penyebab kenapa Anda sakit punggung.

Caranya adalah duduk dengan tegak sehingga posisi punggung bisa tegak dan kita tak akan merasakan sakit punggung lagi, kami sarankan jika Anda tak ingin sakit punggung maka duduklah di atas kursi yang empuk dan memiliki sandaran sehingga Anda menjadi nyaman dalam bekerja. Selain itu sesekali untuk berdiri dan melakukan peregangan singkat atau berjalan-jalan sebentar sehingga tubuh Anda tidak akan merasa jenuh dan kelelahan.

  1. Tidur
Tidur dengan posisi yang benar mengurangi resiko sakit pinggang
Tidur dengan posisi yang benar mengurangi resiko sakit pinggang

Jika Anda merasa terganggu dengan sakit pinggang dan merasa bingung karena tidak menemukan solusi yang tepat maka sebaiknya tidurlah. Jika Anda merasakan sakit punggung lagi ketika di rumah tak ada salahnya mencoba untuk tidur sejenak maupun hanya berbaring di kasur. Ketika ingin tidur perhatikan terlebih dahulu posisi tidur Anda, karena posisi tidur yang salah bisa menyebabkan sakit punggung.

Jika selama ini Anda tidur tengkurap atau telentang maka Anda bisa mencoba untuk tidur miring sambil meletakkan bantal di tengah-tengah lutut, hal ini bermanfaat untuk menjaga posisi tulang belakang tetap normal dan mengurangi tekanan pada punggung. Pastikan juga tidur di kasur yang nyaman sehingga Anda tidak akan mengalami sakit punggung ketika bangun.

  1. Gunakan bawang putih
Obat Sakit Pinggang Alami dengan Bawang Putih
Obat Sakit Pinggang Alami dengan Bawang Putih

Siapa yang tidak mengenal bawang putih? Bawang putih ini ternyata bisa kita gunakan untuk mengatasi sakit punggung secara efektif. Bawang putih mengandung zat anti inflamasi yang baik untuk mencegah rasa sakit pada punggung, sejak jaman dahulu bawang putih memang sudah dipercaya untuk mengatasi sakit punggung. Caranya mudah, kita hanya perlu untuk mengkonsumsi bawang putih secara langsung dengan mengunyahnya kemudian menelannya.

Jika Anda tidak suka dengan rasanya yang aneh maka Anda bisa menelannya bersama gumpalan nasi. Atau jika tidak Anda bisa merendam beberapa siung bawang pada segelas air lalu minum larutan itu. Jika mungkin menelan bawang putih menjadi sebuah ketakutan bagi Anda, maka Anda bisa membuat krim saja. Caranya adalah siapkan beberapa siung bawang putih yang telah dihaluskan dan juga beberapa sendok mustard, campurkan sampai rata kemudian gosokkan perlahan.

  1. Yoga
Yoga Dapat Menyembuhkan Sakit Pinggang
Yoga Dapat Menyembuhkan Sakit Pinggang

Saat ini yoga sudah menjadi salah satu olahraga yang kekinian, jika ingin mengikuti kelas yoga maka kita tidak perlu repot-repot lagi karena sekarang sudah banyak sekali orang yang mengadakan kelas yoga. Yoga ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik dan juga memelihara kesehatan mental kita dengan menghadirkan ketenangan.

Yoga ini ternyata juga memiliki manfaat yang mungkin sangat jarang diketahui oleh masyarakat, manfaat tersembunyi dari mengikuti yoga itu adalah bisa mengatasi rasa sakit punggung kita alami. Selain itu juga bisa membantu kita untuk mengatasi rasa stress yang berlebihan akibat masalah dan pekerjaan yang kita lakukan. Untuk Anda yang masih memiliki masalah sakit punggung tidak ada salahnya untuk mencoba yoga~

  1. Gunakan jahe merah
Manfaat Alami Jahe Merah
Manfaat Alami Jahe Merah

Jahe merah adalah salah satu tanaman yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Mungkin Anda semua sudah tahu jika jahe merah ini bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh ketika sedang musim hujan. Selain itu baik untuk melegakan tenggorokan dan juga sakit perut. Jika Anda selama ini hanya mengira jika jahe merah hanya digunakan untuk mengatasi sakit perut dan juga tenggorkan maka Anda salah, jahe merah terbukti bisa mengatasi sakit punggung.

Hal ini dikarenakan kandungan di dalam jahe merah seperti zingeron, ginggerol, dan shogaol. Tapi kita harus menggunakan perpaduan jahe merah, temulawak, akar sawi langit, dan juga daun mahkota dewa. Campur semua bahan itu kemudian rebus dengan beberapa gelas air, tunggu hingga air rebusan sampai menjadi 1/3-nya kemudian jika sudah minum air rebusannya dengan rutin.

  1. Gunakan Akar Ilalang
Obat Herbal dari Akar Ilalang
Obat Herbal dari Akar Ilalang

Cara untuk mengatasi sakit punggung yang selanjutnya adalah menggunakan akar ilalang. Mungkin selama ini Anda berpikir jika ilalang hanyalah tanaman yang tak berguna, namun jangan salah karena akar ilalang ternyata bisa digunaka untuk mengatasi sakit punggung yang kita alami. Sejak dulu banyak orang yang sudah menggunakan akar ilalang untuk mengatasi rasa sakit punggungnya. Jika Anda memiliki sakit punggung maka tidak ada salahnya untuk mencoba akar ilalang menjadi alternatif untuk pengobatan sakit punggung karena ilalang sendiri sangat mudah kita temukan.

Caranya sangatlah mudah,setelah mengumpulkan akar ilalang yang harus kita lakukan adalah mencucinya, jika sudah maka langkah yang selanjutnya adalah merebus akar ilalang tadi sampai mendidih, setelah itu saring dan minum sebanyak 2 kali dalam sehari. Dijamin sakit punggung yang kita alami perlahan akan pergi!

Itu dia beberapa tips mengatasi sakit punggung dengan mudah yang bisa kami berikan kepada Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!