Manfaat temulawak untuk wajah

Manfaat temulawak untuk wajah

Temulawak merupakan salah satu bahan rempah – rempah yang kaya di Indonesia. Temulawak umum  digunakan oleh masyarakat dari negara India awalnya untuk menambahkan warna kuning ke orange – orangean dan dapat bekerja sebagai produk kecantikan khususnya kulit dan wajah. Mengonsumsi temulawak merupakan salah satu pilihan yang terjangkau dan menyembuhkan beberapa penyakit pada kulit dan masalah kecantikan lainnya. Selain kulit dan wajah, temulawak juga merupakan rempah yang bersahabat dengan rambut ( dapat menghilangkan ketombe, dan mencegah rambut rontok). Pada kulit, temulawak dapat mencerahkan kulit beberapa tingkat dan mencegah pecah – pecah pada kulit di kaki.

Manfaat temulawak untuk wajah
Manfaat temulawak untuk wajah

Salah satu cara memanfaatkan  temulawak untuk mendapatkan efek yang baik bagi perawatan dan kecantikan adalah dengan cara menggerus temulawak dan menghaluskannya hingga mejadi bubuk temulawak. Beberapa manfaat temulawak untuk kecantikan yang dijadikan bubuk / powder adalah:

  • mengurangi bekas luka ( luka parut) dan menyembuhkan luka: sifat temulawak yang berperan sebagai anti inflamasi (peradangan) dapat berefek baik pada pori – pori dan bersifat menenangkan kulit. Temulawak juga terkenal dapat mengurangi dan mneyembuhkan berbagai jenis luka lebih cepat daripada menggunakan antiseptik. Untuk mendapatkan efek tersebut, temulawak dapat diolah dengan cara menghaluskan temulawak, kemudian dicampur dengan 1 sendok teh tepung gram ( tepung yang mengandung karbohidrat tinggi namun rendah lemak). Aplikasikan atau oleskan pada daerah luka atau kulit yang diinginkan dan diamkan selama lebih dari 25 menit. Basuh dengan air hangat yang bersih.
  • Mengobati kulit yang kering dan pecah – pecah. Setelah menggunakan sepatu dalam jangka waktu yang lama, biasanya akan muncul keretakan atau pecah – pecah pada tumit kaki. Untuk mendapatkan efek tersebut, gunakanlah temulawak yang telah dihaluskan (telah berbentuk powder atau bubuk) dengan cara mencampurkannya dengan minyak kelapa . Kemudian oleskan pada kulit yang kering dan terlihat retak. Cuci menggunakan air bersih setelah didiamkan selama 15 menit. Kulit akan terasa lebih lembut dan lembab.
  • Menunda terjadinya penuaan dini. Temulawak merupakan rempah yang mengandung pigmen yang disebut curcuminoid yang dapat membantu mensintesis zat anti oksidan (memerangi radikal bebas yang menempel pada kulit). Zat anti oksidan tersebut dapat melindungi sel – sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas ( molekul yang tidak berpasangan) yang dalam jangka waktu lama akan menimbulkan tanda –tanda penuaan seperti bintik – bintik hitam, garis – garis halus, dan keriput.

Selain manfat di atas, penggunaan temulawak juga dapat bermanfaat untuk memutihkan kulit wajah, dan membantu memberikan efek glowing secara alami dan membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dengan cara mencampurkan 1 sendok teh madu, 1 sendok teh susu (dapat menggunakan susu cair murni), dan ¼ sendok teh temulawak .

Campurkan hingga menjadi pasta dan dapat digunakan sebagai masker. Diamkan selama 25 menit, cuci bersih menggunakan air. Ulangi prosedur tersebut sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu untuk melihat hasilnya.

Terkadang kulit juga rentan mengalami kegosongan dan warna kecokelatan yang muncul di kulit dapat dihilangkan secara alami dengan cara membuat ramuan berkonsistensi pasta dengan cara mencampurkan jus lemon dan susu murni. Oleskan campuran yang sudah merata tersebut ke daerah kulit wajah, tunggu sampai mengering, cuci menggunakan air biasa yang bersih.

Temulawak selain dibuat menjadi bubuk / powder, juga dapat dibuat sebagai masker wajah dan bermanfaat untuk :

  • Mengobati jerawat. Jerawat merupakan musuh terbesar bagi wajah pada umumnya. Masyarakat sebagian besar menilai bahwa kulit yang sehat dilihat dari kebersihan kulit wajah tanpa jerawat. Temulawak ini dipercaya sangat efektif dalam melawan jerawat dan kemerahan yang terjadi pada wajah karena efek peradangan (biasa disebabkan karena bakteri). Selain itu, temulawak juga dapat menghilangkan minyak berlebih pada wajah dengan cara mencampurkan ½ sendok teh temulawak yang telah dihaluskan dengan susu secukupnya sampai konsistensi nya terasa seperti pasta dan dapat dijadikan masker wajah. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan sampai mengering. Ulangi prosedur tersebut sampai beberapa kali dalam seminggu dan lihat hasilnya.
  • Membantu proses eksfoliasi atau menghilangkan sel kulit mati. Temulawak merupakan eksfoliator alami yang dapat membantu membuang sel kulit mati dengan cara mencampurkan 1 sendok teh oatmeal, 1 sendok teh bubuk temulawak dan susu murni (dapat diganti dengan air mawar) untuk membuat pasta atau masker wajah. Gunakan pada wajah seperti menggunakan produk eksfoliator seperti biasa. Eksfoliator alami tersebut akan menimbulkan efek bersih, kenyal, dan lembut pada wajah.
  • Mencegah kanker kulit, Temulawak memiliki efek untuk dapat mencegah kanker kulit dan mampu secara efektif membunuh sel – sel tumor dan meninggalkan sel sel sehat. Temulawak terbukti dapat menjadi pencegah sel pre kanker menjadi kanker. Efek dari kurkumin sebagai pencegah kanker dan dapat mengobati berbagai jenis kanker seperti: kanker kulit, melanoma, karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan mampu menginduksi sel untuk melakukan proses apoptosis ( kematian sel secara alami).
  • Zat kurkumin telah terbukti secara efektif untuk meredakan gejala eczema, psoriasis, scleroderma, rosacea, dan penyakit kulit lainnya. Walaupun penyakit atau kondisi yang mendasari akan berbeda, namun proses inflamasi yang terjadi biasanya merupakan proses peradangan yang sama dan umum terjadi pada beberapa penyakit berbeda.Tidak hanya bermanfaat untuk meredakan gejala peradangan, namun juga dapat meningkatkan produksi zat kolagen yang dapat menghancurkan zat radikal bebas. Dengan mafaat tersebut, kulit akan terhindar dari berbagai gangguan seperti kulit kering, kemerahan, bengkak, dan iritasi. Dan membantu meningkatkan formasi jaringan konektif dan melancarkan aliran darah.
  • Menyembuhkan vitiligo, Vitiligo adalah kondisi kulit yang mengalami depigmentasi sehingga memunculkan bercak – bercak putih pada kulit. Zat kurkin yang terdapat pada temulawak dapat berperan sebagai pencegah stress oksidatif pada sel epidermis (permukaan kulit yang berperan dalam menghasilkan pigmen melanin)

Semakin banyak melanin yang dihasilkan maka warna kulit akan semakin gelap, maka depigmentasi merupakan peristiwa kurangnya proses pigmentasi kulit yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk mencegah kulit dari sinar UV yang dapat berbahaya bagi kulit bahkan menimbulkan risiko keganasan pada kulit.

Selain baik untuk kecantikan, temulawak sebagai bahan alami juga memiliki efek samping penggunaan yang tidak terkontrol. United States Food and Drug Administation (FDA) mendeklarasikan bahwa komponen zat aktif kurkumin dapat menyebabkan reaksi samping berupa alergi, dan reaksi yang tidak diinginkan lainnya.

Kondisi medis berikut harus melalui konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan temulawak:

  • Diabetes, tidak direkomendasikan karena dapat mengurangi gula darah dengan sangat drastis
  • Darah yang encer (tidak direkomendasikan bagi pengguna aspirin karena berisiko terjadinya perdarahan)
  • Nyeri pada perut karena memberikan efek gastritis dan nyeri pada perut