Cara menggemukkan wanita remaja

Remaja putri yang berusia 13-18 tahun cenderung memiliki beberapa problematika mulai dari bingung menentukan produk perawatan wajah yang cocok, galau masalah jerawat, sampai problematika berat badan. Beberapa remaja putri yang memiliki berat badan berlebih cenderung suka melakukan diet ketat demi mendapatkan berat badan ideal.

Cara menggemukkan wanita remaja

Cara menggemukkan wanita remaja
Cara menggemukkan wanita remaja

Sebaliknya, beberapa remaja putri dengan berat badan kurang, serta ketika indeks masa tubuh dibawah 19 kerap kebingungan mencari cara terbaik untuk dapat meningkatkan berat badan.

Memiliki berat badan yang kurang dari indeks masa tubuh ideal memang tidak baik bagi kesehatan tubuh remaja putri karena beberapa alasan berikut:

  • Kekurangan nutrisi

Seseorang dengan berat badan di bawah normal memungkinkan tubuh kehilangan nutrisi yang bersifat penting bagi tubuh untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan secara optimal. Salah satu contoh nutrisi yang penting bagi bagi remaja putri adalah kalsium, kalsium sangat penting bagi remaja putri untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang.

Apabila tidak terdapat kalsium yang cukup di dalam tubuh, risiko wanita untuk mengalami osteoporosis di kemudian hari akan lebih besar. Zat lain yang tak kalah penting adalah zat besi. Remaja putri yang sudah mulai mengalami menstruasi membutuhkan zat besi untuk mengganti zat besi yang hilang bersama darah menstruasi. Menstruasi yang datang teratur setiap bulan membuat remaja putri banyak kehilangan zat besi yang dapat berakibat munculnya tanda-tanda anemia seperti lemas, lesu, letih, lunglai, dan kurang konsentrasi.

  • Energi berkurang

Memiliki berat badan yang kurang dapat membuat seorang remaja terus- terusan merasa mengantuk dan capek. Dengan keadaan yang demikian, kemauan untuk bermain, melakukan aktifitas fisik bersama teman- teman akan berkurang, terlebih lagi energi yang berkurang dan menyebabkan konsentrasi menjadi buruk, dapat berakibat pada nilai-nilai ujian yang kurang memuaskan.

  • Sistem kekebalan tubuh melemah

Sistem kekebalan tubuh yang melemah akan memudahkan seseorang terkena penyakit khususnya penyakit seperti batuk, demam, dan flu.

  • Menstruasi yang tidak lancar

Mengalami menstruasi yang tidak lancar dapat menjadi tekanan sendiri bagi seorang remaja putri. Menstruasi  yang tidak kunjung datang dapat disebabkan karena berat badan di bawah normal, yang menyebabkan hormon pengatur menstruasi dapat berhenti bekerja secara optimal.

Masyarakat awam cenderung percaya bahwa untuk meningkatkan berat badan, maka mengonsumsi makanan seperti kue manis, cokelat, minuman bersoda, dan makanan- makanan yang digoreng dapat menjadi solusi meningkatkan berat badan, namun masyarakat kerap keliru dengan persepsi tersebut, karena mengonsumsi deretan makanan itu hanya akan menambah tubuh terlihat jadi lebih gemuk, bukan membuat indeks masa tubuh menjadi ideal.

Rekomendasi makanan yang dapat dikonsumsi untuk dapat meningkatkan indeks masa tubuh bagi remaja putri adalah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi karbohidrat yang cukup seperti nasi merah (membantu menaikkan masa tubuh dan mengontrol gula darah), kentang, atau kacang-kacangan.
  • Protein yang dapat bersumber dari telur, ikan, dan daging
  • Mengonsumsi 5 jenis buah-buahan dan 5 jenis sayur- sayuran yang bervariasi setiap hari
  • Hindari mengonsumsi terlalu bayak makanan yang digoreng dengan minyak jenuh, kue manis, dan biskuit, serta daging yang telah berada di dalam kemasan dalam jangka waktu yang lama
  • Minum susu, yoghurt, dan keju sebagai sumber kalsium
  • Kurangi konsumsi gula tambahan seperti yang banyak pada cokelat, biskuit, minuman dalam kemasan, kue, dan jenis sirup.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk dapat meningkatkan berat badan dengan cepat:

  • Porsi sedikit namun sering jauh lebih baik dibandingkan langsung makan 1 porsi yang banyak

Kalori dalam jumlah yang banyak sangat dibutuhkan untuk dapat meningkatkan berat badan, namun perlu diperhatikan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak junk food karena zat- zat tambahan penting untuk dihindari agar tidak menciptakan masalah kesehatan yang baru akibat mengonsumsi terlalu banyak bahan pewarna, pengawet, msg, dan lain-lain. Makanlah makanan yang telah disebutkan di atas dalam porsi kecil namun sering.

  • Remaja putri tetap bisa makan enak walaupun sedang dalam pengontrolan pola makan

Jangan dulu berpikir bahwa ketika sedang mengontrol menu makanan, kita sudah tidak bisa mengonsumsi makanan favorit. Meminum milkshake atau beberapa scope es krim juga baik untuk meningkatkan kadar kalsium dan protein yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, disarankan juga untuk memakan es krim ataupun meminum milkshake disela-sela makanan yang telah disebutkan di atas.

  • Jangan lupa aktifitas fisik!

Diet atau pengaturan pola makan akan terasa percuma apabila tidak diikuti dengan aktifitas fisik yang cukup. Ikatan dokter Indonesia merekomendasikan para remaja usia produktif untuk melakukan aktifitas fisik minimal selama 30 menit setiap hari, sebanyak 5 hari dalam seminggu. Aktifitas fisik dapat membantu tubuh untuk terlihat lebih sehat dan lebih bugar.

  • Batasi konsumsi kafein

Kafein bukan hanya terdapat pada kopi, tetapi juga pada teh dan soda. Mengonsumsi kafein dapat menekan nafsu maka dan berakibat pada tubuh menolak untuk makan sering dalam porsi kecil, cenderung tubuh aka menerima makanan ketika seseorang sudah merasa sangat lapar. Hal tersebut tidak terlalu baik untuk kesehatan.

  • Makan di malam hari

sudah menjadi rahasia umum bahwa makan di malam hari dapat meningkatkan berat badan. Makan di malam hari membuat tubuh tidak melakukan proses pembakaran setelah mengonsumsi makanan. Namun, makanan yang dikonsumsi harus tinggi kalori dan protein. Pilihan makanan telah disebutkan di atas.

  • Konsumsi makanan yang mengandung lemak tidak jenuh

Pilihan makanan dapat berupa buah alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak canola, selai kacang, dan lain-lain

  • Hindari alkohol

Alkohol merupakan pilihan minuman dengan kalori yang tinggi, namun tidak memiliki nutrisi esensial yang diperlukan oleh tubuh

  • Atur pola minum air putih

Air putih merupakan minuman paling sehat yang dapat dikonsumsi. Namun hindari meminum air putih langsung setelah mengonsumsi makanan, minum air putih lebih baik 10 menit setelah makan.

  • Tidak direkomendasikan melakukan aerobik

Aerobik merupakan salah atau olahraga yang sedang ramai digandrungi para wanita. Namun olahraga aerobik tidak terlalu dianjurkan untuk remaja dengan indeks masa tubuh di bawah normal karena latihan aerobik dapat membantu menurunkan berat badan ketimbang meningkatkan indeks massa tubuh.

  • Catat makananmu sehari- hari!

Penting untuk memiliki jurnal yang mencatat makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari, dan penambahan berat badan yang diperoleh. Lakukan pencatatan ini setiap hari, dan di akhir minggu, lihat kembali progress yang sudah dicapai. Lakukan terus sampai progress yang didapatkan cukup signifikan.

Untuk mendapatkan indeks masa tubuh yang ideal, motivasi terbesar haruslah dari dalam diri sendiri, bukan karena ingin meniru bentuk tubuh seorang artis idola, ataupun orang lain. Menjadi sehat dan bugar adalah investasi terbesar untuk masa hidup yang lebih produktif.