Tips memilih Hand Sanitizer

Tips memilih Hand Sanitizer – Disebut sebagai upaya pencegahan virus corona dalam beberapa bulan ini produk hand sanitizer yang awalnya jarang dilirik menjadi barang yang sangat berharga. Bagaimana tidak stok produk hand sanitizer dimana mana kosong dan langkah karena saking larisnya. Cairan pembersih tangan ini menjadi barang yang paling diburu masyarakat yang sedang panik, Ini menjadikan banyak bermunculan produk hand sanitizer homemade yang berbahan dasar alkohol.

Apakah berbahaya menggunakan hand sanitizer yang terbuat dari alkohol? Jawabannya tidak, karena beberapa hand sanitizer buatan pabrik juga menggunakan bahan dasar alkohol cuma tetap harus diperhatikan juga beberapa hal lain. Nah berikut adalah Tips memilih Hand Sanitizer yang baik dan efektif untuk digunakan

Gunakan Hand Sanitizer yang kandungan alkoholnya minimal 60 persen

Hand sanitiizer yang berbahan dasar alkohol yang terbukti efektif dalam membunuh bakteri dan virus adalah minimal 60 persen umumnya yang digunakan adalah yang 70 persen. Apa yang terjadi jika kurang dari 60 persen kadar alkoholnya? Hand Sanitizer tersebut tidak akan membantu melawan virus tetapi hanya membantu mngurangi pertumbuhan virusnya saja.

Cek kandungan bahan dasarnya

Selain alkohol ada beberapa bahan dasar lain yang efektif membunuh kuman seperti triclosan atau jika ingin menggunakan bahan yang alami bisa menggunakan daun sirih atau jeruk nipis. Sesuaikan dengan kebutuhan karena hand sanitizer berbahan dasar alkohol bisa membuat kulit kering dan bahkan alergi buat yang memiliki alergi terhadap bahan dasarnya yaitu alkohol.

Pastikan kemasan dapat tertutup rapat dan masih segel

Sesuai dengan sifat alkohol yang mudah sekali menguap menjadikan syarat wajib untuk hand sanitizer yang berbahan alkohol agar bisa tertutup rapat dan apabila ketika baru beli pastikan masih dalam kondisi tersegel rapat. Kenapa? Hand sanitizer yang dapat efektif membunuh kuman dan virus adalah yang mengandung minimal 60 persen tetapi jika dalam kondisi terbuka khawatirnya bahan dasarnya yang berupa alkohol akan menguap dan mengurangi kualutas hand sanitizer tersebut.

Beli Hand Sanitizer sesuai kebutuhan

Hand Sanitizer dalam kondisi sekarang ini dimana banyak yang mmembutuhkan alangkah bijaknya jika kita membeli sesuai kebutuhan saja dan tidak berlebihan. Untuk kebutuhan satu rumah satu jurigen isi 5 liter itu bisa untuk beberapa bulan jika sesuai penggunaan wajar. Kita tidak perlu melakukan pembelian beberapa jurigen sekaligus agar tidak terjadi kelangkaan dan tidak menyebabkan melambungnya harga. Karena jika pada menimbun hand sanitizer kasihan masyarakat lain yang membutuhkan.

Hand Sanitizer memang efektif tetapi cuci tangan dengan sabun adalah yang terbaik

Meskipun penggunaan hand sanitizer bisa membunuh banyak jenis kuman, bakteri dan virus tetapi mencuci tangan dengan sabun adalah pilihan yang lebih baik. Jadi gunakan hand sanitizer ketika dalam kondisi tidak ada air sabun saja.

Demikian Tips memilih Hand Sanitizer yang mungkin bisa membantu dan sedikit membuka pikiran kita. Kondisi saat ini memang sedikit sulit, orang kaya banyak yang melakukan panic buying sehingga masyarakat yang tidak mampu tidak kebagian. Jika merasa sulit dalam mencari hand sanitizer sebenernya kita dapat membuat hand senitizer sendiri loh untuk caranya bisa baca disini.

Tags: