Cara membuat hand sanitizer sendiri

Cara membuat hand sanitizer sendiri – Sejak wabah virus corona semakin meluas dan terus meningkatnya grafik orang yang di curigai terinfeksi semakin naik tiap hari berhasil membuat kepanikan yang luar biasa di masyarakat. Banyak masyarakat yang menjadi panic buying dimana menyebabkan banyak barang terjadi kelangkahan.

Kejadian yang paling parah adalah terjadinya kelangkaan APD atau Alat Perlindungan Diri untuk para tenaga kesehatan seperti masker dan hand sanitizer yang sering habis di Rumah Sakit. Terjadinya kehilangan hand sanitizer adalah yang paling parah, karena dapat membahayakan para petugas kesehatan yang memiliki resiko tinggi untuk tertular. Kelangkaan hand sanitizer adalah penyebab utama, padahal hal itu bisa kita atasi jika kita tahu Cara membuat hand sanitizer sendiri dirumah.

Cara membuat hand sanitizer sendiri cukup mudah kq karena bahan yang dibutuhkan juga mudah di cari. Bahan apa saja sih yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer sendiri?

Alkohol

Yang dibutuhkan adalah alkohol jenis Isopropil maupun Ethyl yang bisa digunakan untuk bahan dasar hand sanitizer mengandung minimal 60% alkohol. Penggunaan alkohol di kulit dapat menyebabkan kulit kita kering oleh karena itu lebih baik ketika membuat hand sanitizer dengan alkohol dicampur dengan hand body atau gel aloe vera agar tangan tidak kering dan lebih wangi.

Cuka Putih

Cuka Putih sering digunakan sebagai pembersih rumah tangga karena bisa melarutkan residu dan menetralisir bau. Karena tingkat keasaman cuka putih yang tinggi sehingga menurut penelitian dapat dijadikan sebagai disinfektan yang baik.

Lidah Buaya / Aloe Vera

Lidah buaya atau aloe vera memiliki fungsi sebagai pelembut kulit dan obat yang dipercaya menangani luka bakar dan iritasi ini bisa dijadikan campuran dari alkohol untuk dijadikan hand sanitizer agar tangan tidak kering setelah terkena alkohol.

Gliserin

Gliserin atau biasa disebut gliserol adalah sebuah senyawa gliserida yang paling sederhana, Gliserin berfungsi sebagai pelembab kulit dan mencegah iritasi sehingga menjadikan alkohol lebih aman digunakan di kulit.

Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah oksidator kuat berbentuk cairan agak lebih kental dibandingkan air. Berperan sebagai antiseptik seperti alkohol untuk menghentikan pertumbuhan mikroba.

Air Steril

Air steril disini sebagai pelarut bisa air dai hasil suling atau air matang yang sudah didinginkan.

Cara membuat hand sanitizer sendiri

Untuk pembuatannya kita bisa mencampurkan semua bahan tersebut diatas dengan takaran sebagai berikut

  • Masukkan 3/4 cangkir alkohol
  • Lalu 1/4 cangkir gel aloe vera atau lidah buaya
  • Bisa Anda tambahkan minyak esensial agar hasilnya lebih harum ditangan

Untuk bahan alternative bisa juga dengan campuran dibawah ini

  • Takar Alkohol sebanyak 833 ml
  • dan juga Gliserin sebanyak 14,5 ml
  • Campur dengan Hidrogen peroksida sebanyak 41,7 ml
  • Campur air steril hingga larutan mencapai 1 liter atau 110 ml

Semua bahan tersebut bisa dibeli di apotek atau bisa juga ke toko bahan kimia. Jangan lupa siapkan fotokopi kartu identitas karena kadang toko bahan kimia memintanya. Selain itu bahan di atas dijual dalam bentuk 1 literan sehingga setiap pembelian bisa digunakan untuk beberapa kali.

Meski hand sanitizer bisa membunuh kuman dan di klaim dapat mencegah penyebaran virus corona tetapi cuci tangan adalah langkah terbaik. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah cara yang paling ampuh, tetapi ketika perjalanan dimana air dan sabun lebih susah di temukan maka penggunaan hand sanitizer sebagai opsi cadangan.