Khasiat Minyak Tawon Untuk Kesehatan

Khasiat Minyak Tawon Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal minyak tawon? Minyak ini dijual bebas di pasaran dengan berbagai manfaat di dalamnya. Namun banyak orang yang salah mengira jika minyak tawon adalah minyak yang berasal dari tawon. Meskipun dinamakan minyak tawon, namun minyak tawon bukanlah berasal dari tawon. Minyak tawon ini berasal dari Makasar dengan komposisi-komposisi seperti berikut:

  • Minyak kelapa,minyak kelapa memiliki kandungan utama yaitu lemak dengan rantai panjang. Minyak kelapa seringkali digunakan untuk menggantikan minyak sawit yang memang kurang baik untuk kesehatan. Minyak kelapa ini memiliki fungsi untuk mengatasi infeksi jamur, bakteri, dan virus. Selain itu minyak kelapa juga memberikan kelembapan alami dan melindungi kulit dan rambut.
  • Minyak kayu putih, minyak ini dihasilkan langsung dari pohon kayu putih melalui proses destilasi. Minyak kayu putih sering digunakan sebagai bahan antiseptic untuk membunuh bakteri, jamur, mengatasi nyeri, menurunkan panas, dan membunuh racun.
  • Minyak serai,minyak serai sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam keluhan seperti nyeri, peradangan, serta membuat tubuh dan pikiran rileks. Selain itu, minyak serai juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka, baik luka luar dan luka cedera serta mengatasi jamur, bakteri, dan virus.
  • Daun lada,aroma nya dapat menyembuhkan berbagai macam keluhan seperti rasa sakit perut, diare, mulas dan sembelit. Daun lada dpaat membantu perut mengeluarkan gas sehingga nantinya membuat perut terasa lebih nyaman. Anti oksidannya yang tinggi juga bermanfaat baik untuk tubuh.
  • Rimpang kunyit,atau akar kunyit yang memiliki manfaat baik untuk menyembuhkan berbagai macam keluhan perut, mengatasi peradangan, dan membuat tubuh rileks dan nyaman.
  • Rimpang jahe,bahan lainnya yang ada di dalam minyak tawon adalah rimpang jahe yang memiliki manfaat sangat baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit serta menjadi obat herbal yang aman digunakan.
  • Bawang merah,meskipun sering digunakan sebagai bahan masak namun bawang merah memiliki khasiat baik untuk mengatasi sakit perut, muntah, dan mual.

Manfaat Minyak Tawon Untuk Kesehatan

khasiat minyak tawon untuk luka bakar
khasiat minyak tawon untuk luka bakar
  • Menyembuhkan Luka

Minyak tawon memang seringkali digunakan untuk menyembuhkan luka luar, seperti luka parut ringan, luka bakar, hingga luka dikarenakan benda tajam. Jika anda mengolesi luka luar tersebut dengan menggunakan minyak tawon, maka akan membuat luka lebih cepat mengering, mengelupas, dan manfaat minyak tawon untuk menghilangkan bekas luka

Hal ini karena adanya minyak sereh yang dapat membantu penyembuhan menjadi lebih cepat sehingga membuat kulit yang baru segera muncul. Selain itu kandungan minyak kelapa di dalamnya juga dapat membuat keelastisan kulit terjaga, karena kondisi luka seringkali membuat kulit cenderung berkerut. Khasiat minyak tawon untuk luka bakarini bisa anda gunakan hingga kondisi luka membaik.

  • Mencegah Infeksi Pada Luka Luar

Tidak hanya digunakan untuk menyembuhkan luka saja, namun minyak tawon juga dapat mencegah timbulnya infeksi pada luka luar. Hal ini karena adanya minyak kayu putih di dalamnya yang dapat membantu untuk menutup luka sehingga luka lebih mudah sembuh.

  • Mengatasi Ruam Pada Kulit

Ruam yang diakibatkan iritasi maupun gigitan serangga bisa diatasi dengan menggunakan minyak tawon. Adanya kandungan ekstrak bawang merah di dalamnya dapat menjadi obat alami untuk mengatasi ruam. Bahkan manfaat bawang merah ini sudah turn temurun digunakan sejak jaman dahulu.

  • Meredakan Nyeri

Jika anda memiliki gejala nyeri dan bengkak yang diakibatkan luka, keseleo, maupun benturan, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak tawon. Kandungan rimpang jahe di dalamnya dapat mengurangi rasa nyeri dan bengkak di kulit.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Kemampuan minyak tawon untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh tidak perlu diragukan lagi. Minyak tawon dapat membantu mengatasi rasa pegal dan menghangatkan tubuh. Tak heran jika minyak tawon seringkali digunakan untuk memijat atau mengurut. Khasiat ini juga sering digunakan untuk manfaat minyak tawon untuk ibu hamil.

  • Mengatasi Infeksi Telinga

Khasiat minyak tawon untuk sakit telinga, terutama rasa nyeri di bagian telinga ini bisa anda lakukan dengan mengoleskan minyak tawon di sekitaran area telinga.

Cara Menggunakan Minyak Tawon

Cara menggunakan minyak tawon ini sangat sederhana. Jika digunakan untuk mengobati penyakit luar, maka anda bisa menggosokkan pada bagian yang sakit dengan menggunakan minyak tawon hingga terasa panas. Ulangi menggosokkan dengan menggunakan minyak tawon ini sampai beberapa kali dalam satu harinya. Anda juga bisa menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan minyak tawon dan dioleskan pada bagian yang terdapat luka maupun bisul.

Agar anda bisa mendapatkan khasiat dari minyak tawon secara maksimal, maka anda bisa mengikuti tips-tips di bawah ini:

  • Pastikan anda menggunakan minyak tawon yang memang benar-benar asli dengan kandungan bahan-bahan yang murni di dalamnya. Sehingga anda tidak akan mendapatkan efek samping yang membahayakan dari minyak tawon. Anda dapat mengenali minyak tawon yang asli dari aroma, kemasan, warna minyak, dan harga.
  • Hanya gunakan minyak tawon pada area tubuh yang terdapat cedera dan luka. Jangan gunakan minyak tawon di bagian dalam tubuh
  • Simpan minyak tawon di daerah yang sejuk dan kering sehingga kandungan di dalamnya tidak rusak/hilang dan dapat digunakan kapanpun anda butuhkan.

Manfaat Untuk Kecantikan

Jika selama ini minyak tawon hanya digunakan untuk mengatasi luka maupun mengatasi rasa pegal-pegal pada tubuh. Namun tanpa banyak orang sadari, minyak tawon juga dapat digunakan untuk kecantikan, terutama untuk mengatasi jerawat. Minyak tawon sangat efektif untuk menghilangkan peradangan jerawat pada kulit karena kandungan minyak kayu putih dan minyak kelapa. Kedua kandungan ini sangat ampuh untuk menyembuhkan luka di kulit. Seperti yang anda ketahui sendiri jika jerawat muncul disebabkan karena penumpukan bakteri.

Khasiat minyak tawon untuk bekas jerawatini bisa anda coba dengan menuangkan minyak tawon pada kapas dan setelah itu dioleskan merata pada bagian wajah yang memiliki jerawat dan bekas jerawat. Lakukan hal ini setiap malam setelah wajah dibersihkan. Lakukan rutin dalam seminggu maka anda bisa melihat jerawat perlahan mengering dan bekas jerawat tersamarkan. Namun sebelumnya, lakukan terlebih dahulu tes minyak tawon pada kulit anda. Pasalnya jenis-jenis kulit sensitive dikhawatirkan tidak cocok menggunakan minyak tawon.

Selain itu jangan gunakan minyak tawon pada wajah secara berlebihan. Meskipun minyak tawon dapat diandalkan untuk mengatasi jerawat, namun belum ada bukti ilmiah yang membuktikan khasiat minyak tawon untuk menghilangkan jerawat.  Jika anda menggunakannya secara berlebihan, maka dikhawatirkan akan menyebabkan iritasi karena adanya kandungan minyak kayu putih di dalamnya.

Selain itu minyak tawon juga dapat dimanfaatkan untuk melembabkan dan melembutkan kulit. Kandungan vitamin A dan E di dalam minyak kelapa, yang mana menjadi bahan penyusun minyak tawon sangat baik digunakan untuk menjaga kelembapan, kelembutan, dan keelastisan kulit.

Nah itu tadi beberapa manfaat dan khasiat minyak tawon, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Ingat untuk selalu menggunakan minyak tawon yang asli agar anda bisa merasakan khasiat-khasiat yang dijelaskan sebelumnya. Selain itu gunakan semestinya dan jangan terlalu berlebihan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.