Manfaat Alami Daun Turi

Manfaat Alami Daun Turi

manfaat daun turi untuk wajah
manfaat daun turi untuk wajah

Siapa yang tidak mengenal tanaman turi? Tanaman yang satu ini seringkali dimanfaatkan sebagai pelindung di area persawahan ataupun menjadi tanaman hias. Bahkan bagian bunga turi kuning nya juga sering dimanfaatkan sebagai sayuran dengan rasanya yang lezat. Namun siapa sangka jika tanaman turi juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh, terutama pada bagian daun turi. Apa saja kandungan baik di dalam daun turi?

Daun turi memiliki sifat tonik, diuretic, analgesic, antipiretik, serta dipercaya ampuh untuk mencairkan gumpalan darah. Daun trui dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti perut kembut, disentri, rabun senja, sakit tenggorokan, hidung berlendir, dan masih banyak lainnya. adapun senyawa-senyawa yang terkandung di dalam daun turi antara lain adalah:

  • Glikoside
  • Peroksidase
  • Glikoside
  • Saponin (yang tidak berbahaya)
  • Vitamin A dan vitamin B

Manfaat Untuk Kesehatan

Berkat kandungan-kandungan baik yang ada di dalamnya, ada banyak sekali manfaat daun turi untuk kesehatan yang bisa dicoba, antara lain adalah:

  • Mengatasi Radang Tenggorokan

Manfaat daun turi yang bisa anda gunakan adalah untuk mengatasi radang yang ada di tenggorokan. Obat herbal ini bisa anda buat dengan cara yang cukup mudah, cukup rebus daun turi bersama dengan air dan kemudian anda jadikan sebagai obat kumur. Lakukan cara ini secara rutin hingga radang tenggorokan dapat sembuh.

  • Mencegah Arthristis dan Osteoporosis

Daun turi juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah datang arthristis dan osteoporosis. Kandungan kalsium dan vitamin yang cukup tinggi di dalam daun turi membantu menjaga kesehatan tulang-tulang di dalam tubuh. Sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sudah lanjut usia.

  • Mengatasi Lemah Otot

Tidak hanya membantu menjaga kesehatan tukang, namun daun turi juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan otot-otot tubuh, terutama mengatasi lemah otot, impotensi, mati rasa, frigiditas, penurunan libido, dan penyakit lainnya yang berkaitan dnegan otot. Penyakit-penyakit ini biasanya disebabkan karena kekurangan kadar fosfor di dalam tubuh. Sehingga untuk mengatasinya, anda busa mengkonsumsi daun turi untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit tersebut.

  • Menyembuhkan Migrain

Migraine dapat terjadi karena kondisi tubuh yang kekurangan riboflavin yang menyebabkan munculnya rasa sakit kepala. Anda bisa memanfaatkan kandungan riboflavin yang ada di dalam daun turi untuk menyembuhkan gejala-gejala migraine.

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Agar terhindar dari segala macam penyakit, tentu saja sistem imun di dalam tubuh perlu ditingkatkan. Kandungan selenium yang ada di dalam daun turi sangat bermanfaat untuk menjaga sistem imun di dalam tubuh serta menjadi nutrisi penting dan utama yang dapat menghambat perkembangan virus-virus seperti HIV. Sehingga daun turi sangat baik untuk dikonsumsi sehari-harinya.

  • Mencegah Alzheimer

Manfaat daun turi lainnya bisa digunakan untuk mencegah penyakit Alzheimer. Hal ini karena kandungan vitamin B1 di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan penyakit Alzheimer. Daun turi bisa dijadikan salah satu menu diet bagi penderita Alzheimer untuk memenuhi asupan vitamin B1 sehari-harinya.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, mengkonsumsi daun turi bisa menjadi solusi terbaik untuk menurunkan tensi darah yang tinggi tersebut. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya juga sangat membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Menyembuhkan Luka Pada Kulit

Kandungan alami yang ada di dalam daun turi ternyata ampuh juga untuk menyembuhkan luka yang terdapat pada kulit dengan cepat. Tak hanya itu saja, masalah lainnya seperti memar, gatal, dan lainnya bisa teratasi karena daun turi memiliki sifat anti bakteri.

  • Mengatasi Rabun Senja

Bagi anda yang memiliki masalah rabun senja, anda dapat menggunakan ekstrak daun turi untuk dijadikan obat herbal. Selain itu anda juga bisa menggunakan cara lainnya dengan mengkonsumsi daun turi secara rutin untuk mengatasi masalah mata, seperti dibuat lalapan atau tumis.

  • Menyembuhkan Sariawan

Sariawan merupakan masalah yang terjadi pada area mulut, mulai dari lidah, bibir, hingga tenggorokan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, daun turi memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat ampuh digunakan untuk mengobati sariawan. Cara membuatnya sangat mudah, siapkan daun turi yang sudah dibersihkan dan kemudian diremas ke dalam sebuah wadah dan ditambahkan air. Gunakan sebagai obat kumur dan gunakan 4 kali sehari.

  • Mengatasi Keputihan

Keputihan merupakan salah satu masalah yang seringkali dialami wanita. Keputihan sering menyebabkan rasa gatal bahkan timbulnya bau yang kurang sedap. Namun masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan daun turi. Cukup haluskan daun turi dan kunyit serta campurkan dengan air matang. Aduk hingga merata dan saring ramuan ini untuk dikonsumsi 2 kali sehari.

  • Mengobati Mata Glaukoma

Sudah sejak lama, daun turi memang banyak digunakan sebagai obat herbal mata glaucoma. Kandungan alami yang ada di dalam daun turi bisa mengurangi tekanan yang terjadi pada bola mata dan memperbaiki jaringan yang rusak pada mata. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan daun turi yang masih muda, kapur sirih, dan adas. Setelah itu campurkan semua bahan dan remas-remas. Kemudian tempelkan pada area alis mata.

  • Menyembuhkan Disentri

Disentri (berak darah) bisa disembuhkan dengan menggunakan daun turi. Caranya pun sangat mudah, anda hanya perlu merebus daun turi beserta bunga dan kulit batangnya. Setelah itu saring ramuan obat dari bunga turi dan konsumsi 2 kali setiap harinya hingga disentri sembuh.

Manfaat Untuk Kecantikan

ramuan obat dari bunga turi
ramuan obat dari bunga turi

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, daun turi juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kecantikan. Salah satu  manfaat daun turi untuk wajah yaitu untuk menyehatkan serta mencerahkan kulit. Masalah-masalah seperti lingkaran hitam di area bawah mata dan kulit yang pucat bias teratasi dengan menggunakan daun turi. Masalah seperti ini umumnya diakibatkan karena kurangnya zat besi yang ada di dalam tubuh. Sehingga tak heran jika masalah kulit seperti ini sering terjadi pada penderita anemia. Namun dengan mengkonsumsi daun turi, masalah seperti ini bisa diatasi karena kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalamnya sehingga membantu kadar hemoglobin meningkat dan aliran oksigen juga menjadi lancar serta tidak membuat kulit terlihat pucat kembali.

Selain itu daun turi juga efektif digunakan untuk mengatasi flek-flek hitam yang terdapat pada wajah. caranya pun sangat simple, pilih daun turi yang masih segar dan muda. Setelah itu remas dan pilin daun turi secara perlahan dan tempelkan pada area wajah yang terdapat flek hitam. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan secara rutin sehingga flek-flek hitam pada wajah dapat cepat tersamarkan.

Pengobatan menggunakan daun turi sangat aman dilakukan dan tidak menimbulkan efek mengkonsumsi bunga  turi atau daun turi setelah penggunaan. Sehingga dapat anda jadikan sebagai salah satu obat alternative guna mengatasi penyakit-penyakit yang dirasakan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.