Obat Tradisional Sakit Ulu Hati dan Sesak Nafas

Obat Tradisional Sakit Ulu Hati dan Sesak Nafas – Pernahkah anda mengalami sakit ulu hati yang di sertai dengan sesak nafas? Atau pernahkah anda mengetahui seputar informasi yang memberikan penjelasan tentang gejala tersebut? Berikut kami akan menyajikan seputar informasi tentang penyakit sakit ulu hati yang disertai sesak nafas di dalam artikel kesehatan ini.

Obat Tradisional Sakit Ulu Hati dan Sesak Nafas
Obat Tradisional Sakit Ulu Hati dan Sesak Nafas

Sakit ulu hati atau juga dinamai nyeri ulu ati adalah gejala yang sering kali menyerang kebanyakan orang. Gejala ini sebenarnya sangat sering di kaitkan dengan penyakit maag, tidak salah memang. Namun, tidak hanya maag yang bisa menyebabkan nyeri ulu hati tersebut masih ada beberapa penyebab lainnya yang akan menimbulkan gejala serupa. Beberapa penyakit yang umumnya bisa menimbulkan gejala nyeri ulu hati dan sesak nafas adalah GRD, tukak lambung, radang lambung, gastroenteritis, liver, kanker prankeas dan penyakit kantong empedu.

Anda memang disarankan untuk mengunjungi pihak medis atau dokter jika ingin mengetahui secara lanjut penyebab dan diagnosis dari nyeri ulu hati dan sesak nafas yang anda rasakan tersebut. Karena ada beberapa kondisi yang lumayan parah yang kemungkinan menjadi salah satu pemicu nyeri atau sakit ulu hati dan sesak nafas yang anda alami. Lakukan penanganan medis jika anda mengalami sakit ulu hati dan di sertai dengan beberapa keluhan seperti di bawah ini:

  • Rasa nyeri dada hebat seperti di tekan, jantung yang berdebar-debar kencang dengan irama yang tidak teratur atau yang biasa di namai palpitasi
  • Kesulitan bernafas dan sesak nafas secara mendadak
  • Nyeri hebat yang menyebar ke area tangan dan bahu
  • Muntah dengan warna hitam pekat seperti warna aspal

Walaupun penanganan medis adalah penanganan yang sering di lakukan dan menjadi langkah terakhir dalam pengobatan sakit ulu hati disertai sesak nafas ini. Namun, obat-obatan kimia sebenarnya tidak terlalu baik bagi tubuh jika di konsumsi dalam jumlah banyak dengan pemakaian yang cukup lama. Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan penaganan dengan obat herbal dan alami terlebih dahulu. Seperti beberapa obat tradisional yang sering dianjurkan para nenek moyang kita yang terbukti berkhasiat dan juga telah mendapatkan pengakuan medis.

Penyebab Sakit Ulu Hati dan Sesak Nafas

Jika anda mencari Penyebab sakit ulu hati dan sesak nafas maka akan ada banyak kemungkinan penyebab yang bisa menyebabkan kasus tersebut. Beberapa pemicu dan penyebab tersering adalah:

  1. Refluk Asam Lambung atau GERD

Ini adalah penyebab tersering terjadinya sakit ulu hati dan sesak nafas, dimana adanya kelemahan pada dinding otot lambung yang pada akhirnya menyebabkan rasa nyeri pada daerah ulu hati. Cairan lambung yang menjalar naik menuju saluran pernafasan atas akibat melemahnya katup cincin lambung akan mudah terjadi apalagi ketika anda sedang berada dalam posisi berbaring. GERD yang merupakan salah satu penyakit menahun yang tentunya memerlukan terapi terbaik karena aan memicu beberapa komplikasi berbahaya lainnya seperti Radang atau iritasi tenggorokan dan kanker.

  1. Radang Lambung atau Gastritis

Bakteri H. Pylori adalah penyebab tersering terjadinya peradangan di lambung yang menyebabkan penyakit gastritis. Bagian dinding lambung yang terinfeksi dan sedang mengalami peradangan akan menyebabkan rasa nyeri dan sakit ketika terpapar asam lambung. Gastritis kronis akan terjadi jika peradangan lambung tersebut tidak di tangani dengan baik.

  1. Gangguan Pencernaan dan Heartburn

Ketika asam lambung yang berlebihan dan menjalar kepada bagian tenggorokan akan memicu terjadinya rasa terbakar di daerah hati atu yang di namai dengan heartburn.

Gejala Penyerta

Biasanya nyeri atau sakit ulu hati tidak hanya datang sendirian, ada beberapa gejala lain yang akan menyertai keluhan tersebut. Ini tentunya akan memiliki keterkaitan erat dengan berbagai penyakit yang lebih spesifik. Beberapa gejala pencernaan yang biasanya terjadi adalah kembung, diare, mual, sering buang angin dan konstipasi. Biasanya jika kondisi ini adalah kali pertama yang terjadi pada tubuh anda maka akan segera hilang dengan sendirinya. Namun, jika anda memang mengalami berbagai penyakit penyerta yang lebih berat maka akan selalu di barengi dengan gejala penyerta yang lain yang tentunya akan sangat lebih berat. Bahkan rasa sakit yang di alami tidak hanya sebatas sakit ulu hati dan sesak nafas, rasa sakit bahkan bisa menjalar kepada daerah lain seperti bahu dan leher.

Pengobatan Tradisional

Ada beberapa ramuan tradisional yang terbukti ampuh dalam menangani dan mengobati rasa sakit ulu hati dan sesak nafas yang terjadi pada anda. Berikut beberapa ramuan tradisional tersebut:

  1. Penggunaan Temulawak

Rempah yang biasanya menghiasi dapur anda initernyata sangat ampuh dalam mengatasi gejala sakit ulu hati dan sesak nafas yang bisa saja terjadi dan menyerang anda kapan saja. Temulawak memang di kenal dengan segudang manfaatnya seperti obat nyeri sendi, Obat Tradisional Sakit Ulu Hati, peradangan, penyakit lambung dan kanker.

Cara membuat ramuan inipun tidak begitu sulit, caranya adalah:

  • Sediakan satu siung temulawak lalu cuci hingga bersih.
  • Iris tipis-tipis lalu anginkan sebentar.
  • Rebuslah temulawak tersebut dengan air bersih sebanyak 4 atau 5 gelas kemudian tunggu sampai mendidih.
  • Saring air rebusan, minum segelas perhari sampai rasa sakit tersebut hilang
  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu antioksidan yang cukup baik bagis sistem kekebalan tubuh anda. Selain itu kunyit juga sebenarnya adalah obat tradisional yang ampuh yang bisa dijadikan Obat Tradisional Sakit Ulu Hati. Cara membuat ramuannya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan 2 buah kunyit yang sudah di parut dan di bersihkan
  • Larutkan parutan kunyit kedalam air bersih secukupnya kemudian didihkan
  • Setelah mendidih, tiriskan air rebusan kemudian bersihkan dan tiriskan
  • Minum ramuan ini 2 kali sehari sebelum anda makan makan siang anda dan ketika anda hendak tidur, sampai sakit ulu hati anda menghilang.

Lakukan secara rutin agar ramuan ini bisa menyembuhkan sakit ulu hati anda.

  1. Daun Mint

Daun mint ini sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa anda jadikan sebagai obat herbal alami. Dimana salah satu manfaat yang paling terkenal adalah manfaatnya dalam mengobati banyaknya gangguan pencernaan yang sering terjadi pada manusia seperti mual, muntah yang terjadi pada pagi hari atau yang biasa di namai morning sickness, kembung, nafas yang tidak segar, infeksi, kram perut dan nyeri ulu hati. Cara untuk membuat ramuan ini adalah :

  • Siapkan terlebih dahulu beberapa lembar daun mint yang biasa di gunakan dalam seduhan teh hangat
  • Masak terlebih dahulu air teh tersebut atau seuh sesuai keinginan. Tambahkan daun mint yang sebelumnya telah dibersihkan ke dalam seduhan teh tersebut. Minum secara teratur agar nantinya bisa meredakan dan mengobati sakit ulu hati.

Demikianlah beberapa ramuan yang bisa anda gunakan sebagai Obat Tradisional Sakit Ulu Hati dan sesak nafas. Semoga artikel ini bermanfaat.