Inilah manfaat olahraga bagi pekerja kantoran

Inilah manfaat olahraga bagi pekerja kantoran – Sebagian pekerja kantoran dapat menghabiskan waktu mereka di kantor dengan aktivitas duduk berjam-jam dan melihat layar komputer yang mereka pegang. Hal tersebut membuat seluruh tubuh terasa lelah dan sakit.

Bahkan ketika pulang kerja, tubuh merasakan lelah sangat berlebih, tetapi kelelahan ini tidak bisa disamakan dengan aktivitas olahraga. Jadi Anda yang suka olahraga jangan abaikan aktivitas sehat ini hanya demi mengutamakan pekerjaan.

Waktu tidak akan menjadi masalah disini, pasalnya berbagai pilihan olahraga yang dapat menjadi kegiatan sehari-hari tanpa mengabaikan waktu kerja.

Selain lebih efektif dalam hal waktu, Anda yang suka olahraga dapat menerima manfaat kesehatan dan itu juga bisa membuat aktifitas kerja semakin produktif. Berikut ini kami bagikan info manfaat olahraga bagi pekerja kantoran yang dapat Anda simak.

Manfaat Olahraga bagi Pekerja Kantoran

Manfaat Olahraga bagi Pekerja Kantoran

Kurangi risiko terkena berbagai macam penyakit

Bukan rahasia lagi jika ini menjadi efek positif dari olahraga yakni untuk membuat organisme lebih sehat dan selalu fit. Ini tidak sekadar mencegah penyakit biasa saja, namun manfaat olahraga teratur dapat kurangi risiko penyakit kronis

Diantaranya ada diabetes tipe 2, stroke, hingga penyakit kanker. Selain itu, melakukan olahraga teratur juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan kolesterol.

Membuat hidup selalu bahagia

Olahraga apa pun yang akan Anda pilih, secara ilmiah terbukti meningkatkan suasana hati menjadi lebih bahagia. Dan ini dapat mengurangi rasa cemas, stress, bahkan depresi. Jika rutin melakukan olahraga, maka hasilnya sangat baik.

Dimana otak kita akan menjadi sensitif terhadap hormon serotonin dan norepinefrin. Itu terbukti mampu mengurangi depresi berlebih. Selain itu, berolahraga juga dapat merangsang produksi endorphin dalam tubuh untuk mengurangi persepsi nyeri dan akan menciptakan sinergi positif.

Meningkatkan stamina dan energi dalam tubuh

Tubuh jika kurang bergerak akan cenderung mudah lelah, bahkan lelah. Ini semua bisa tidak demikian jika Anda punya hobi olahraga rutin. Itu semua tidak hanya akan meningkatkan suasana hati, namun dapat meningkatkan stamina dan energi dalam tubuh.

Dimana Anda tidak lagi mudah merasa lelah saat bekerja. Kenapa? karena dengan melakukan olahraga teratur, ini mampu menjaga kesehatan paru-paru dan jantung. Sehingga Anda bisa bekerja lebih efektif.

Dapat meningkatkan produktivitas

Ketika Anda inginkan hidup sehat, olahraga akan bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan mental, tetapi juga dalam segi produktivitas.

Telah terbukti bahwa olahraga teratur memiliki efek peningkatan fokus, memori ingatan, peningkatan kreativitas, mood dan berkurangnya stress, apalagi di masa kita terpaksa work from home.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa, dimana olahraga dapat merubah sikap seseorang dalam pekerjaan, baik itu kerja tim maupun diri sendiri. Dengan demikian, Anda bisa lebih positif dan produktif dalam melakukan pekerjaan.

Sebagai bentuk sosialisasi

Rutin olahraga tidak hanya memiliki efek kesehatan seperti yang kami sebutkan di atas. Namun juga dapat digunakan untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman. Pikiran stres bisa muncul ketika seseorang dikejar waktu pekerjaan atau mendapatkan kritik keras.

Ini akan baik jika Anda bisa menghabiskan waktu jogging dengan teman Anda atau melakukan olahraga yang Anda suka dengan teman sekantor. Kesatuan dapat menjadi waktu menyenangkan untuk berbagi keluhan dan menghilangkan kepenatan.

Pilihan olahraga yang cocok bagi pekerja kantoran

Jogging

Di pagi hari sebelum pergi bekerja atau malam hari setelah bekerja, Anda dapat melakukan olahraga ringan. Jogging dapat dilakukan dengan memutar kompleks atau sekitar kantor.

Jika Anda terlalu malas untuk melakukannya sendirian, Anda dapat mengundang teman-teman kantor yang suka olahraga. Dan menariknya mungkin bisa dilakukan pada malam hari setelah bekerja untuk terkesan berbeda.

Bersepeda

Jika jarak antara rumah Anda menuju kantor tidak terlalu jauh, mungkin Anda bisa mencoba menggunakan sepeda untuk pergi ke kantor sebagai moda transportasi utama.

Aktivitas bersepeda termasuk olahraga kardio yang cocok tidak hanya sebagai trik untuk menurunkan berat badan, namun dapat melatih otot dalam tubuh jadi lebih baik dan selalu menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit.

Bersepeda juga cocok bagi Anda untuk meminimalkan resiko cedera, aktivitas ini sangat mudah dilakukan oleh siapapun dan termasuk olahraga aman daripada jenis lainnya.

Berenang

Olahraga air menjadi kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk bersantai. Berenang adalah salah satu jenis olahraga kardio menyenangkan karena tidak membuat otot, tulang, dan sendi terbebani.

Jadi berenang sangat cocok bagi segala usia, terlebih untuk Anda yang memiliki penyakit sendi. Ada baiknya bagi anda yang kini sering mengeluh sakit, atau pegal-pegal, dan sendi terasa nyeri. Coba Anda  menyegarkan diri dengan berolahraga ini, pasti akan kembali bugar.

Jalan kaki

Mungkin ini terlihat tidak ada manfaatnya, namun berjalan lebih baik daripada duduk terlalu lama. Saat berada di kantor, cobalah untuk mengganti aktivitas Anda dengan berjalan kaki. Misalnya dengan mengambil air minum, pergi keluar dengan turun melalui tangga, atau sekedar membeli makanan.

Anda dapat juga sejenak melakukan peregangan jika tubuh sudah terasa kencang dan sakit. Dari waktu ke waktu, rutinlah membuat gerakkan tangan dan kaki. Dengan begitu seluruh tubuh Anda tidak kaku dan tetap nyaman melakukan aktifitas kerja.