Makanan Untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Makanan Untuk Ibu Hamil 1 Bulan –Wanita pasti akan merasa bahagia saat mengetahui dirinya hamil. Semua orang yang mengetahui kabar gembira ini pasti akan selalu memberikan nasihat yang penting bagi Anda untuk melewati proses kehamilan dengan baik, terutama apa saja makanan Ibu hamil di usia 1 bulan. Di usia kehamilan bulan pertama, terjadi peristiwa dimana sel telur dibuahi oleh sperma yang ditandai dengan terjadinya perubahan pada hormon estrogen dan progesteron yang makin meningkat. Jadi embrio yang tidak menempel di dinding rahim akan mulai tumbuh yang dimulai dari tumbuhnya tulang ekor, tulang belakang, tulang iga, dan syaraf. Di usia ini sistem syaraf maupun jantung sudah mulai terbentuk dimana jantung akan melakukan tugas memompa darah ke seluruh tubuh janin.

Makanan Untuk Ibu Hamil

Pada umumnya janin akan berukuran 1000 kaki di akhir usia 1 bulan dimana ukuran ini lebih besar dari sel telur yang telah mengalami ovulasi. Di usia ini terjadi perubahan emosi yang signifikan, dimana terkadang Ibu hamil memiliki penciuman yang tajam terhadap aroma makanan, di masa inilah Ibu hamil dapat memakan apa yang ia sukai ataupun menolaknya meski hanya mencium aromanya saja. Semestinya hal itu tidak boleh terjadi, karena di usia ini Ibu hamil haruslah memperhatikan asupan Makanan Untuk Ibu Hamil 1 Bulan yang harus bergizi, berikut ini pemilihan asupan bagi Ibu hamil di kehamilan bulan pertama, yaitu :

Folid Acid

Wanita akan menyadari dirinya hamil saat usia kehamilan mencapai angka 2-3 minggu. Asupan yang harus diperhatikan di usia bulan pertama ini yaitu Folid Acid yang bisa Anda temukan di makanan berupa kol, brokoli, jagung, wortel, kacang, kedelai, jambu, alpukat, serta gandum.

Asam Folat

Asam folat yang tinggi berasal dari sayur mayur berwarna hijau, seperti bayam contohnya. Pencegahan kecacatan tabung syaraf bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung Asam Folat tinggi, hal ini juga dapat mengurangi resiko cacat lahir otak dan sumsum tulang belakang. Dalam sehari kebutuhan asam folat dalam tubuh mencapai 600 mcg. Pada 3 bulan sebelum kehamilan dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, terlebih konsumsi pada 4 minggu pembentukan janin pertama. Asam Folat dapat Anda temukan jika mengkonsumsi kacang merah, kuning telur, sereal, susu, serta sayuran hijau.

Zat Besi

Zat besi merupakan zat yang bermanfaat dalam proses pembentukkan sel darah merah bagi Ibu hamil dan janin. Selain itu, dengan mengkonsumsi zat besi maka akan membuat Ibu hamil terhindar dari resiko lemah, letih, dan lesu.

Kalsium

Di usia minggu ke-4 akan membutuhkan asupan kalsium yang tinggi, hal ini mengingat kandungan kalsium akan bermanfaat bagi pembentukan tulang janin. Jadi jika janin tercukupi kandungan kalsiumnya, maka dia tidak akan mengambil kandungan kalsium pada Ibunya, sehingga tak akan terjadi resiko keropos pada tulang.

Makanan Untuk Ibu Hamil 1 Bulan ini dapat juga diterapkan sejak sebelum terjadi pembuahan, karena akan sangat bermanfaat dan menghasilkan kebaikan apabila si Ibu hamil dapat mencukupi asupan yang sangat diperlukan di usia kehamilan bulan pertama.