Cara Mengobati Mata Ikan Dan Kutil

Cara Mengobati Mata Ikan Dan Kutil

cara alami mengobati kutil dan mata ikan dengan cepat
cara alami mengobati kutil dan mata ikan dengan cepat

Terkena penyakit kulit? Tentu saja sangat menjengkelkan, apalagi jika menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu. Tak hanya mengganggu aktivitas, namun juga membuat penampilan menjadi tidak percaya diri. Salah satu penyakit kulit yang seringkali terjadi adalah mata ikan dan kutil. Apa itu penyakit mata ikan dan kutil, serta bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini penjelasannya.

Penyebab Mata Ikan

Mata ikan atau  clavusmerupakan penebalan kulit yang terjadi diakibatkan adanya tekanan serta gesekan yang terjadi berulang kali. Biasanya mata ikan berbentuk bulatan dengan ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kapalan serta terdapat bagian yang keras di tengahnya. Penebalan seperti ini juga menimbulkan rasa nyeri dan paling sering mengenai bagian kaki. Ada beberapa  penyebab dari munculnya mata ikan ini antara lain adalah:

  • Penggunaan sepatu yang kurang nyaman
  • Sering memainkan alat atau bermain music dengan menggunakan tangan
  • Sering tidak menggunakan kaus kaki sehari-harinya

Selain itu terdapat faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko terkena mata ikan, antara lain:

  • Hammertoe, kelainan atau cacat yang terjadi pada jari kaki yang berbentuk seperti cakar
  • Sering tidak menggunakan sarung tangan
  • Bunion, munculnya tonjolan pada bagian sendi di pangkal jempol kaki yang terbentuk langsung dari tulang
  • Memiliki bekas kutil atau luka
  • Kebiasaan berjalan kaki dengan bagian sisi dalam ataupun sisi luar kaki

Penyebab Kutil

Kutil merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan adanya benjolan kecil kasar yang muncul pada permukaan kulit. Penyebab kutil adalah adanya human papilloma virusatau virus HPV. Virus HPV menyerang lapisan kulit dan meningkatkan repoduksi keratin yang melebihi dari jumlah yang dibutuhkan tubuh. Sehingga kelebihan keratin inilah yang kemudian menyebabkan adanya tumpukan di permukaan kulit yang membentuk tekstur baru. Virus HPV sangat mudah menular dan dapat terjadi jika seseorang memiliki kontak langsung dengan penderita atau benda yang terkontaminasi oleh virus HPV. Namun meskipun begitu, tetap saja hal ini dipengaruhi oleh sistem imunitas dari masing-masing orang.

Pengobatan Mata Ikan Secara Alami

Baik mata ikan maupun kutil dapat disembuhkan melalui jalur operasi ringan, namun keduanya juga dapat disembuhkan melalui pengobatan alami. Berikut ini beberapa cara mengobati penyakit mata ikan secara alami.

  • Menggunakan Batu Apung

Jika anda memiliki mata ikan di sekitar permukaan kulit anda, maka cobalah untuk mengobatinya dengan cara menggunakan batu apung. Memijat dengan menggunakan batu apung dipercaya dapat efektif mengobati mata ikan. Batu apung diyakini bisa menghilangkan tumpukan sel-sel kulit mati bahkan yang sudah mengeras sekalipun. Dengan menggunakan batu apung, nyeri yang terdapat pada mata ikan juga dapat sedikit berkurang.

Sebelum tidur, rendam terlebih dahulu kaki yang terdapat mata ikan di dalam air hangat. Kurang lebih lakukan selama 10 menit. Setelah itu gosokan batu apung ke bagian kulit yang terdapat mata ikan, lakukan selama 3-5 menit.

  • Cuka Putih

Kandungan asam yang terdapat dalam cuka putih memang cukup tinggi dan disinyalir ampuh untuk mengatasi mata ikan serta kulit yang mengeras dapat menjadi lebih lembut. Selain itu, anti bakteri dan anti jamur di dalamnya juga dapat mengurangi resiko terjadinya infeksi.

Cukup campurkan cuka putih dan air, dengan komposisi 1:3. Setelah itu aduk merata dan oleskan pada bagian mata ikan. Lakukan hal ini sebelum tidur dan kemudian tutupi dengan menggunakan plester. Diamkan selama satu malam dan keesokan paginya dioleskan dengan menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun agar lebih lembab.

  • Baking Soda

Baking soda memang sudah dipercaya ampuh untuk bisa mengatasi kulit-kulit yang sudah kering dan mati, termasuk mata ikan. Kandungan anti bakteri dan anti jamur di dalam baking soda juga dapat mengurangi kaki anda untuk terbebas dari resiko terkena infeksi.

Larutkan 2 sdm baking soda ke dalam air hangat dan rendam kaki anda ke dalam campuran air hangat +baking soda tersebut selama kurang lebih 10 menit-15 menit. Selagi direndam, anda bisa menggosokkan batu apung di sela-sela jari anda sehingga nyeri sedikit berkurang.

  • Bawang Putih

Cara alami selanjutnya yang dapat anda gunakan untuk mengatasi mata ikan adalah dengan menggunakan bawang putih. Selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur, bawang putih juga dapat mengobati berbagai penyakit termasuk mata ikan. Kandungan senyawa anti oksidan di dalamnya lah yang membatu mengurangi nyeri akibat mata ikan. Selain itu kandungan anti jamur dan anti bakteri di dalam bawang putih juga cukup kuat. Untuk menggunakan bawang putih, anda hanya perlu menggosokan bawang putih di bagian kaki yang terkena mata ikan.

  • Menggunakan Pepaya

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalam papaya  dapat menjaga kesehatan kulit dan mengobati penyakit kulit seperti mata ikan. Siapkan papaya yang masih muda dan kemudian cuci bersih. Oleskan papaya yang masih muda tersebut pada bagian yang terkena mata ikan. Lakukan secara terus menerus hingga terlihat hasilnya.

Pengobatan Kutil Secara Alami

  • Bawang Putih

Sama halnya dengan mata ikan, penyakit kutil juga dapat disembuhkan dengan menggunakan bawang putih. Kandungan di dalam bawang putih memiliki antivirus yang mana dapat menyembuhkan kutil yang terdapat pada kulit anda. Namun sebelum menggunakannya, pastikan jika kulit anda tidak memiliki alergi pada bawang.

Pertama kali cuci bersih kaki anda dengan air hangat dan sabun, setelah itu keringkan. Iris bawang putih dan kemudian oleskan pada bagian yang terdapat kutil dan diamkan hingga satu malam. Ulangi cara ini sebelum menjelang tidur secara rutin agar kutil cepat menghilang.

  • Larutan Garam

Kandungan abrasive yang ada di dalam garam bisa membantu mengangkat tumpukan sel-sle kulit mati yang ada di sekitaran kutil. Mengobati kutil dengan menggunakan garam sebenarnya sudah dilakukan semenjak jaman nenek moyang terdahulu.  Hasilnya akan lebih  maksimal jika anda mengkombinasikannya dengan menggunakan baru apung.

Terlebih dahulu larutkan garam ke dalam air hangat. Setelah itu rendam kaki anda ke dalam larutan garam selama 10 menit agar dapat melembabkan kulit. Setelah itu usapkan batu apung secara lembut hingga kulit yang ada di sekitaran benjolan kutil mengelupas. Mungkin proses ini akan membuat rasa yang kurang nyaman. Setelah itu tekan kutil dengan kapas, kurang lebih 5-1o menit. Dan yang terakhir tutup kutil tersebut dengan menggunakan plester. Jangan lupa untuk mengganti secara rutin hingga kutil dapat sembuh.

  • Baking Powder + Minyak Kastor

Baking powder tak hanya dapat digunakan sebagai bahan kue, namun juga dapat menyembuhkan bisul dan kutil secara alami. Baking powder memiliki kandungan mineral di dalamnya dapat membantu penyembuhan menjadi lebih cepat. Apalagi jika anda kombinasikan dengan minyak katsor.

  • Campurkan baking powder dan minyak katsori
  • Setelah itu oleskan campuran tersebut pada bagian yang terdapat kutil dengan menggunakan kapas
  • Setelah itu tutup kutil dengan menggunakan plester dan biarkan hingga satu malam
  • Di keesokan paginya, anda bisa mengganti plester
  • Namun campuran ini dapat menyebabkan terjadinya iritasi kulit bahkan hingga mengelupas. Sehingga hanya gunakan cara ini pada kutil yang terdapat di punggung tangan dan wajah ataupun pada kutil yang datar.
  • Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk mengobati penyakit kutil. Kandungan yag ada di dalam minyak alami ini bisa membantu untuk melawan virus, menyehatkan kulit, dan mencegah agar kutil tidak menjadi kanker. Anda cukup mengoleskan minyak pohon teh pada bagian yang terdapat kutil dan tutup dengan plester. Jangan lupa untuk melakukan cara ini setiap harinya hingga 3 minggu.

Mudah bukan cara-cara diatas? Tanpa operasi dan tindakan medis sekalipun, kutil dan mata ikan yang mengganggu dapat sembuh dan teratasi. Cara pengobatan secara alami tidak hanya aman dilakukan namun juga lebih murah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.