Manfaat Alami Kembang Telang

Manfaat Alami Kembang Telang

Manfaat Alami Kembang Telang
Manfaat Alami Kembang Telang

Dibandingkan obat-obatan modern, sebenarnya pengobatan  dengan menggunakan bahan-bahan yang alami akan lebih aman serta tidak menimbulkan resiko-resiko buruk kedepannya. Ada banyak tanaman, buah, atau bahan-bahan alami lainnya yang ampuh untuk dijadikan obat herbal, salah satunya yaitu kembang telang. Kembang telang merupakan jenis tanaman yang merambat dan banyak dapat anda temukan di hutan ataupun pekarangan rumah. Biasanya tanaman ini digunakan untuk tanaman hias  dengan warna bunga biru terang. Namun sebenarnya ada beragam jenis varian kembang  telang lainnya yang memiliki warna bunga kuning, putih, atau warna ungu.

Kembang telang ini biasanya dimanfaatkan untuk keperluan makanan, entah itu untuk pewarna makanan ataupun kue, maupun untuk bahan dasar minuman. Namun dibalik semua itu, ada manfaat lainnya yang bisa anda gunakan dari kembang telang untuk obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ada banyak kandungan-kandungan yang tersimpan di dalam kembang telang, antara lain adalah:

  • Fenol
  • Alkaloid
  • Flavonoid
  • Triglucoside
  • Delphiriddin
  • Sulfur
  • Ca-oksalat
  •  Saponin

Di bagian daunnya, terdapat kandungan senyawa kaemferol 3-glukoside dan triterperroide. Tanaman kembang teleng memang terkenal dengan akar nya yang beracun. Akar dari kembang telang memiliki efek farmakologis yang mana bereaksi seperti pencahar, pembersih darah, diuretic, dan perangsang muntah. Sedangkan untuk bagian biji dari kembang telang, memiliki efek pencahar yang ringan serta bisa dimanfaatkan sebagai obat cacing. Nah berikut ini beberapa manfaat alami kembang telang yang dapat anda coba.

  • Mengobati Gangguan Penglihatan

Kembang telang memang sudah banyak dimanfaatkan secara tradisional sebagai obat untuk mengatasi gangguan penglihatan, mulai dari mata merah maupun sakit maya lainnya.  Tak hanya itu saja, kembang telang juga dapat membantu untuk membuat penglihatan menjadi lebih cerah. Untuk mengolahnya, siapkan beberapa kembang telang dan cuci bersih. Setelah itu rendam kembang telang ke dalam air hingga berubah warna menjadi biru. Setelah itu gunakan air rendaman untuk mencuci mata yang sedang sakit. Lakukan hal ini secara rutin hingga mata sembuh.

  • Mencuci Darah

Kondisi darah yang kotor tentu saja dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pada tubuh, terutama pada kulit seperti bisul. Kembang telang memiliki manfaat baik untuk mencuci darah yang dapat anda gunakan pada bagian akarnya. Siapkan akar kembang telang dan cuci bersih. Setelah itu rebus kembang telang dan saring air rebusan. Konsumsi air rebusan tersebut secara rutin. Ramuan ini ampuh untuk mencuci darah yang kotor di dalam tubuh.

  • Mengobati Bronchitis

Manfaat alami kembang telang lainnya dapat anda gunakan untuk mengobati broncithis. Broncithis atau  peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan dapat diatasi dengan ramuan herbal dari akar tanaman kembang telang. Siapkan akar kembang telang dan cuci bersih. Rebus dengan 4 gelas air hingga separuhnya. Setelah itu dinginkan dan konsumsi 2 kali sehari yaitu pada pagi dan malam.

  • Mengobati Sakit Telinga

Khasiat kembang telang bisa digunakan untuk mengobati telinga yang sedang sakit. Sakit telinga pastinya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, tak perlu membeli obat. Cukup dengan ramuan kembang telang sakit telinga dapat teratasi. Siapkan kembang telang dan cuci bersih. Haluskan  kembang telang dan ambil air perasannya. Campurkan dengan sedikit garam dan aduk hingga merata. Oleskan ramuan tersebut pada telinga yang sedang sakit.

  • Mengobati Bisul

Memiliki bisul yang tumbuh pada bagian-bagian tertentu tentu saja akan menimbulkan rasa yang kurang nyaman. Anda bisa mengatasi bisul ini dengan cara menggunakan kembang telang. Siapkan kembang telang dan gula jawa, setelah itu tumbuk kedua bahan hingga halus. Balurkan ramuan pada bagian yang terkena bisul. Lakukan cara ini rutin hingga bisul sembuh.

  • Detoksifikasi

Gaya hidup dan lingkungan yang sehat tak jarang dapat membuat tubuh rentan terkena penyakit. Hal ini juga disebabkan karena banyaknya tumpukan racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh yang mana didapatkan dari makanan yang dikonsumsi, polusi, dan masih banyak lainnya. kembang telang dapat dimanfaatkan sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi kembang telang layaknya teh herbal yang dikonsumsi secara rutin agar tubuh tetap sehat.

  • Obat Batuk

Kandungan yang terdapat dalam akar kembang talang dapat dimanfaatkan untuk obat herbal yang dapat menyembuhkan batuk. Bagi anda yang ingin mengobati batuk, anda bisa mencoba mengkonsumsi akar dari kembang telang ini.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Kembang telang memiliki manfaat baik untuk otak, tak hanya menjaga kesehatannya namun juga dapat menambah kekuatan dari fungsi otak. Akar dari kembang telang dipercaya dapat meningkatkan kemampuan otak pada bagian memori. Selain itu kembang telang juga dapat membantu untuk menguatkan syaraf-syaraf yang ada di dalam tubuh serta meningkatkan fungsi otak.

  1. Mengatasi Gangguan Seksual Pada Wanita

Masalah pada haid ataupun gangguan seksual yang sering terjadi pada wanita dapat disembuhkan dengan ramuan herbal yang terbuat dari kembang telang ini. kandungan yang ada di dalam kembang telang ampuh untuk mengobati permasalahan seksual wanita terutama mengatasi masalah haid. Anda bisa mencoba memanfaatkan akar dari kembang telang putih. Rebus akar kembang telang hingga mendidih dan dinginkan. Setelah itu konsumsi ramuan secara rutin hingga masalah haid teratasi.

  • Mengatasi Stress

Stress dapat menyerang siapapun dan kapanpun, entah karena banyaknya aktivitas maupun tekanan dari berbagai macam pihak. Stress bisa membahayakan seseorang jika dibiarkan begitu saja. Anda bisa mencoba mengatasi stress dengan mengkonsumsi kembang telang. Kandungan di dalamnya yang berupa anti depresan mampu memberikan kesenangan, kedamaian, dan ketenangan yang nantinya dapat mengurangi stress

  • Mengobati Infeksi Tenggorokan

Manfaat alami lainnya yang dapat anda gunakan dari kembang telang adalah untuk mengobati infeksi tenggorokan, apalagi jika anda seorang perokok. Untuk mengobati infeksi tenggorokan dengan menggunakan kembang telang anda bisa mengolahnya dengan cara direbus hingga mendidih. Setelah itu dinginkan beberapa saat dan gunakan air rebusan ini untuk obat kumur. Lakukan cara ini rutin hingga radang atau infeksi tenggorokan dapat sembuh.

  • Bersifat Diuretik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, akar kembang telang memiliki sifat diuretic yang mana dapat digunakan untuk melancarkan buang air kecil. Caranya pun sangat mudah, rebus akar kembang telang yang sudah dikeringkan sebelumnya dengan perbandingan 0,3 gr akar kembang telang dan 4 gelas air. Rebus hingga air tersisa sekitar 2 gelas saja. Setelah itu saring air rebusan dan konsumsi 2 kali sehari.

  • Menguatkan Dan Menghitamkan Rambut

Bagi anda yang memiliki rambut yang mudah rapuh dan rontok, anda bisa mencoba ramuan dari kembang telang untuk menguatkan sekaligus menghitamkan rambut. Haluskan kembang telang yang sudah dibersihkan sebelumnya. Setelah itu gunakan ramuan ini untuk pengganti shampoo. Lakukan secara rutin dan anda bisa melihat sendiri hasilnya.

Nah itu tadi beberapa manfaat alami kembang telang yang dapat anda gunakan baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tentu saja kembang telang harus diolah dengan tepat sehingga dapat menjadi obat herbal yang ampuh untuk mengatasi masalah-masalah pada kesehatan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.