Posisi Tidur Yang Baik Saat Hamil Muda

Posisi Tidur Yang Baik Saat Hamil Muda

Tips Untuk Tidur Nyenyak Selama Masa Kehamilan
Tips Untuk Tidur Nyenyak Selama Masa Kehamilan

Kehamilan di masa-masa trimester pertama atau hamil muda memang memberikan beberapa perubahan pada tubuh sehingga tak jarang memberikan rasa kurang nyaman pada ibu terutama saat sedang tidur. Sehingga penting rasanya bagi ibu hamil, dalam usia berapapun untuk mengetahui posisi tidur mana yang nyaman dan aman selama masa kehamilan.

Tak hanya mendukung kenyamanan saat berisitirahat, namun posisi tidur yang baik waktu hamil mudatidak boleh diabaikan begitu saja. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Tomasina Stacey yang berasal dari University of Auckland menjelaskan jika ada keterkaitan antara posisi tidur ibu hamil muda dengan keguguran. Sehingga jika ibu yang sedang hamil muda salah mengambil posisi saat tidur, maka dapat membuat aliran darah yang menuju janin menjadi terhambat.

Kondisi seperti ini bahkan bisa menyebabkan kematian pada janin. Hal ini karena sirkulasi darah menjadi tidak lancar sehingga membuat asupan oksigen untuk janin menjadi berkurang. Hal ini juga dapat membuat kerusakan pada otak janin, kelainan jantung, hingga penyebab autisme. Lalu bagaimana posisi tidur yang baik untuk masa-masa kehamilan muda? Berikut ini penjelasannya.

Posisi Tidur Yang Baik Dan Tepat Untuk Ibu Hamil Muda

Berikut ini ada beberapa posisi tidur yang paling baik saat hamil mudayang direkomendasikan:

  • Sleep On Side(SOS)

Sleep on sideatau tidur dengan posisi miring merupakan salah satu posisi terbaik saat tidur yang bisa diterapkan oleh ibu hamil. Meskipun hingga saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai posisi tidur yang aman untuk ibu selama kehamilan muda, namun posisi ini sangat dianjurkan. Cobalah untuk menggunakan posisi menyamping ke sebelah kiri sehingga nantinya janin di dalam kandungan bisa mendapatkan aliran darah. Selain itu zat gizi dan nutrisi di dalam makanan juga bisa terserap secara maksimal di dalam plasenta janin.

Ketikan anda tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri, maka akan membuat vena besar yang ada di tulang belakang akan mengalirkan darah yang berasal dari tubuh menuju jantung yang ada di bagian bawah. Sehingga nantinya dapat meringankan kerja jantung yang mana memperkecil resiko ibu hamil mengalami gangguan kardiovaskular.

Selain itu dengan posisi tidur miring ke sebelah kiri juga dapat melancarkan aliran getah bening yang menuju ke seluruh tubuh. Seperti yang anda ketahui, cairan ini membawa sel-sel darah putih yang digunakan untuk meningkatkan sistem imun. Sehingga selama masa kehamilan berlangsung, ibu hamil menjadi lebih kebal dengan serangan penyakit atau infeksi.

Manfaat lainnya dari posisi tidur miring ke sebelah kiri adalah dapat membantu kerja ginjal untuk membuang sisa-sisa cairan serta produk yang berasal dari tubuh ibu hamil sehingga dapat mengurangi terjadinya pembengkakan pada kaki dan tangan selama masa kehamilan. Meskipun begitu, bukan berarti miring ke sebelah kanan tidak baik, tetap bisa anda coba namun memang lebih disarankan untuk miring ke sebelah kiri.

  • Posisi Setengah Duduk

Posisi tidur yang satu ini mungkin akan sangat baik dilakukan bagi ibu hamil yang sering mengalami nyeri pada bagian ulu hati dan sangat mengganggu. Nyeri di bagian ulu hati pada ibu hamil biasanya disebabkan karena hormone progesteron yang mana merelaksasi otot-otot yang ada di antara kerongkongan dan lambung yang membuat asam lambung serta makanan dapat berbalik kembali menuju esophagus. Sehingga sangat disarankan bagi ibu hail untuk makan lebih dini dan perlahan. Cobalah untuk tidur dengan posisi kepala dan punggung berada di atas dengan disangga sebuah bantal

  • Posisi Tengkurap

Posisi tidur yang bagus saat hamil muda lainnya adalah posisi tengkurap. Untuk ibu yang masih hamil muda, mungkin posisi tidur ini cukup aman mengingat ukuran perut yang belum terlalu besar. Namun biasanya tanda-tanda kehamilan di trimester pertama biasanya akan terlihat dengan bagian dada yang bertambah besar dan menjadi lebih sensitive, sehingga terkadang membuat tidur menjadi kurang nyaman. Selain itu, posisi tengkurap juga sangat tidak sesuai dengan ibu yang sudah hamil besar. Hal ini akan menyebabkan ketidak lancaran sikulasi darah antara ibu dengan janin di dalam rahim bahkan menyebabkan rasa mual. Untuk itu pertimbangkan kembali menggunakan posisi tidur seperti ini jika memang kondisinya memungkinkan.

  • Posisi Terlentang

Posisi tidur selanjutnya yang bisa anda coba adalah posisi terlentang. Jenis posisi ini mungkin dirasa paling aman dan nyaman digunakan semua orang termasuk wanita yang sedang hamil muda. Bagi wanita yang sedang berada di trimester pertama, mungkin sangat disarankan untuk posisi tidur seperti ini karena lebih membuat rileks dan nyaman tanpa mengganggu kualitas istirahat.

Namun jika anda sudah memasuki usia kehamilan 16 minggu, sebaiknya hindari untuk posisi tidur seperti ini. Tidur dengan posisi terlentang hanya akan membuat beban rahim otomatis akan bertumpu di bagian belakang tubuh, termasuk, pada vena cava inferior dan usus. Hal ini akan sangat rentan dan membuat ibu hamil berpotensi mengalami gangguan-gangguan kesehatan, seperti sakit pinggang, gangguan sistem pencernaan, hingga wasir. Bahkan dampak lainnya adalah dapat mempengaruhi tekanan darah ibu hamil. Jelas ini akan sangat membahayakan janin. Untuk itu hanya gunakan posisi tidur ini saat berada di awal-awal kehamilan saja.

Tips Untuk Tidur Nyenyak Selama Masa Kehamilan

Bagi ibu yang sedang hamil, tentu saja membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak dibandingkan biasanya. Sehingga meskipun banyak terjadi perubahan-perubahan pada tubuh yang membuat kurang nyaman, jangan sampai membuat kualitas tidur anda terganggu. Bagi ibu-ibu hamil yang susah untuk tidur di malam hari, mungkin tips-tips di bawah ini akan sangat bermanfaat untuk anda:

  • Perbaiki posisi tidur saat sedang hamil, biasakan untuk tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri sehingga membuat sirkulasi darah dan nutrisi yang menuju janin lancar. Selain itu posisi ini juga dapat bermanfaat dalam proses pembuangan yang berasal dari ginjal.
  • Sediakan waktu yang cukup untuk tidur di siang hari. Saat hamil, wanita akan sering merasa ngantuk di siang hari karena pengaruh dari hormone progesterone. Hal ini juga dapat menggantikan waktu tidur malam yang seringkali terganggu.
  • Utamakan mengkonsumsi air putih yang cukup di saat pagi dan siang. Namun batasi air putih ketika beberapa jam sebelum tidur.
  • Mengkonsumsi camilan setiap beberapa jam sekali bisa membantu mengurangi mual. Rasa mual sendiri dapat mengganggu waktu tidur anda
  • Jika kesulitan untuk tidur di malam hari terlalu berlarut, maka segera periksakan diri ke dokter

Nah itu tadi cara tidur yang paling baik saat hamil mudayang bisa dicoba. Dengan memperbaiki kualitas tidur tentu saja akan menjaga kesehatan, tak hanya bagi ibu namun juga janin di dalam kandungan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.