Bahaya radikal bebas

Radikal bebas merupakan salah satu senyawa molekul yang keberadaannya sangatlah berbahaya bagi kesehatan manusia. Radikal bebas ini jika sudah masuk ke dalam tubuh manusia maka sangatlah berbahaya.

penyakit akibat radikal bebas
penyakit akibat radikal bebas

Berbagai macam penyakit yang kronis seperti contohnya kanker itu bisa disebabkan oleh radikal bebas. Jika Anda ingin tetap sehat maka Anda harus mengetahui beberapa informasi penting mengenai radikal bebas seperti bahaya radikal bebas bagi kesehatan kita dan selain itu juga bagaimana tipsnya. Berikut ini adalah informasi pentingnya!

  1. Penyakit kanker

Radikal bebas memang berbahaya bagi tubuh kita. Oleh karena itu sebisa mungkin sebaiknya kita melakukan berbagai cara sehingga tidak terkena penyakit kanker. Menurut penelitian yang dilakukan di UC Berkeley, seorang ilmuwan bernama Dr Bruce Arnes mengatakan setiap sel manusia itu dipengaruhi sekitar 10.000 radikal bebas perharinya.

Namun Anda bisa tenang karena radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita setiap harinya itu bisa diatasi jika kita mendapatkan asupan makanan yang kaya akan antioksidan cukup di dalam tubuh kita. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan makanan antioksidan yang cukup maka radikal bebas akan masuk ke dalam tubuh dan bisa merusak atau menghancurkan DNA kita. Selain itu juga bisa menghancurkan struktur sel yang ada di dalam tubuh kita. Jika sel penting dalam tubuh hancur maka bisa tumbuh sel kanker di dalam tubuh kita. Jika kita terpapar radikal bebas maka kita bisa mudah terkena berbagai jenis kanker.

  1. Merusak jaringan kulit

Bahaya dari paparan radikal bebas yang kedua adalah bisa merusak jaringan kulit. Radikal bebas itu datangnya bisa dari mana saja, terutama ketika kita berakitifas seharian di luar ruangan yang terpapar polusi udara dan semacamnya. Sinar UV yang sangat tajam akibat adanya pemanasan global besar-besaran ini bisa menyebabkan kita mengalami kerusakan kulit.

Jaringan kulit yang rusak akibat adanya radikal bebas di dalam tubuh itu bisa menyebabkan kita mengalami gatal-gatal, kulit yang kasar, dan memicu infeksi lainnya. Jika sel dalam jaringan kita mulai rusak maka tentu saja kita akan memiliki resiko lebih tinggi mengalami infeksi karena jaringan kulit akan lebih mudah terserang bakteri dan juga virus. Selain itu tubuh akan lebih mudah mengalami penuaan dini.

  1. Diabetes militus

Ternyata radikal bebas itu sangat berbahaya bagi manusia, tidak hanya bisa menyebabkan kanker dan juga kerusakan jaringan pada kulit. Radikal bebas juga bisa mempengaruhi seseorang terkena diabetes melitus.

Penykakit diabetes melitus ini juga berhubungan erat dengan beberapa penyakit kronis lainnya seperti misalnya ginjal, kerusakan saraf, kebutaan, dan juga aterosklerosis. Jadi ternyata radikal bebas itu banyak sekali bahayanya untuk kesehatan tubuh kita ya!

  1. Mengganggu sistem pernafasan

Bahaya yang keempat dari radikal bebas itu adalah bisa menganggu pernafasan kita. Jenis radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mengendap bisa menyebabkan organ pernafasan kita sulit untuk bekerja dengan baik, sehingga dalam bernafas pun mungkin kita juga akan kesulitan ya.

Terutama bagi kita yang mungkin sangat suka berolahraga namun udara yang tempat kita berolahraga itu ternyata udaranya terpapar radikal bebas sehingga bukannya sehat namun malah udara yang kita hirup itu bisa mengganggu sistem pernafasan kita.

  1. Kerusakan DNA

Resiko yang kelima yang bisa kita alami adalah munculnya kerusakan DNA. Radikal bebas itu merupakan salah satu zat berbahaya yang bisa menjadi racun jika masuk ke dalam tubuh kita. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia itu sifatnya korosif, kemudian ia bisa mengambil elektron yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Dan elektron yang diambil oleh radikal bebas itu nantinya bisa membuat perubahan struktur pada DNA dan berakibat bisa merusak DNA. Jika hal itu terjadi dalam jangka waktu yang lama maka resikonya bisa mengalami kanker dan penyakit kronis lainnya seperti ginjal, jantung, dan bahkan gangguan mental seperti alzheimer dan demensia.

  1. Menyebabkan penuaan dini

Semua orang yang ada di dunia ini tentu saja ingin memiliki wajah awet muda. Namun karena sekarang radikal bebas dengan mudah muncul dan bisa masuk dan meracuni tubuh manusia maka dengan mudah manusia itu bisa mengalami penuaan dini. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh itu berpasangan dengan elektrolit tubuh dan bisa merusak sel-sel kulit. ‘

Jika sel pada kulit sudah mengalami kerusakan maka efeknya adalah kulit bisa mengalami penuaan, menjadi lebih kusam, dan lebih mudah keriput. Tentu saja Anda tak ingin menjadi terlihat lebih tua?

Tips :

Ternyata radikal bebas sangat berbahaya untuk tubuh kita ya. Oleh karena itu tentu saja sebaiknya kita tahu bagaimana cara mengatasi radikal bebas sehingga kita tidak memiliki resiko mengalami penyakit yang sudah kita sebutkan di atas tadi.

Oleh karena itu kami akan memberikan apa saja tips untuk menangkal radikal bebas yang bisa kita lakukan. Berikut ini adalah tipsnya untuk Anda :

  1. Memperbanyak konsumsi air putih

Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk menangkal radikal bebas adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih ya. Seperti yang kita semua tahu jika air putih itu sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan kita. Dengan konsumsi air putih maka keseimbangan metabolisme tubuh kita akan tercapai dan selain itu radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita tidak akan sampai merusak DNA.

Oleh karena itu jika ingin tehindari dari bahaya-bahaya yang bisa disebabkan oleh radikal bebas maka sebaiknya kita perbanyak konsumsi air putih. Minimal 8 gelas per hari supaya tubuh kita tetap fit dan radikal bebas bisa pergi deh!

  1. Menghindari sinar matahari secara langsung

Salah satu sumber dari radikal bebas sendiri adalah sinar UV dan sinar matahari. Oleh karena itu jika kita tidak ingin mengalami bahaya-bahya di atas karena menumpuknya radikal bebas di dalam tubuh maka sebaiknya mulai dari sekarang hindari paparan sinar matahari langsung terlalu sering. Jika kita keluar rumah maka bisa menggunakan pelindung seperti misalnya stocking atau jaket. Sehingga tubuh kita tidak terkena langsung paparan sinar matahari dan terbebas dari radikal bebas.

Karena jika tubuh terkena paparan sinar ultraviolet terlalu sering dan dalam jangka waktu yang panjang maka itu bisa menyebabkan kita beresiko mengalami kanker kulit. Untuk tambahan, kita bisa menghindari paparan sinar matahari itu dengan menggunakan sunblock ketika ingin pergi keluar. Namun jangan lupa untuk mengimbangi juga dengan asupan makanan yang mengandung anti radikal bebas dan yang kaya akan antioksidan.

Itu dia beberapa bahaya dari radikal bebas bagi kesehatan kita dan juga tak lupa bagaimana tipsnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jika merasa artikel ini berguna maka jangan sampai lupa untuk share ya!

Pencarian Lainnya: