Bahaya minuman alkohol

Minum alkohol merupakan hal yang sudah lumrah saat ini, jika misalnya sedang berpesta atau mengadakan acara mungkin minuman yang mengandung alkohol ini sangatlah mudah untuk ditemukan. Banyak sekali orang-orang yang menyukai minuman alkohol karena rasanya yang menyegarkan, bahkan ada yang menjadi pemabuk berat karena suka sekali dengan minuman yang berbau alkohol.

Bahaya minum alkohol bagi tubuh
Bahaya minum alkohol bagi tubuh

Walaupun nampaknya minuman ini merupakan minuman yang menjadi favorit bagi kebanyakan orang dewasa namun apakah kita semua tahu jika minuman alkohol ini ternyata mengundang beberapa bahaya bagi kesehatan kita? Kali ini kami akan memberikan informasi penting untuk Anda mengenai bahaya minuman alkohol bagi kesehatan kita. Berikut adalah infromasinya!

  1. Menyebabkan penyakit jantung

Minum alkhol mungkin bisa menjadi menyenangkan bagi beberapa orang. Namun apakah Anda tahu jika minum alkhohol terlalu sering itu bisa menybabkan bahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu jangan sampai kita sering minum alkohol secara berlebihan. Karena asal Anda tahu saja ya, jumlah alkohol yang kita minum itu bisa mempengaruhi langsung tekanan darah kita. Kebiasaan mengkonsumsi minuman alkohol terutama miras yang dioplos sembarangan itu bisa meningkatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dan hipertensi jika tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan kita menjadi terkena penyakit jantung dan beberapa penyakit membahayakan lainnya seperti misalnya gagal jantung dan juga stroke. Oleh karena itu kami tidak menyarankan supaya Anda konsumsi alkohol melebihi batas karena bisa menyebabkan lemahnya otot pada jantung dan juga bisa mempengaruhi organ dalam lainnya seperti mempengaruhi kesehatan paru-paru, hati, dan juga otak. Selain itu minum alkohol juga bisa meningkatkan resiko berbagai penyakit yang berbahaya. Oleh karena itu mulai sekarang stop untuk konsumsi alkohol berlebih!

  1. Kerusakan pada otak

Resiko yang kedua yang bisa kita alami adalah mengalami kerusakan pada otak kita. Hal ini bisa terjadi jika kita adalah peminum alkohol berat yang minum alkohol lebih dari 4 kali selama sebulan dan dilakukan dalam jangka waktu panjang. Minum alkohol seperti ini bisa menimbulkan beberapa gekala yang serius seperti misalnya gangguan kejiwaan, kecemasan, ketergantungan pada alkohol, depresi sampai mengalami skizofrenia. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ketidakmampuan seseorang dalam mengendalikan hobi minum-minuman keras itu bisa berdampak buruk dan menyebabkan dampak yang negatif bagi kesehatan fisik dan juga mental. Selain itu jika kita sudah mengalami tanda-tanda sakaw akan alkohol sebaiknya segera hentikan sebelum Anda menyesal. Alkohol ini tidak hanya dapat merusak satu saraf saja, melainkan bisa mempengaruhi dan merusak beberapa saraf otak sehingga bisa mempengaruhi perilaku si penderitanya. Pengaruh itu bisa mempengaruhi konsentrasi, sulitnya belajar, dan juga memori dalam jangka pendek maupun panjang. Oleh karena itu biasanya para penyuka alkohol akan cenderung lebih mudah kehilangan akal sehat mereka daripada orang yang tidak mengkonsumsi alkohol. Selain itu indra peraba orang yang suka atau maniak alkohol akan lebih buruk dibandingkan orang yang tidak suka minum alkohol.

  1. Kerusakan pada hati

Tidak hanya kerusakan pada otak saja, hampir semua organ tubuh manusia itu bisa rusak karena sering-seringan minum alkohol. Salah satu organ yang bisa mengalami kerusakan adalah hati. Ketika kita mengkonsumsi alkohol maka alkohol yang masuk ke dalam tubuh kita itu di metabolisme oleh hati. Jika kita secara berlebihan mengkonsumsi alkohol maka itu bisa menyebabkan kerusakan pada hati karena pada dasarnya alkhol adalah salah satu zat yang paling susah dicerna oleh hati. Bahkan yang lebih parah adalah alkohol bisa membunuh sel-sel yang ada di dalam hati. Karena kesehatan hati merupakan salah satu yang paling berharga maka sebaiknya kita harus menjaga kesehatan hati mulai dari sekarang, sebisa mungkin jauhi alkohol sehingga tidak sampai merusak organ hati kita. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

  1. Resiko terkena kanker

Kanker adalah salah salah satu penyakit yang mematikan dan ditakuti oleh semua orang, namun apakah Anda tahu jika salah satu penyebab kanker adalah karena Anda sering konsumsi alkohol secara berlebihan? Supaya Anda lebih tahu, alkohol adalah salah satu senyawa yang karsinogen dan sangat mudah mempengaruhi kondisi kepala dan sekitar leher kita. Jika kita rajin konsumsi alkohol setidaknya 4 kali dalam sebulan maka kita bisa mengundang beberapa resiko terkena kanker. Seperti misalnya kanker tenggorokan, kanker mulut, kanker hati, kanker esofagus, dan bahkan kanker payudara. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin menderita kanker maka jangan sampai konsumsi alkohol berlebihan, meminum oplosan atau miras alkohol dan juga dibarengi dengan kebiasaan buruk seperti merokok bisa menyebabkan peningkatan resiko kanker terutama kanker tenggorokan dan kanker mulut. Terutama bagi Anda kaum wanita, resiko itu meningkat menjadi 65% dan pada pria meningkat drastis menjadi 80%. Jadi minum alkohol dibatasi ya! Jangan sampai menjadi pecandu alkohol!

  1. Osteoporosis

Yang kelima adalah osteoporosis, gangguan yang berkaitan dengan tulang ini juga bisa menyerang jika kita sering konsumsi alkohol. Oleh karena itu bagi Anda yang suka konsumsi alkohol mulai dari sekarang sebaiknya dikurangi jika tak mau menglami osteoporosis di usia muda. Penyakit osteoporosis ini adalah salah satu penyakit tulang yang memiliki ciri yaitu penipisan pada tulang dan akibatnya resiko patah tulang menjadi meningkat. Biasanya kaum wanita lebih banyak menderita osteoporosis ketimbang kaum pria. Biasanya kaum wanita mengalami osteoporosis jika sudah memasuki masa menapouse. Namun tidak menutup kemungkinan jika pria juga bisa terkena osteoporosis. Seorang spesialis asal filafelfia mengatakan jika kandungan alkohol yang masuk ke dalam tubuh ternyata juga bisa mempengaruhi kalsium. Karena bisa memberikan efek pada kalsium, ia mengatakan jika tulang akan menjadi rapuh dan agak memburuk jika tidak memiliki kualitas kalsium yang baik. Asupan alkohol yang masuk ke dalam tubuh kita ini bisa mempengaruhi pankreas dan juga bisa meningkatkan hormon kortisol dan juga hormon paratiroid yang bisa meningkatkan resiko terkena osteoporosis.

  1. Mabuk berlebihan

Bahaya minum alkohol untuk kesehatan yang keenam adalah bisa menyebabkan seseorang menjadi mabuk berlebihan. Terlalu banyak minum-minuman alkohol bisa membuat seseorang menjadi kehilangan kesadaran dan bisa membuatnya tidak tahu hal apapun yang ia alami. Mungkin banyak orang mengatakan jika mabuk adalah hal yang enak, padahal mabuk merupakan salah satu tanda jika tubuh sudah keracunan alkohol. Mungkin banyak orang yang berkata jika mabuk itu merupakan hal yang enak, namun mabuk secara berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan dan juga bisa berbahya bagi keamanan diri sendiri. Oleh karena itu mulai dari sekarang stop untuk mabuk-mabukan!

Nah bagaimana? Sekarang sudah tahu bukan apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan dari konsumsi alkohol? Jika sudah tahu maka sebaiknya segera batasi konsumsi alkohol karena konsumsi alkohol terlalu banyak tak baik bagi kesehatan. Sebaiknya minum air putih saja, semoga artikel ini bermanfaat~