Makanan yang baik untuk kesehatan mata

Mata merupakan salah satu anggota dari panca indera yang sangat penting. Mata merupakan indera yang kita gunakan untuk melihat, sehingga mata merupakan salah satu indera yang paling penting. Supaya kita bisa melihat dengan baik dan jelas setiap harinya maka tentu saja kita harus menjaga kesehatan mata kita.

makanan sehat untuk mata minus
makanan sehat untuk mata minus

Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai makanan yang bisa menjaga kesehatan mata dengan baik. Makanan itu tanpa kita sadari makanan yang sangat mudah kita dapatkan, tak usah berlama-lama lagi berikut ini adalah informasi lengkapnya untuk Anda semua!

  1. Sayur Bayam

Yang pertama adalah sayur bayam. Apakah Anda tahu kalau ternyata sayur bayam itu baik untuk menjaga kesehatan mata kita? Sayur bayam baik untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung zat lutein dan zeaxanthin. Sayuran ini ternyata juga mengandung vitamin C yang bisa mengurangi resiko penyakit glukoma. Oleh karena itu mulai dari sekarang yuk konsumsi sayur bayam!

  1. Wortel

Sudah bukan rahasia lagi jika wortel adalah salah satu bahan makanan yang baik untuk mata kita. Wortel ini kaya akan beta-karoten dan vitamin A yang bisa membantu fungsi kerja retina dan juga saraf pada mata kita. Oleh karena itu dokter menyarankan supaya kita banyak-banyak mengkonsumsi wortel karena manfaat wortel untuk mata memang terlihat nyata. Kita bisa mengkonsumsi wortel dengan cara mencampurnya ke dalam sup atau mungkin mengkonsumsi wortel dengan dibuat jus.

  1. Jagung

Mungkin Anda masih belum tahu, namun jagung ternyata merupakan salah satu jenis makanan yang bisa menjaga kesehatan mata kita. Kandungan vitamin A di dalam jagung memang cukup tinggi, kita bisa menggunakan jagung utnuk menjaga kesehatan mata kita dengan berbagai macam camara. Misalnya saja menggunakan jagung untuk sup, sebagai camilan, dimasukkan ke dalam sayur. Kandungan gizi didalam jagung ini terbukti baik untuk nutrisi pada mata, jadi dengan konsumsi jagung seara rutin kita mungkin akan terhindar berbagai masalah pada mata.

  1. Sayur Brokoli

Yang keempat adalah sayur brokoli, sayur berwarna hijau tua ini baik untuk menjaga kesehatan mata kita karena adanya kandungan lutein di dalamnya. Kandungan lutein dan zat lainnya itu sangat penting bagi kesehatan mata kita. Dengan mengkonsumsi brokoli maka mata kita akan lebih terlindungi dari paparan radiasi sinar matahari atau sinar lainnya dan juga bisa mengurangi kita mengalami resiko terkena katarak.

  1. Tomat

Nah, siapa sih yang tidak tahu dengan buah tomat? Buah yang berwarna merah-oranye ini merupakan buah yang mengandung beta karoten dan juga mengandung vitamin A. Buah tomat ini kaya antioksidan sehingga bisa membantu kita untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah kita untuk mengalami resiko gangguan mata. Oleh karena itu mulai sekarang yuk perbanyak konsumsi buah tomat, bisa dicampur ke dalam makanan atau juga bisa dibuat sebagai jus kalau memang kita suka.

  1. Coklat hitam

Dark coklat atau coklat hitam tidak hanya bisa kita konsumsi sebagai cemilan saja ya, selain bisa meningkatkan mood seseorang ternyata coklat hitam ini juga baik banget untuk kesehatan mata. Coklat hitam atau dark chocolate mengandung zat flavonoid yang fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan pembuluh darah pada mata. Selian itu juga bisa memperkuat kornea dan retina kita sehingga kesehatan mata akan terus terjaga. Konsumsi coklat hitam yang kadar coklatnya tinggi ternyata juga baik untuk jantung ya. Walau mungkin rasanya agak pahit!

  1. Kiwi

Yang selanjutnya adalah buah kiwi, buah kiwi ini mengandung karotenoid ang tinggi. Buah kiwi adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan dan bisa membantu kita dalam menangkal radikal bebas. Dengan kata lain buah kiwi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita. So, mulai dari sekarang ayo kita konsumsi kiwi. Karena harganya yang cukup mahal, maka setidaknya kita bisa konsumsi buah ini seminggu sekali. Kita bisa menggunakan kiwi sebagai jus atau camilan buah biasa. Walau harganya mahal, tapi manfaat yang kita dapatkan bukankah sebanding?

  1. Paprika

Buah paprika ini biasanya digunakan untuk campuran ke dalam masakan, masakan asli Indonesia sendiri juga tidak banyak yang menggunakan paprika. Namun jangan salah karena ternyata paprika ini kaya akan kandungan vitaminnya! Paprika mengandung berbagai macam jenis kandungan vitamins seperti misalnya vitamin B2, Vitamin B1, Vitamin A, Vitamin C, Asam Folat, Karbohidrat, Betakaroten, Kalsium, dan masih banyak lagi. Kandungan yang super banyak itu bisa membuat mata kita menjadi lebih sehat dan bisa mengurangi resiko kita untuk terken glukoma dan katarak. Jadi ketika ada makana yang ada paprikanya jangan dibuang ya! Makan itu sama saja dengan menjaga kesehatan mata kita.

  1. Kemangi

Kemangi jika di Indonesia biasanya akan dijadikan sebagai lalapan. Daun kemangi ini ternyata juga bisa kita gunakan untuk menjaga kesehatan mata kita. Karena baik untuk menjaga kesehatan mata maka kita sebaiknya mengkonsumsi kemangi dengan rutin, bisa mencampurnya ke dalam masakan atau dimakan mentah dengan lalapan lainnya.

  1. Belimbing

Buah belimbing ini ternyata juga bisa menjaga kesehatan mata kita. Seperti yang kita ketahui jika buah belimbing ini memiliki 2 jenis, yaitu belimbing wuluh dan juga belimbing buah. Belimbung wuluh sudah kita ketahui banyak ditambahkan ke dalam jenis masakan sehingga menghadirkan sensasi segar dan asam. Belimbing wuluh ternyata bisa dijadikan sebagai bahan manisan. Untuk belimbing buah kita bisa memotongnya lalu memakannya atau mungkin bisa membuatnya jus ditambah dengan es sedikit. Buah belimbing kaya akan kandungan beta karoten dan bisa diubah menjadi retinol dan juga vitamin A di dalam tubuh. Kandungan itulah yang

  1. Telur

Yang kesebelas adalah telur. Telur ini mengandung protein, dan juga vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tidak hanya itu saja, telur juga mengandung berbagai macam kandungan penting lainnya seperi misalnya fosfor, protein, asam folat, riboflavin, dan masih banyak lagi. Selain bisa menjaga kesehatan mata kita telur juga baik untuk ibu yang sedang hamil karena baik bagi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Nah itu dia beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata kita. Bahan makanan yang kami sebutkan diatas adalah bahan makanan yang sangat mudah ditemukan dan karena mudah ditemukan dan didapatkan maka sudah selayaknya kita mengkonsumsinya secara rutin karena terbukti memiliki kandungan yang bisa menjaga kesehatan mata kita. Bukankah lebih baik bisa mencegah daripada mengobati? Sebelum terlambat yuk kita konsumsi makanan yang sudah disebutkan di atas tadi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, sebisa mungkin untuk menjaga kesehatan mata kita dengan banyak-banyak konsumsi makanan di atas ya!