8 Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Pencernaan

8 Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Pencernaan – Anda sedang mengalami gangguan pencernaan? Coba dicek dulu kepan terakhir kali Anda makan makanan yang mengandung serat. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama sistem pencernaan agar ketika melakukan tugasnya bisa lancar. Makan makanan yang memiliki serat tinggi tidak hanya membuat tubuh kita jadi sehat dan mencegah terjangkit penyakit kronis saja tapi juga bisa menurunkan berat badan.

Makanan Berserat Tinggi

Makanan yang memiliki kandungan serat tinggi bisa menyerap air menyebabkan kita lancar buang air dan menyehatkan sistem pencernaan. Karena usus yang tidak sehat adalah usus yang banyak sampah membusuk didalamnya. Nah bisa dibayangkan dunk dengan adanya serat maka otomatis kotoran dalam usus bisa dikeluarkan dengan mudah sehingga usus menjadi sehat dan otomatis bisa menurunkan berat badan.

Nah kira kira sudah pada tahu belum makanan apa saja yang mengandung tinggi serat yang dibutuhkan oleh tubuh yang ada disekitar kita? Yuk kita bahas  8 Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Pencernaan dibawah ini

8 Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Pencernaan

Pisang

Buah turun temurun sejak nenek moyang kita yang dipercaya sebagai sumber serat alami yang baik. Selain itu pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, kalium dan potasium. Makanya jangan kaget kenapa pisang adalah makanan yang direkomendasikan sebagai MPASI atau Makanan Pendamping ASI oleh para orang tua jaman dulu karena dipercaya paling mudah dicerna bahkan oleh bayi. Tapi jangan lupa tidak semua pisang boleh dikasihkan ke bayi ya, pisang yang biasa dipake adalah jenis dari pisang kepok untuk detail manfaat pisang kepok bisa dibaca di artikel sebelumnya.

Alpukat

Selain sebagai sumber lemak baik alpukat juga mengandung serat yang cukup tinggi loh sekitar 6,7 gram per 100 gram alpukat. Apalagi kini alpukat sedang menjadi buah kekinian yang lagi hits karena sedang banyak makanan yang menjadikan alpukat sebagai bahan campurannya, seperti roti bakar, sushi dan smoothy. Beberapa banyak yang menjadikan alpukat sebagai makanan utama bagi mereka yang sedang menjalankan diet sehat.

Strawberry

Buah selanjutnya adalah straberry, buah kaya akan vitamin C, potasium, mangan dan yang penting adalah kaya akan antioksidan ini juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Juga sedang jadi trend saat ini sebagai menu diet sehat, biasanya jika tidak dimakan secara langsung dengan buah lainnya strabeey bisa dicampur oatmeal atau sebagai bahan smoothies yang enak dan sehat.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak sekali nutrisi untuk tubuh seperti vitamin C, vitamin K, asam folat, zat besi, antioksidan dan juga serat. Karena gizinya yang banyak brokoli sering dijadikan makanan campuran bagi bayi yang sedang MPASI loh. Kamu gak mau mencoba?

Kacang kacangan

Beberapa kacang kacangan seperti kacang merah dan kacang almond juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain serat kacang kacangan tersebut juga mengandung banyak vitamin E, potasium, antioksidan dan lemak yang sehat. Biasanya kacang kacangan tersebut dijadikan campuran makanan dan minuman agar lebih enak.

Oatmeal

Makanan sehat berbahan dasar gandum ini sudah terkenal akan manfaatnya untuk pencernaan selain itu juga terkenal dapat menyehatkan jantung. Janis serat yang terdapat pada gandum adalah jenis beta-glukan yang juga efektif mengatur kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh kita.

Chia Seed

Chia seed atau biji chia ini terkenal sebagai superfood yang bergizi tinggi. Mengandung antioksidan, protein, kalsium dan mengandung omega 3 yang dapat membuat otak kita bekerja dengan baik. Untuk mengkonsumsi biji chia biasanya dicampur dengan bahan makanan lain seperti pudding, smoothies atau dicampur kedalam jus.

Konjac atau Konnyaku

Mungkin terdengar asing bagi banyak orang, tetapi Konnyaku biasanya dijadikan sebagai bahan utama jeli atau gelatin yang kaya akan serat loh. Berbeda dengan rumput laut ya Konjac atau Konnyaku adalah umbi dari akar tanaman Amorphophallus konjac yang biasa tumbuh didaerah subtropis seperti korea, jepang dan sudah dibudidayakan di Indonesia. biasanya dijadikan tepung terlebih dahulu sebelum diolah menjadi makanan.

Kini tidak usah pusing jika ingin merasakan manfaat dari Konjac atau Konnyaku karena sudah bisa di nikmati dalam bentuk minuman Jovem Green Shake minuman herbal diet yang sudah dirasakan oleh banyak orang di Indonesia. Untuk pemesanan Jovem Green Shake bisa klik tombol dibawah ini

Itulah 9 Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Pencernaan yang dapat membuat kita selalu sehat dan langsing, semoga bermanfaat.