Penyebab dan Gejala Penyakit Sinusitis

Penyebab dan Gejala Penyakit Sinusitis – Berbicara mengenai penyakit sinusitis adalah penyakit yang terjadi akibat peradangan pada organ sinus, dimana organ sinus adalah organ yang terdapat diwajah dan terhubung langsung dengan hidung. Dengan terjadinya peradangan pada sinus dapat menjadi media yang baik untuk bakteri berkembang biak akibat terjadinya penimbunan lendir pada organ sinus, dimana bakteri dapat masuk ke hidung dari bernapas maupun membuang lendir hidung, dan untuk kesempatan ini kita akan membahas Penyebab dan Gejala Penyakit Sinusitis dan beberapa hal lainnya menyangkut sinusitis ini.

Pada tubuh manusia, terdapat empat pasang sinus yang terdapat di kerangka kepala manuasia yakni di kedua sisi batang hidung, dibelakang mata, belakang tulang pipi dan dibelakang dahi. Sinus ini menghasilkan lendir atau biasa disebut mukosa yang mengalir ke hidung melalui saluran kecil, dimana distribusi lendir tersebut dapat terhalang oleh peradangan serta infeksi.

Pada penyakit sinusitis terbagi menjadi dua dari tingkat penderitanya yakni sinusitis akut yang biasanya dapat berlangsung hingga 4 minggu lamanya, dimana gejalanya dimulai dengan pilek, sedangkan untuk sinusitis kronis, biasanya dapat berlangsung hingga melebihi 12 minggu, dan bisa menjadi berbahaya apabila tidak segera mendapatkan pertolongan yang tepat, dimana sinusitis kronis akan membuat lapisan sinus meradang dan terus membengkak. Vonis akut dalam serta kronis mengacu pada lama penyakit diderita dan bukan seberapa parah penyakitnya.

Jika berbicara mengenai penyebab penyakit sinusitis ini, penyebab yang paling utama adalah adanya infeksi virus di saluran sinus dari pernapasan atas. Hal ini termasuk infeksi pada gigi juga dapat membuat sinus terinfeksi, infeksi juga dapat terjadi ketika terserang flu dan pilek dan menyebabkan dindinh sinus mengalami inflamasi maupun peradangan. Maka dari itu sinusitis tidak mengenal umur dan usia , dan merupakan jenis penyakit umum yang dapat menyerang siapa saja.

Untuk gejala utama penyakit sinusitis ini adalah adanya rasa nyeri, yang paling sering menunjukkan gejalanya pada sinusitis akut, dimana rasa nyeri dapat muncul pada beberapa bagian-bagian wajah yang berbeda, tergantung oleh area wajah yang sinus kena, seperti daerah pada dahi, bagian atas rahang, pipi, gigi, diantara kedua mata, kepala bagian atas, serta telinga.

Selain rasa nyeri yang disebabkan gejala sinusitis, juga dapat menyebabkan seperti hidung yang tersumbat, menurunya indera penciuman serta kemampuan untuk mencium bau-bauan, lendir yang berwarna kuning atau hijau, hingga demam pada sinusitis akut.

Demikianlah tadi sedikit pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai Penyebab dan Gejala Penyakit Sinusitis dengan maksud agar kita lebih memperhatikan kebersihan diri terhadap infeksi virus dan meperhatikan gejala-gejala yang dapat menghampiri kita setiap saat dan segera dapat mendeteksinya dengan cepat dan mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter kesayangan anda.