Tips Menjaga Gula Darah Normal

Tips Menjaga Gula Darah Normal –Kadar gula darah yang normal adalah salah satu tujuan setiap orang yang ingin tetap sehat, khususnya terhindar dari penyakit diabetes. Seseorang akan dikatakan sehat apabila kadar gula darahnya normal yakni berada pada angka tidak lebih dari 100 mg/dL ketika berpuasa dan tidak kurang dari 140 mg/dL sesudah 2 jam makan. Namun ini juga patokan tetap mengingat satu dengan orang lainnya berbeda-beda. Pemeriksaan Gula Darah Normal atau tidak ini sangat dibutuhkan guna mendeteksi apakah berpeluang besar terkena penyakit diabetes pada khususnya.

Kondisi sebelum diabetes sendiri tidaklah bijaksana untuk dianggap enteng. Tahukah Anda bahwa pihak WHO bahkan mengatakan penduduk Indonesia sekarang rentan terhadap penyakit diabetes. Hal ini berdasar karena berdasarkan statistik terdapat perkembangan pesat yakni dari anga 8,4 juta jiwa pada tahun 2000, diperkirakan menjadi 21,3 juta jiwa pada tahun 2030. Seseorang bisa dikatakan mengidap penyakit diabetes apabila angka gula darahnya melewati batas normal. Orang yang sebelum menderita diabetes namun beresiko sebaiknya segera melakukan tindakan pencegahan dini. Ini dikarenakan mereka yang tidak ditangani dengan baik kemungkinan besar akan mengalami diabetes dan sukar untuk disembuhkan dalam waktu 5-10 tahun. Ya, diabetes tidak dapat disembuhkan, sementara itu penanganannya juga sangat sulit. Ada beberapa cara atau metode untuk mendiagnosa diabetes, di antaranya adalah: Glukosa plasma puasa, tes tolereansi glukosa oral dan tingkat gula darah yang diperiksa secara acak.

Lantas adakah cara serta Tips Menjaga Gula Darah Normal?, sebenarnya ada caranya. Pencegahan dini akan sangat baik untuk memperkecil risiko terkena penyakit diabetes. Apa saja yang tercakup? Salah satunya melalui makanan yang kita konsumsi. Apa yang kita masukkan ke dalam tubuh akan berperan membentuk diri kita. Berikut beberapa makanan yang sangat direkomendasikan guna gula darah tetap dalam angka normal:

Gandum

Salah satu makanan wajib bagi mereka yang ingin punya Gula Darah Normal. Bahan makanan ini mengandung serat dan karbohidrat komplek. Anda akan tetap bertenaga namun nutrisinya benar-benar terserap ke dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki serat larut yang berfungsi untuk menyimpan gula setelah mengonsumsi makanan. Dengan begitu, gula darah tetap dalam angka normal.

Ikan

Bahan makanan ini memang sering kali direkomendasikan dalam penanganan penyakit apapun itu. Ya, ikan merupakan makanan sehat yang memiliki asam lemak omega-3 yang berfungsi meningkatkan resistensi insulin dan bahkan menjaga jantung.

Brokoli

Sayuran ini memiliki antioksidan yang tinggi dan mineral kromium yang berperan dalam kontrol insulin dalam gula darah. Namun untuk benar-benar mendapatkan nutrisi brokoli, sebaiknya mengukus hanya dalam waktu 1-2 menit.

Kedelai

Kedelai memiiki protein dan serat yang berguna untuk menurunkan ekskresi urin dan ini berhubungan erat dengan gula darah. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk berbagai olahan.

Kayu manis

Salah satu rempah paling sehat yang pernah ada. Tahukah Anda bahwa kayu manis dapat meniru kerja insulin yakni melalui zat yang terkandung di dalamnya. Zat tersebut bernama MHCP atau Methylhydroxy-Chalcone Polimer yang dapat bekerja sama dengan insulin untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal.

Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan zat Allicin dan APDS / Alil Propil Disulfida yang dapat merangsang kerja organ pankreas untuk menghasilkan insulin di dalam tubuh.

Ya, untuk menjaga gula darah anda tetap normal diperlukan upaya ekstra menjaga hidup sehat. Penyakit diabetes bisa datang dengan senyap, bukan karena apa tetapi karena kelalaian kita. Semoga beberapat Tips Menjaga Gula Darah Normaldiatas dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda.