Penjelasan dan Fungsi Pemakaian Obat Sucralfate

Penjelasan dan Fungsi Pemakaian Obat Sucralfate –Sucralfate atau yang biasa disebut sukralfat merupakan obat dengan fungsi untuk mengatasi tukak pada usus halus dan lambung. Cara obat ini bekerja adalah secara perlahan, ia akan membentuk lapisan pelindung pada tukak. Sehingga tukak tidak akan terkena infeksi dan kerusakan lebih lanjut. Dengan demikian, lapisan pelindung inilah yang akan membantu mempercepat proses penyembuhan tukak (peradangan).

fungsi obat sucralfate

FUNGSI OBAT SUCRALFATE

  1. Mengobati tukak lambung dan ulkus duodenum
  2. Mengobati gastritis kronis
  3. Mencegah pendarahan pada sistem pencernaan

Itu dia 3 fungsi utama obat sucralfate atau yang biasa disebut sukralfat ini.

CARA PAKAI SUCRALFATE

Obat ini biasanya akan berbentuk suspensi dan pemakai akan diminta untuk mengocok obatnya terlebih dahulu sebelum meminumnya. Menurut dosis, pemakaian obat sukralfat ini diminum sebanyak 2 sendok makan dalam 4 kali sehari. Perlu dicatat, perut harus kosong (satu jam sebelum makan). Atau Anda bisa mengikuti anjuran dokter untuk pemakaian yang terbaik.

Pastikan Anda juga minum obat ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Untuk memudahkan Anda mengingat untuk mengkonsumsi obat, usahakanlah setiap hari obat ini dikonsumsi di waktu yang sama. Ingat bahwa penting untuk tetap melanjutkan konsumsi obat ini meskipun Anda sudah tidak lagi merasakan sakit (tukak) pada lambung atau usus halu. Jangan berhenti menggunakan obat ini sebelum Anda belum berkonsultasi dengan dokter.

Diperkirakan dengan obat sukralfat ini, Anda hanya perlu waktu 4 sampai 8 minggu untuk menyembuhkan tukak secara keseluruhan.

Juga berhati-hatilah untuk tidak mengkonsumsi obat lain secara sembarangan. Karena obat sukralfat ini tidak dapat bekerja dengan baik jika dikonsumsi bersamaan dengan obat lain. Kalaupun terpaksa, pastikan terdapat jeda untuk meminum obat lain selain sukralfat ini.  Pastikan Anda melakukan konsultasi dengan dokter dan apoteker untuk mendapatkan jadwal penggunaan obat yang tepat.

Jika kondisi tukak Anda tidak membaik dan bertambah buruk selama 4 minggu mengkonsumsi obat ini, segera konsultasikan ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

DOSIS SUCRALFATE YANG DIANJURKAN

Dosis Untuk Orang Dewasa

Gastritis kronis, ulkus peptikum

Pada umumnya, 1.000 mg ( 4 kali sehari ) atau 2.000 mg ( 2 kali sehari ), digunakan selama 4 sampai 8 minggu. Dan bisa sampai hingga 12 minggu (pastikan sudah konsultasi dengan dokter terlebih dahulu).

Dosis lainnya sebanyak 1.000 mg ( 2 kali sehari ). Biasanya untuk melakukan pencegahan terbentuknya ulkus duodenum. Perlu diingat dosis maksimumnya adalah 8.000 mg per hari.

Profilaksis perdarahan saluran cerna dikarenakan ulkus stres

Dosis yang biasa digunakan : 1.000 mg ( 6 kali sehari ). Dan untuk dosis maksimumnya adalah 8.000 mg per hari.

Untuk anak-anak

Profilaksis perdarahan saluran cerna akibat ulkus stress

  • Usia 1 bln – 2 tahun : 250 mg (4-6 kali sehari)
  • Usia 2 – 12 tahun : 500 mg (4-6 kali sehari)
  • Usia 12 – 18 tahun : 1 gr (4-6 kali per hari)

Gastritis kronis, ulkus peptikum

  • Usia 1 bln – 2 tahun : 250 mg (4-6 kali sehari)
  • Usia 2 – 12 tahun : 500 mg (4-6 kali sehari)
  • Usia 12 – 18 tahun : 1.000 mg (4-6 kali sehari)

Biasanya dosis yang tersedia untuk obat sucralfate ini dalam bentuk tablet maupun suspensi :

  • Suspensi 500 mg / 5 cc
  • Tablet 1.000 mg

Itu saja artikel tentang penjelasan dan fungsi dari obat sucralfate ini. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Tags: