Makanan Untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Makanan Untuk Ibu Hamil 9 Bulan –Rasa was-was dan bahagia di usia kehamilan 9 bulan ini pasti selalu dirasakan oleh Ibu hamil. Namun di usia kehamilan inilah sering kali Ibu hamil mengeluhkan masalah kesehatan seperti sesak nafas, akibat pertumbuhan bayi yang berkembang pesat sehingga menekan diafragma si Ibu, selain itu rasa panas dalam dada juga dirasakan akibat tulang iga yang mendesak. Heratburn atau rasa panas pada dada yang dirasa, juga terdapat masalah dimana kaki bengkak yang memicu terjadinya varises. Resiko anemia juga dapat terjadi saat persalinan, pencegahan persalinan di trimester akhir ini dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup, pola makan, dan tentunya berolahraga yang cocok untuk Ibu hamil 9 bulan agar dapat melalui proses persalinan dengan lancar.

Berikut ini  Makanan Untuk Ibu Hamil 9 Bulan yang dianjurkan untuk dikonsumsi di usia kehamilan 9 bulan

Kurma

Kurma merupakan makanan khas ramadhan yang bercitarasa manis ini memiliki manfaat yang dapat mengalirkan oksigen ke janin. Konsumsilah buah kurma sebanyak dua buah saat sarapan dan makan siang.

Pisang

Pisang kaya akan kandungan zat besi dan mineral yang amat baik untuk tubuh, Anda dapt mengkombinasikan untuk menu sarapan sehat dengan gandum. Hal ini akan mengurangi resiko anemia selama menjelang proses persalinan.

Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang juga akan mengurangi resiko anemia menjelang proses persalinan.

Brokoli

Brokoli kaya akan asam folat, vitanin, dan zat besi yang dapat menjaga proses pencernaan dan mengurangi resiko anemia menjelang proses persalinan.

Madu

Madu memang terkenal dengan khasiatnya, kali ini mengkonsumsi madu untuk Ibu hamil dapat mengurnagi resiko anemia karena kaya akan zat besi. Konsumsi madu yang dikombinasikan dengan buah-buahan segar juga dapat menambah asupan nutrisi bagi Ibu hamil dan bayinya.

Dari list Makanan Untuk Ibu Hamil 9 Bulan yang disebutkan di atas, Ibu hamil juga bisa menambah jenis makanan yang bisa menambah kebutuhan kalori. Kalori di sini akan berguna untuk tumbuh kembang janin dan energi yang bakal dibutuhkan selama proses persalinan loh. Anda bisa mengkonsumsi nasi, umbi-umbian, ataupun gandum agar kebutuhan kalori dapat terpenuhi. Namun jagalah porsi kalori yang dibutuhkan saja agar berat badan terjaga dengan baik. Karena jika berat badan tidak terkontrol dengan makin lama meningkat maka akan terjadi gangguan pada proses persalinan, untuk berat badan yang kurnag juga akan memperoleh masalah yang sama. Untuk itu jagalah agar berat badan tetap ideal, jagalah asupan cairan yang diperlukan oleh tubuh Anda dengan minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya agar terhindar dari resiko sembelit.