Obat Herbal Diabetes

Obat Herbal Diabetes

obat tradisional diabetes basah
obat tradisional diabetes basah

Pernahkah anda berfikir bahwa dengan semakin canggihnya teknologi maka penyakit kian banyak terdeteksi? Dewasa ini tidak jarang kita menemukan beberapa penyakit mematikan yang bahkan selalu merenggut korban nyawa. Karena orang-orang tidak lagi sekreatif dulu, dimana manusia menjadi lebih pemalas  dan jarang bergerak.

Inilah yang memicu adanya beragam penyakit berbahaya yang bahkan juga di sebabkan oleh pola makan tidak baik yang di lakukan oleh banyak manusia. Tahukah anda bahwa nenek moyang kita para pendahulu lebih sehat dan memiliki kualitas umur yang jauh lebih panjang daripada kita yang hidup di zaman yang serba canggih sekarang?

Ya, alasannya sangatlah sederhana. Dimana manusia zaman dahulu tidak mengenal adanya bahan pengawet, produk olahan kimia maupun berbagai kecanggihan teknologi yang malah berdampak terhadap melemahnya sistem kekebalan tubuh dan memicu segala macam sumber penyakit yang bersarang di dalam tubuh manusia.

Salah satu penyakit mematikan yang sering sekali menyerang manusia saat ini adalah penyakit Diabetes atau yang lebih di kenal dengan nama penyakit “kencing manis” dan “penyakit Gula”. Sebenarnya penyakit ini adalah penyakit yang di sebabkan oleh melemahnya reseptor penangkap insulin di dalam tubuh hingga kadar insulin kian meningkat dan menumpuk hingga menyebabkan penyakit kenaikan gula darah tersebut.

Penyebab Utama Diabetes

Penyebab utama terjadinya diabetes adalah karena kesalan pankreas yang mana mengalami berbagai kerusakan hingga tidak lagi bisa menghasilkan insulin yang nantinya bisa menyebabkan peningkatan gula darah akibat defisit dari insulin tersebut. Diabetes ini merupakan salah satu penyakit turunan atau penyakit genetik yang akan di turunkan kepada anak cucu anda nantinya.

Maka jika salah satu dari orang tua anda menderita penyakit diabetes maka anda harus lebih waspada dan mengatur olahraga serta pola makan yang sehat serta seimbang. Bahkan beberapa komplikasi penyakit serius lainnya bisa saja terjadi jika anda tidak melakukan pengobatan dengan baik.

Ciri-Ciri Diabetes

Mungkin ketika anda terserang diabetes anda masih belum menyadari bahwa sebenarnya anda adalah penderita dari penyakit kadar gula berlebih ini. Lalu bagai mana deteksi dini untuk penyakit diabetes? Yuk simak beberapa tanda dan gejala yang sering terjadi pada pasien diabetes berikut ini :

  1. Anda akan lebih sering mengalami “kebelet” buang air kecil di kala malam hari, bahkan tak jarang ini akan mengganggu aktifitas tidur anda.
  2. Selalu kehausan juga merupakan tanda kedua dari gejala diabetes, dimana anda mengalami banyak pengeluaran cairan tubuh yang berdampak pada kehausan.
  3. Kehilangan berat badan yang akan selalu menurun seiring dengan perkembangan penyakit diabetes anda.
  4. Walaupun anda mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis namun anda juga akan mengalami kenaikan nafsu makan, dimana penderita diabetes akan merasa selalu lapar.
  5. Berbanding terbalik dengan nafsu makan dan aktifitas makan yang anda alami ketika menjadi salah satu penderita penyakit diabetes, anda akan selalu lemas walaupun telah banyak makan. Ini dikarenakan energi yang di peroleh tidak bisa di gunakan dengan baik oleh tubuh.
  6. Penurunan penglihatan juga akan menjadi salah satu gejala diabetes.
  7. Bahkan dampak lain yang akan sangat merepotkan adalah adanya masalah dalam penyembuhan luka. Dimana penderita diabetes akan lebih sulit dalam menyembuhkan luka –luka mereka dibandingkan dengan orang normal dan sehat.

Pengobatan Alami dan Herbal

Nah, setelah anda mengetahui hal penting tentang diabetes, maka berikut kami akan menjelaskan pengobatan herbal alami yang bisa di lakukan untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Berikut beberapa pengobatan herbal alami untuk mengobati diabetes tersebut :

  1. Kunyit

Zat warna orange pada yang mengandung zat curcumin pada kunyit ini bisa mengatasi banyak masalah pada peredaran darah. Zat curcumin ini juga bisa menekan dan menurunkan kadar gula di dalam darah anda yang menjadi tak terkontrol akibat dari gangguan insulin di derita oleh pasien diabetes.  Cara membuatnya :

  • Siapkan terlebih dahulu kunyit sebanyak 90 hingga 100 gr lalu kupas hingga bersih.
  • Rebus kunyit tersebut dengan campuran garam
  • Angkat dan tiriskan ramuan tersebut setelah mendidih.
  • Minum secara rutin dua kali setiap hari yaitu pada pagi dan pada sore hari.
  1. Mengkudu

Rasa yang kurang enak yang di berikan oleh buah mengkudu membuat banyak orang enggan mengkonsumsi mengkudu tersebut. Namun selain dari rasanya yang tidak enak sekaligus aromanya yang tidak enak dan menyengat. Mengkudu sangat berkhasiat dalam mengobati diabetes. Karena kandungan dari senyawa proxeroni yang ada di dalam mengkudu tersebut. Cara membuat ramuan ini adalah sebagai berikut :

  • Gunakan belender kemudian haluskan buah mengkudu sebanyak 2 buah.
  • Kemudian saring dan peras air dan sari pati buah mengkudu
  • Anda bisa menambahkan beberapa tetes madu kedalam 1 gelas air perasan mengkudu tersebut.
  • Minumlah rutin 2 kali setiap hari.

 

  1. Lidah Buaya

Ada beberapa penelitian medis yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi ekstrak dari lidah buaya maka anda bisa memperbaiki kembali kadar glukosa di dalam darah yang tentunya sangat bermanfaat dalam pengobatan diabetes secara herbal alami. Lidah buanya tidak hanya menurunkan kadar gula di dalam darah namun juga efektif dalam alternatif penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan yang terjadi pada tubuh anda.

  1. Bilberry

Siapa sangka bahwa salah satu jenis berry ini sangat efektif dalam menurunkan kadar gula di dalam darah? Senyawa yang terdapat di dalam bilberry yang bernama anthocyanosides adalah senyawa yang bisa melindungi dan meningkatkan kekuatan pada jaringan pembuluh darah yang akan menghindarkan anda dari resiko kerusakan retina yang rentan pada penderita diabetes.

Namun ketika anda mengkonsumsi obat herbal alami untuk menurunkan gula darah anda juga harus tetap menjaga dan melakukan pengontrolan terhadap kadar gula darah anda dimana boleh jadi anda malah nantinya menderita hipoglikemia dimana penurunan gula darah melebihi batas normal.

  1. Jahe

Beberapa penelitian yang menunjukan adanya kandungan senyawa di dalam jahe yang membuat penderita diabetes dapat melakukan perbaikan dan kembali mengontrol kadar gula darah mereka. Ekstrak dari jahe bahkan di ketahui efektif dalam meningkatkan penyerapan kembali glukosa ke dalam sel sel otot agar bisa kembali diolah menjadi energi untuk tubuh.

  1. Paria

Siapa sih yang tidak kenal dengan sayuran yang terkenal akan citra rasa yang sangat tidak bersahabat dengan lidah ini? Ya, pare atau paria adalah obat herbal dari pengobatan diabetes yang bisa anda gunakan sebagai pengobatan harian.

Kandungan dari charatin dan lektin yang bisa mengontrol dan bagus untuk menurunkan kadar gula darah ini sangat ampuh dalam mengatasi adanya peningkatan gula darah bagi penderita diabetes.

Demikianlah beberapa pengobatan herbal alami yang bisa anda lakukan untuk mengobati diabetes. Semoga artikel ini bermanfaat.