Mengenal Penyakit Eksim

Mengenal Penyakit Eksim – Penyakit kulit merupakan penyakit yang sangat sering kita jumpai pada seseorang. Penyakit kulit memang sangat mengganggu karena rasa gatal yang ditimbulkan dari penyakit tersebut dapat merusak konsentrasi kita ketika sedang melakukan sesuatu. Pada umumnya penyakit kulit timbul akibat kondisi lingkungan sekitar kita yang kurang bersih sehingga menyebabkan jamur dan kuman penyakit tumbuh di sekitar kita. Menjaga kebersihan merupakan hal yang sangat penting untuk menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit kulit yang sangat mengganggu kita. Tentu kita telah mengenal banyak penyakit kulit yang notabene merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat akibat kelalaiannya dalam menjaga kebersihan badan maupun lingkungannya.

Hadirnya penyakit kulit memang sangat membuat kita harus merasa jengkel karena rasa gatal yang ditimbulkan. Salah satu penyakit kulit yang dapat menyerang seseorang adalah penyakit eksim. Dan pada kesempatan kali ini kita akan coba mengupas dan lebih Mengenal Penyakit Eksimlebih mendalam lagi.

Mengenal Penyakit Eksim

Penyakit eksim ini merupakan penyakit kulit yang seperti halnya penyakit kulit lainnya yang diikuti rasa gatal – gatal pada kulit. Penyakit yang satu ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. ‏Eksema atau yang biasa disebut eksim merupakan peradangan kulit (dermatitis) hebat yang menyebabkan timbulnya vesikel (gelembung-gelembung kecil) dipermukaan kulit yang dapat pecah, disertai rasa gatal, panas, kemerahan serta dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit. Istilah eksema diadopsi dari bahasa yunani yang berarti mendidih keluar.‏

Macam-macam jenis eksim

  • ‏dermatitis atopik: sering terjadi pada bayi berupa kemerahan, gatal, radang dan kering.‏
  • dermatitis kontak: peradangan akibat kontak dengan bahan alergen atau bahan yang iritan.
  • Eksim numular: plak eksim yang biasanya dicirikan dengan kulit kering dan sering terjadi pada bagian luar dari kaki, tangan, dan lengan
  • Eksim stasis: eksim tipe ini termasuk kronis muncul pada daerah bawah kaki bagian dalam yang berkaitan dengan varises

Penyakit eksim gejalanya dapat semakin bertambah apabila terkena pasir, sabun, detergen, debu dan klorin. Faktor lain yang mempengaruhi diantaranya suhu dingin dengan kelembaban yang rendah, parfum, stres, penggarukan/penggosokan. Pada orang yang alergi makanan juga bisa memperburuk timbulnya gejala.

Menderita penyakit eksim tentu sangat merugikan karena penyakit ini dapat memburuk ketika penyakit yang satu ini tidak segera diatasi. Pada mulanya gejala yang ditimbulkan ketika  seseorang menderita penyakit kulit yang satu ini sangat beragam. Gejala yang muncul dapat berupa rasa gatal ringan, namun ada juga yang merasakan rasa panas pada kulit yang terkena penyakit eksim ini.

Untuk menyembuhkan penyakit kulit yang satu ini agar tidak semakin parah tentu sangat membutuhkan kesabaran yang tinggi. Cara untuk menyembuhkan penyakit kulit yang satu ini beragam. Salah satu cara untuk mengobati penyakit yang satu ini adalah dengan menggunakan salep dan krim. Salep yang digunakan untuk menyembuhkan jenis penyakit kulit yang satu ini bisa salep yang mengandung kortikosteroid seperti hydrokortison. Kandungan hydrokortison dalam salep dapat mengurangi proses terjadinya inflamasi atau peradangan pada kulit.anti histamin dan dan krim steroid bisa digunakan pada keadaan masih akut. Antibiotik mungkin diperlukan untuk mencegah infeksi sekunder dari bakteri. Fototerapi juga bisa menjadi salah satu pilihan.

Pada umumnya, banyak cara yang dapat digunakan untuk menghindari penyakit kulit yang menyerang kita. Dengan membersihkan lingkungan yang kita tempati dan membersihkan tubuh kita secara rutin tentu kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit kulit yang sangat merugikan kita. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita merupakan hal yang wajib kita lakukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit baik penyakit kulit maupun penyakit lainnya.

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai Mengenal Penyakit Eksim,Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar penyakit Eksim ini. Kesembuhan seseorang terhadap penyakit yang satu ini merupakan hal yang harus dicapai agar penyakit kulit yang satu ini tidak menjadi semakin parah.