Penyebab dan Gejala Penyakit Tiroid

Penyebab dan Gejala Penyakit Tiroid – Penyakit tiroid atau biasa juga disebut sebagai penyakit gondok adalah penyakit oleh hormon tiroid pada tubuh yang menghasilkan 2 jenis hormon utama yakni : Tiroksin (T-4) dan Triiodothyronine (T-3). Dimana pada fungsi aslinya, hormon-hormon ini akan mengalir dan beredar dalam aliran darah dan membantu untuk mengatur kadar metabolisme dalam tubuh, mempengaruhi detak jantung, mengontrol suhu tubuh, serta membantu mengatur produksi protein. Lalu apa penyebab penyakit tiroid ini ? Untuk itu berikut ini kita akan membahas Penyebab dan Gejala Penyakit Tiroid atau gondok untuk kita ketahui bersama.

Ketika mengalami masalah penyakit tiroid atau gondok, berarti hormon tiroid pada tubuh tidak sebagaimana mestinya, dimana pada umumnya dapat menjadi kelenjar tiroid yang menjadi membesar. Akan tetapi walaupun kelenjar tiroid membesar tetap juga dapat menghasilkan hormon yang normal, dimana pada intinya dimana hormon menghasilakan terlalu banyak atau juga terlalu sedikit hormon tiroksin serta T3.

Adapun penyebab umum yang dapat menyebabkan kelenjar tiroid menjadi membesar dan menyebabkan penyakit tiroid ini, seperti :

  • Nodul tiroid soliter, dimana pada kondisi ini, nodul tunggal akan berkembang pada kelenjar tiroid. Nodul ini bersifat jinak dan tidak dapat menyebabkan kanker.
  • Kanker tiroid, dimana terjadinya pembesaran pada salah satu kelenjar tiroid.
  • Tubuh yang kekurangan zat yodium, dimana yodium merupakan zat penting untuk memproduksi hormon tiroid, dan dengan kekurangan yodium dapa menyebabkan kelenjar tiroid membesar yang kasus ini biasa terdapat pada daerah pedalaman atau daerah pada pegunungan dimana masyarakatnya kurang mendapatkan asupan zat yodium.
  • Penyakit Graves, dimana kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme) yang disebabkan zat antibodi pada tubuh salah dalam menyerang kelenjar tiroid dan menyebabkan kelenjar tiroid akan memproduksi hormon tiroksin secara berlebihan sehingga dapat menyebabkan kelenjar tiroid juga ikut membesar dan membengkak.
  • Penyakit Hashimoto, dimana pada kondisi ini disebabkan oleh kurangnya hormon tiroid , yang disebabkan oleh gangguan autoimun yang menyebabkan kerusakan pada kelenjar tiroid dan menghasilakn hormon tiroid yang kurang sebagaimana mestinya.
  • Peradangan, dimana terjadi peradangan yang menyebabkan kelenjar tiroid terasa sakit dan mengalami pembengkakan, serta dapat juga dipengaruhi oleh rendahnya produksi tiroksin.
  • Gondok multinodular, dimana terdapat benjolan padat atau cair pada kedua sisi kelenjar tiroid, dan menyebabkan pembesaran pada kedua sisi kelenjar tiroid.

Sedangkan , mengenai gejala Penyakit Gondok yang dapat kita deteksi secara dini adalah sebagai berikut :

  • Berkurangnya nafsu makan secara drastis, akibat kesulitan dalam menelan
  • Rasa tegang dan nyeri pada mulut ketika mengunyah dan menelan makanan.
  • Adanya rasa sakit pada tenggorokan, walaupun gejala ini bukan berarti pasti gejala penyakit tiroid
  • Suhu tubuh yang meninggi pada malam hari.
  • Telinga yang berdengung
  • Adanya tonjolan pada bagian tenggorokan serta dapat menjadi membengkak dan membesar.

Sekian pembahasan mengenai Penyebab dan Gejala Penyakit Tiroid yang dapat kita cegah dengan pola makan yang sehat dan teratur dengan menjaga kandungan yodium yang seimbang sehingga kelenjar tiroid dapat bekerja sebagaiman mestinya.