Membersihkan karang gigi sendiri

Membersihkan karang gigi sendiri

Bakteri yang terapat di mulut terkadang dapat menyebabkan perdarahan dan membentuk asam ketika secara perlahan bakteri mulai menghancurkan enamel gigi, dan membentuk lubang pada gigi. Bakteri juga memproduksi zat racun yang menyebabkan berbagai jenis masalah pada gusi manusia. Kebiasaan mengonsumsi makanan manis dapat menjadi salah satu penyebab bakteri tumbuh dan menetap di gigi.

cara membersihkan karang gigi dengan garam
cara membersihkan karang gigi dengan garam

Beberapa faktor yang berperan dalam membentuk plak atau karang gigi secara umum adalah kebersihan mulut yang kurang terjaga, teknik menggosok gigi yang tidak baik dan tidak benar, pemilihan bahan makanan yg dapat menimbulkan plak atau karang gigi, genetik, kurangnya perawatan terhadap gigi.

Menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu kunci untuk menjaga terbentuknya plak dan pembentukan karang gigi, beberapa hal berikut ini perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut dan  gigi:

  • Menggosok gigi dengan pasta gigi yang tepat paling sedikit dua kali dalam sehari (sehabis makan, dan sebelum tidur). Pemilihan sikat gigi juga mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut, gunakanlah sikat gigi yang lembut dan terbuat dari nylon dan berbentuk bulat, dan bulu – bulu yang mudah membersihkan sampai ke sela – sela gigi. Gosoklah gigi dengan memegang sikat gigi dengan sudut 45 derajat.
  • Pastikan selain menyikat gigi, bagian lidah juga digosok dengan baik karena bakteri yang ada di lidah dapat tumbuh dan menyebabkan munculnya plak serta karang gigi
  • Gunakan dental floss secara teratur untuk membersihkan gigi dan gusi.

Sebagai tambahan untuk mendapatkan kebersihan gigi, gunaan pula cara alami untuk membersihkan plak dan karang gigi. Harus diingat bahwa karang gigi yang sudah ada akan sangat sulit untuk dibersihkan. Namun apabila teratur membersihkan gigi dan menghilangkan plak, hal tersebut akan mencegah pembusukan gigi secara permanen

Beberapa cara di bawah ini merupakan tahap – tahap yang bisa dilakukan untuk menghilangkan plak serta karang gigi secara alami:

  1. menggunakan minyak kelapa extra virgin

untuk membersihkan plak yang ada pada gigi, gunakanlah minyak kelapa yang mengandung asam lauric yang dapat berperan sebagai anti inflamasi atau anti radang dan memberikan efek  anti mikroba. Nigerian Medical Journal menyebutkan bahwa menggunakan minyak kelapat efektif mengurangi pembentukan plak. Lakukanlah hal berikut ini:

  • gunakan 1 sendok teh minyak kelapa extra virgin ke sekitar mulut selama 15 sampai 20 menit.
  • Ludahkan, dan jangan digunakan untuk berkumur ataupun ditelan.
  • Gosok gigi seperti biasa
  • Ulangi setia hari, dianjurkan untuk melakukannya di pagi hari sebelum mengonsumsi apapun.
  1. baking soda

baking soda atau biasa disebut sodium bikarbonat, merupakan bahan yang dapat digunakan di rumah sebagai bahan pembersih plak. Baking soda membantu menetralkan asam di mulut, dan mengurangi bakteri yang berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai penyakit yang terdapat di mulut. Baking soda juga sangat baik untuk membuat gigi tampak lebih putih berkilau dan. Penelitian yang dipublikasikan oleh The Journal of Clinical Dentistry menganalisis tentang lima studi klinis yang menyimpulkan bahwa baking soda dalam bentuk pasta maupun bubuk dapat secara efektif menghilangkan plak pada gigi ( yang berpotensi untuk membentuk karang gigi) lebih baik daripada produk yang tidak mengandung baking soda. Untuk memanfaatkan baking soda dalam membersihkan karang gigi, lakukanlah hal berikut:

  • tambahkanlah sedikit baking soda di sekitar bulu – bulu sikat gigi yang telah dibasahi sebelumnya, gosoklah gigi seperti biasa. Bersihkan mulut dan gigi dengan menggunakan air hangat.
  • Cara lain dapat dengan mencampurkan 1 sendok teh garam dan 2 sendok teh baking soda. Kemudian celupkan sikat gigi ke dalam campuran tersebut, lalu gosoklah gigi seperti biasa dengan menggunakan bubuk dari campuran tersebut.
  • Pilihan lain adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan hidrogen peroksida hingga terbentuk pasta. Gunakan pasta tersebut sebagai pasta gigi dan gusi, ludahkan (jangan ditelan) dan bersihkan mulut dengan menggunakan air bersih.
  • Ketiga pilihan di atas dapat dipilih dan dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu ( tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari karena penggunaan berlebihan akan merusak enamel gigi)
  1. jambu biji

baik jambu biji dan daun jambu biji merupakan bahan yang sangat baik untuk digunakan sebagai anti plak dan menghilangkan karang gigi walaupun dalam jumlah yang banyak. Daun dan buah jambu biji memiliki efek sebagai anti inflamasi dan analgesik (pereda nyeri) yang dapat mengurangi pembengkakan serta nyeri yang terkadang muncul pada gusi. Jurnal internasional yang membahas mengenai mikrobiologi menunjukkan bahwa ekstrak dari daun jambu biji menyebabkan berkurangnya penempelan plak pada gigi, jambu biji menjadi anti bakteri yang sempurna dan sangat baik untuk melawan bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan plak pada gigi dan kemudian berkemban menjadi karang gigi. Caraya adalah sebagai berikut:

  • pilihlah daun jambu biji yang bebas dari gigitan hama, cuci bersih daun tersebut kemudian kunyah sampai beberapa menit, ludahkan. Hal ini dipercaya dapat mencegah tumbuhnya plak pada gigi
  • pilihlah jambu biji yang mentah, taburkanlah garam di atasnya dan kunyah perlahan. Lakukan sebanyak 2 kali selama beberapa hari.
  • Pilihan lain adalah dengan mencuci mulut menggunakan ekstrak daun biji.
  1. lidah buaya

penyakit pada mulut yang disebabkan oleh adanya plak dan karang gigi dapat dengan efektif diatasi menggunakan aloe vera atau lidah buaya. Selain dapat berperan sebagai antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab terbentuknya plak di gigi, aloevera dapat mengatasi masalah bau nafas. Joural of Oral Health and Dental Management menemukan bahwa penggunaan aloe vera dapat memberikan efek positif dalam menghilangkan plak dan gingivitis. Lakukanlah hal berikut untuk memanfaatkan aloe vera:

  • belah daun lidah baya dan ambillah ekstrak dari gel yang didapatkan.
  • Gosokkan gel secara langsung pada gigi dan gusi
  • Diamkan selama 10 menit dan cuci bersih menggunakan air dingin
  • Lakukanlah hal berikut sebanyak dua kali dalam sehari.
  1. kulit jeruk

belum banyak yang mengetahui bahwa dengan menggosok bagian dalam dari kulit jeruk pada gigi secara langsung sebelum tidur dapat meningkatkan kesehatan gigi, berkumurlah di pagi hari dengan menggunakan air putih yang segar. Prosedur ini akan membuat mulut terasa lebih segar dan bebas dari plak yang dapat menjadi karang gigi.

  1. Teh hitam

Selain dinikmati sebagai minuman teh biasa, teh hitam juga dapat melawan bakteri penyebab plak pada gigi dan kemungkinan berkembangnya plak tersebut menjadi karang gigi dan melindungi gigi dari pembusukan gigi. Caranya adalah dengan menyeduh teh hitam sampai warnanya berubah menjadi gelap, kemudian peraslah kantong teh sebelum mengeluarkannya dari gelas, setelah teh cukup dingin,  berkumurlah menggunakan seduhan teh tersebut dan ulangi setiap hari.