Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Sekarang ini dunia medis semakin berkembang, yang dulunya tradisional sekarang semuanya sudah menjadi lebih modern. Mulai dari peralatan medis, penanganan, sampai obat-obatannya lebih modern daripada dulu. Walaupun begitu tetap saja, medis secara modern tidak bisa lepas dari yang namanya tradisional.

Walau sekarang ini zaman sudah maju namun kita tetap tidak boleh untuk meninggalkan pengobatan secara tradisional. Maksud tradisional di sini adalah dengan memanfaatkan berbagai macam jenis tumbuhan alami yang digunakan sebagai obat atau penyembuhan. Tanpa kita sadari ternyata banyak sekali tanaman yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan kita. Seperti kali ini kita akan membahas manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Berikut ulasan lengkapnya!

Lidah Buaya Obat Masalah Pencernaan

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Seperti yang kita ketahui lidah buaya ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Entah untuk kecantikan maupun kesehatan, selama ini kita mengenal lidah buaya baik untuk kesehatan kulit wajah dan rambut. Namun apakah kalian semua tahu jika ternyata lidah buaya ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan?

Lidah buaya ternyata dapat mengobati beberapa masalah pencernaan sekaligus, seperti misalnya dapat dijadikan sebagai konstipasi karena kandungan lateks di dalamnya yang bisa dijadikan sebagai obat pencahar. Lidah buaya juga dapat menenangkan esofagus dari refluks asam. Jika kalian memiliki masalah pencernaan maka bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasinya ya!

Obat Luka Bakar menggunakan Lidah Buaya

  1. Mengobati luka bakar

Jika kalian baru saja terluka dan akibatnya memiliki luka bakar di sekujur tubuh maka bisa memanfaatkan lidah buaya juga. Jika ingin luka bakar yang kalian miliki cepat sembuh dan juga tak perlu merogoh kocek terlalu dalam maka kalian bisa menggunakan daging lidah buaya ya. Caranya juga sangat mudah, kalian cukup ambil beberapa lidah buaya.

Jika sudah bisa membelah dan mengupas kulit lidah buaya-nya, jika kita mengupasnya atau membelahnya tentu kita akan menemukan seperti cairan kental atau getahnya bukan? Kita bisa memanfaatkan getah dan juga daging lidah buaya yang mirip jelly itu dengan cara mengoleskannya pada luka bakar di tubuh kita. Diamkan beberapa saat sampai mengering, jika ingin cepat sembuh maka lakukan ini secara rutin setidaknya dua kali sehari.

Lidah Buaya Menjaga Fungsi Liver

  1. Menjaga kesehatan liver

Jika sudah berbicara mengenai detoksifikasi di dalam tubuh secara alami maka tentu saja kita akan berbicara juga mengenai lidah buaya. Kandungan di dalam lidah buaya ternyata sudah terbukti bisa menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh kita. Lidah buaya bisa mengeluarkan dan juga bisa menetralkan racun yang ada pada tubuh manusia.

Caranya pun sangat mudah, kita hanya perlu membuat lidah buaya ini menjadi jus. Caranya kupas kulit lidah buaya kemudian bersihkan dagingnya dengan cara cuci dengan air mengalir sampai getahnya benar-benar hilang setelah itu blender dengan menambah sedikit air. Kandungan di dalam jus lidah buaya ini efektif menjaga kesehatan liver karena kaya akan fitonutrien.

Menjaga Nutrisi Tubuh

  1. Mencukupi nutrisi tubuh kita

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang keempat adalah lidah buaya bisa membantu kita untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Sebagai manusia tentu saja kita akan melakukan banyak aktifitas setiap hari, dan supaya kita bisa selalu produktif maka kita harus memenuhi asupan nutrisi yang ada di dalam tubuh. Jika kita tak mau kekurangan nutrisi setiap harinya maka kita bisa mencukupinya hanya dengan konsumsi lidah buaya saja.

Kalian tidak perlu memberi produk lidah buaya yang mahal, kalian bisa melakukannya sendiri di rumah dan dengan harga yang murah. Cukup menjadikan potongan lidah buaya menjadi jus lidah buaya yang menyegarkan. Kandungan di dalam jus lidah buaya ini mengandung berbagai macam jenis vitamin dan mineral penting. Seperti kaya akan vitamin B, C, E, dan juga kaya akan asam folat yang baik untuk kesehatan tubuh kita!

Lidah Buaya Mencegah Dehidrasi Tubuh

  1. Mengatasi dehidrasi

Dehidrasi bisa menyebabkan berbagai macam bahaya bagi tubuh kita. Oleh karena itu kita tidak boleh sampai membiarkan tubuh kita mengalami kekurangan cairan tubuh. Ketika bekerja dengan keras mungkin saja kita menjadi lupa akan kebutuhan asupan cairan sehingga mungkin kita akan mengalami dehidrasi. Jika kalian tak mau sampai membahayakan maka kalian bisa minum air kelapa untuk mengatasinya, namun jika kalian tidak suka air kelapa maka ada alternatifnya.

Yaitu menggunakan jus lidah buaya, jus lidah buaya yang kaya akan air ini bisa membantu mengatasi dehidrasi. Kalian bisa mengkonsumsi jus lidah buaya setelah seharian bekerja. Supaya kalian lebih tahu saja, tubuh kita setiap harinya membutuhkan lebih banyak cairan untuk digunakan menyiram dan melepaskan dari penumpukan asam laktat setelah beraktifitas seharian.

Lidah Buaya Menjaga Keseimbangan Tubuh

  1. Menjaga keseimbangan tubuh

Mungkin kalian belum mengetahui fakta ini, jika tubuh kita terlalu tinggi pH asamnya maka itu bisa menjadi sumber berbagai macam penyakit. Oleh karena itu jika tak ingin tubuh menjadi gampang sakit kita harus menyeimbangkan tubuh kita. Jika keseimbangan tubuh kita tercapai maka kita menjadi fit dan tidak akan mudah terserang penyakit. Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bertindak sebagai “basa” untuk tubuh kita.

Makanan dan minuman itu bisa kita dapatkan dari olahan lidah buaya, seperti salah satunya adalah jus lidah buaya. Oleh karena itu jika ingin mendapatkan keseimbangan tubuh dan menjadi fit setiap hari maka jangan lupa untuk mengkonsumsi jus lidah buaya. Supaya lebih enak maka kita bisa menambahkan madu dan juga tambahan beberapa es batu supaya jus lidah buaya yang kita minum menjadi lebih segar.

Lidah Buaya Mencegah Sel Kanker

  1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Mungkin kalian jarang mengetahui fakta yang satu ini, namun salah satu manfaat terpenting dari lidah buaya adalah bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal yang satu ini bukan hanya wacana saja, melainkan merupakan salah satu bukti dari berbagai macam penelitian. Pada tahun 1995, International Pharmacology mengadakan beberapa penelitian mengenai lidah buaya.

Setelah berhasil melakukannya mereka berkata jika ternyata lidah buaya mengandung beberapa makrofag penting yang berperan sebagai anti tumor dan penghambat tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Namun para ahli mengatakan jika penggunaannya harus diiringi dengan kombinasi lain seperti misalnya terapi vitamin C. Konsultasikan kepada dokter jika ingin menggunakan lidah buaya sebagai anti tumor supaya tahu lebih mendalam.

Menurunkan Gula Darah Secara Alami dengan Lidah Buaya

  1. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat terakhir yang bisa kita dapatkan dari lidah buaya adalah lidah buaya ternyata bisa menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh kita. Hasil penelitian yang diadakan di beberapa negara mengungkapkan jika ternyata lidah buaya ini sangatlah efektif untuk pengobatan penyakit diabetes.

Dengan mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung lidah buaya kita akan mendapatkan efek untuk kesehatan yang baik yaitu bisa menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu tidak ada salahnya banyak konsumsi lidah buaya karena bisa menjadikan kadar gula darah kita menjadi normal. Sehingga kita tidak perlu khawatir terkena penyakit diabetes!

Itu dia beberapa informasi terkait manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Semoga artikel yang kami sampaikan ini bermanfaat bagi kalian semua, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ya. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?