Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan
@hanhanny

Siapa yang tidak tahu daun sirih? Daun sirih merupakan tanaman berdaun lebar yang memiliki warna hijau tua. Ada juga yang berwarna merah yaitu jenis daun sirih merah. Daun sirih yang memiliki bau khas ini ternyata sejak zaman dulu digunakan untuk berbagai macam penyembuhan, bisa dibilang sejak zaman dahulu daun sirih ini di pilih sebagai herbal.

Karena sekarang ini penyakit semakin banyak berkembang maka kali ini kami akan memberikan beberapa informasi kepada kalian semua mengenai beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan. Keuntungan yang diberikan daun sirih ini sangat banyak ya, selain bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Daun sirih ini bisa ditemukan dengan sangat mudah. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya :

Menangkal Radikal Bebas dengan Daun Sirih

  1. Mencegah radikal bebas

Daun berwarna hijau yang khas ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalam daun sirih, daun sirih ini juga bisa mencegah radikal bebas. Sehingga kita tidak perlu khawatir akan mudah sakit ya, daun sirih ini bisa mencegah radikal bebas sehingga juga bisa mencegah tumbuhnya sel kanker ditubuh kita. Jika ingin bebas dari radikal bebas maka kita bisa mengkonsumsi daun sirih ini dengan cara merebusnya ya, kita bisa minum air rebusan daun sirih ini setiap pagi hari sebelum makan. Sangat mudah bukan caranya?

Daun Sirih sebagai Obat Diabetes

  1. Mengontrol penderita diabetes

Apakah kalian seorang penderita diabetes atau mungkin kalian memiliki keluarga yang memiliki riwayat diabetes. Tenang saja karena ternyata daun sirih juga memiliki manfaat untuk mengontrol penderita diabetes. Kandungan di dalam daun sirih ini sangat banyak sekali, salah satunya adalah kandungan vitamin C dan kandungan riboflavin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Daun sirih ternyata juga baik untuk mengontrol tekanan gula dalam darah. Sehingga bagi kalian yang punya keluarga memiliki riwayat terkena diabetes maka bisa menggunakan daun sirih ini sebagai pengontrol dan pencegah diabetes ya! Caranya sama dengan nomor satu tadi, hanya dengan minum rebusan air daun sirih saja kok! Mudah bukan?

manfaat rebusan daun sirih untuk miss v

  1. Menjaga kesehatan organ kewanitaan

Manfaat dari daun sirih yang ketiga adalah daun sirih memiliki berbagai kandungan alami yang bisa digunakan kaum wanita untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan. Daun sirih bisa menghilangkan bau tak sedap pada organ kewanitaan dan juga bisa mengatasi keputihan. Oleh karena itu para kaum wanita wajib memanfaatkan daun sirih untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan.

Caranya pun juga sangat mudah ya, ambil beberapa lembar daun sirih. Mungkin sebanyak 10-15 lembar kemudian cuci bersih dan rebus bersama air. Setelah itu basuhkan air rebusan daun sirih tadi pada organ kewanitaan. Jika belum pernah mencobanya maka Anda bisa mencobanya sekarang.

Daun Sirih Obat Bau Mulut

  1. Menghilangkan bau mulut

Daun sirih ternyata bermanfaat bagi kesehatan kita, sejuta manfaat bisa kita dapatkan dari daun sirih. Sebagai manusia tentu saja kita harus menjaga kesehatan kita supaya tetap bisa beraktifitas dengan baik bukan? Selain menjaga kesehatan organ dalam tentu saja kita juga harus menjaga kesehatan organ mulut kita. Karena mulut juga merupakan salah satu organ yang penting.

Mungkin kita seringkali menghadapi satu masalah yaitu bau mulut, dan menjadi tidak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Tenang saja karena sekarang kalian punya solusinya! Daun sirih ternyata bermanfaat untuk menghilangkan bau mulur karena kandungan antiseptik alami yang ada di dalamnya, caranya hanya dengan berkumur menggunakan air rebusan daur sirih yang sudah dingin selama 10-15 detik saja. Bisa kalian buktikan sendiri bagaimana efek setelahnya!

Obat Batuk Mujarab dengan Daun Sirih
@wellnessinmotion
  1. Melegakan batuk

Batuk merupakan salah satu hal yang paling mengganggu, terutama jika sudah musim hujan. Kita akan menjadi mudah terkena virus dan akhirnya jadi mudah terserang flu, batuk, pilek. Dan jika sudah begitu maka kita akan menjadi tidak produktif lagi. Pada umumnya batuk merupakan salah satu penyakit yang mengganggu karena bisa membuat tenggorokan kita menjadi sangat tak nyaman.

Namun tenang saja karena sekarang kita tidak usah lagi membeli obat yang mahal untuk menyembuhkan batuk karena ada obat alami herbal yang bisa melegakan batuk di tenggorokan kita. Kita bisa menggunakan daun sirih yang mengandung antibiotik untuk melegakan batuk. Caranya hanya dengan merebus dan meminum air rebusan daun sirih, jika agak tidak suka rasanya bisa mencampurnya dengan gula jawa atau madu supaya agak manis rasanya.

Daun Sirih Obat Susah Buang Air Kecil

  1. Mengatasi masalah buang air kecil

Terkadang kita juga mengalami yang namanya masalah buang air kecil. Jika kalian salah satu dari orang yang sekarang ini mengalami masalah buang air kecil maka daun sirih merupakan salah satu solusinya. Daun sirih terbukti bisa mengatasi masalah buang air kecil seperti misalnya intensitas air kencing yang sedikit atau yang terhambat.

Caranya juga sangat mudah untuk dilakukan di rumah, kita hanya perlu untuk merebus beberapa daun sirih bersama air kemudian meminum ramuan itu setiap hari sekali sampai masalah dengan buang air kecil itu benar-benar menghilang. Daun sirih bisa menjadi solusi pada masalah ini karena daun sirih juga bisa bertindak sebagai diuretik alami yang bisa membantu pengeluaran air kencing yang mungkin selama ini terhambat.

Daun Sirih Obat Radang Tenggorokan

  1. Mengatasi radang tenggorokan

Daun sirih tidak hanya bisa digunakan untuk melegakan tenggorokan saja, daun sirih ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan. Jika kalian sedang mengalami radang tenggorokan, minum obat apapun namun belum ada perkembangan maka kalian bisa mencoba untuk mengatasinya dengan daun sirih.

Daun sirih ini ternyata terbukti bisa mengatasi masalah radang tenggorokan, caranya sangat simpel dan mudah untuk di praktekan di rumah. Anda hanya perlu merebus sekitar 4 hingga 5 lembar daun sirih bersama 2 gelas air putih. Rebus hingga tersisa setengahnya kemudian minum selagi hangat secara rutin sebanyak 2-3 kali per harinya. Jika kita rutin melakukan ini maka radang tenggorokan yang selama ini mengganggu kita bisa cepat pulih.

Daun Sirih Obat Mata Merah

  1. Mengatasi iritasi dan sakit mata

Tidak hanya bisa dikonsumsi saja, daun sirih ini ternyata juga memiliki beragam manfaat yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada mata kita. Seperti yang kita ketahui, daun sirih ini memiliki kandungan anitseptik yang dapat meredakan berbagai masalah kesehatan. Kelebihan itu bisa kita manfaatkan untuk mengatasi iritasi dan sakit mata, caranya sangat mudah ya.

Rebus 2 lembar daun sirih bersama 1 gelas air hingga mendidih, jika sudah tunggu hingga air rebusan benar-benar menjadi dingin kemudian jadikan sebagai obat tetes atau kita bisa meletakkan air rebusan di scop kecil dan bisa merendam mata kita di dalam scop itu beberapa kali. Dijamin pasti sakit mata dan iritasi mata cepat sembuh!

Itu dia infromasi bermanfaat dari kami mengenai beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan yang bisa diaplikasikan dengan mudah di rumah sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan semoga sehat selalu ya!