Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan tentu saja kita selalu menginginkan bayi yang ada di dalam kandungan selalu sehat. Sekarang ini banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kesehatan bayi dan juga tubuh kita selama masa kehamilan. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi herbal, sekarang ini banyak sekali macam herbal atau sayuran yang bisa kita dapatkan manfaatnya untuk menjaga kesehatan.

Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Hamil

manfaat daun kelor untuk ibu menyusui
manfaat daun kelor untuk ibu menyusui

Apakah bunda tahu daun kelor? Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang bisa kita temukan di pekarangan rumah atau di kebun dengan mudah, namun banyak sekali yang meremehkan daun kelor dan menganggap daun kelor sebagai tanaman liar. Daun yang bernama Moringa Olieferaini ternyata bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas mengenai manfaat daun kelor untuk ibu hamil. Berikut adalah informasinya :

Kandungan gizi di dalam daun kelor

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat dari daun kelor maka tidak ada salahnya sebelumnya kita mengetahui apa saja kandungan gizi di dalam daun kelor sehingga kita bisa tahu apa saja gizinya dan bermanfaat atau tidak. Berikut adalah beberapa vitamin dan mineral yang bisa kita temukan di dalam daun kelor :

Di dalam setiap 21 gram daun kelor, kita bisa menemukan kandungan sebagai berikut :

  • Sekitar 19% kandungan vitamin B6
  • Sekitar 11% kandungan zat besi
  • Sekitar 12% kandungan vitamin C (lebih banyak dari kandungan vit C dalam buah jeruk)
  • Sekitar 8% kandungan magnesium
  • Sekitar 11% kandungan vitamin B2
  • Pottasium (lebih tinggi ketimbang kandungan Pottasium di dalam pisang)
  • Kandungan antioksidan yang tinggi
  • Vitamin A

Manfaat daun kelor untuk ibu hamil

Setelah mengetahui apa saja kandungan gizi yang ada di dalam daun kelor, kali ini saatnya bunda tahu mengenai apa saja manfaat dari daun kelor untuk ibu hamil sehingga bunda bisa memanfaatkan daun kelor untuk menjaga kandungan bunda. Ini dia manfaat yang bisa kita rasakan :

  1. Mengatasi insomnia

Manfaat pertama yang bisa diberikan daun kelor kepada ibu hamil adalah bisa mengatasi insomnia. Menurut beberapa studi yang dilakukan, ternyata sejumlah kandungan di dalam daun kelor terbukti bisa mengatasi insomnia yang bunda alami selama masa kehamilan. Jadi jika bunda merasa tidak bisa tidur maka bunda bisa mengkonsumsi daun kelor, sekarang ini banyak sekali olahan camilan yang menggunakan bahan daun kelor.

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Seperti yang sudah bunda baca di atas jika di dalam daun kelor juga terkandung vitamin A. Vitamin A seperti yang sudah kita ketahui bermanfaat untuk menjaga mata kita supaya tetap sehat, jika Anda menginginkan memiliki mata yang sehat maka bunda bisa mengkonsumsi daun kelor sebagai alternatifnya. Bahkan menurut beberapa penelitian, kandungan vitamin A yang ada di dalam daun kelor itu lebih banyak 3 kali lipat daripada kandungan vitamin A yang ada di dalam wortel. Selain baik untuk pengelihatan kita, kandungan vitamin A di dalam daun kelor ini juga baik untuk pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan kita.

  1. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi mungkin sering menjadi momok menakutkan terutama bagi ibu yang sedang mengandung saat ini. Hipertensi bisa membawa beberapa resiko penyakit seperti misalnya serangan jantung dan juga stroke, oleh karena itu tekanan darah tinggi tidak bisa dianggap hal yang sepele dan harus segera di atasi. Bagi bunda yang menginginkan memiliki tekanan darah yang normal maka bunda bisa memanfaatkan daun kelor saja, bunda bisa menggunakan daun kelor sebagai bahan untuk dibuat sup atau bisa meminum rebusan dari daun kelor.

  1. Melancarkan ASI

Tidak hanya selama masa kehamilan saja ya bunda, daun kelor ternyata juga bisa membawa manfaat setelah bunda melahirkan. Mungkin ada bunda yang sekarang sedang hamil namun juga masih dalam rangka menyusui. Nah jika bunda sekarang ini berada dalam posisi seperti itu maka bunda bisa memanfaatkan daun kelor, karena terbukti jika daun kelor itu bisa membuat ASI yang menjadi bahan makanan utama bayi menjadi lebih banyak produksinya. Bagi bunda yang produksi ASInya mungkin sedikit maka bunda bisa menggunakan daun kelor, karena daun kelor dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI. Selain itu daun kelor juga sangat bermanfaat bagi kandungan Anda bukan?

  1. Mengatasi anemia

Seperti yang kita sudah baca di atas jika di dalam daun kelor sendiri ditemukan kandungan zat besi yang lumayan tinggi. Bahkan diyakini daun kelor ini memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi daripada kandungan zat besi yang ada di dalam kacang almond. Kandungan zat besi yang ada di dalam daun kelor itu bisa membantu kita untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Karena ketika zat besi masuk ke dalam tubuh lebih banyak maka bisa membantu tubuh kita untuk memproduksi darah lebih banyak. Jadi bagi Anda yang memiliki anemia selama masa kehamilan tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi produk olahan yang ada daun kelornya.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat dari daun kelor untuk ibu hamil yang keenam adalah bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Seperti yang kita ketahui di atas jika di dalam daun kelor ternyata banyak sekali kandungan vitamin, mineral yang sudah kita sebutkan di atas tadi. Daun kelor ternyata juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan juga memiliki kandungan asam amino yang bisa membantu untuk meningkatkan sistem imun tubuh ketika bunda masih berada dalam masa kehamilan, jika sistem imun tubuh maka bunda tak akan mudah terserang penyakit maupun tidak akan ada virus yang bisa menyerang kekebalan tubuh bunda.

  1. Baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi

Di dalam daun kelor ternyata juga terkandung kalsium yang bisa membantu pertumbuhan tulang dan juga giginya. Selama masa kehamilan bunda membutuhkan asupan kalsium yang cukup, bunda bisa memanfaatkan daun kelor untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan juga gigi pada bayi. Bunda bisa memanfaatkan bubuk daun kelor yang bisa dibuat sendiri di rumah. Caranya sangatlah mudah bunda, bunda hanya perlu menyiapkan daun kelor kemudian jemur hingga kering dan tumbuk daun kelor sampai halus menyerupai bubuk. Jika sudah bunda bisa mencampurnya ke dalam berbagai makanan.

Itu dia bunda informasi penting mengenai daun kelor yaitu manfaat daun kelor untuk ibu hamil. Untuk takarannya, maka bunda bisa berkonsultasi dahulu kepada dokter atau ahli gizi sehingga bunda mengetahui takaran yang pas konsumsi daun kelor setiap harinya karena jika berlebihan mungkin akan ada beberapa efeknya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bunda dan kesehatan bayi bunda!