Manfaat Coklat Bagi Tubuh dan Kesehatan

Manfaat Coklat Bagi Tubuh dan Kesehatan – Coklat identik dengan makanan yang digemari oleh anak-anak selain permen. Namun perlu kita ketahui, coklat memiliki berbagai manfaat bagi orang dewasa. Banyak studi yang melakukan kajian terhadap manfaat coklat dan hasilnya sungguh luar biasa. Berikut kami rangkumkan berbagai Manfaat Coklat Bagi Tubuh dan Kesehatan yang kami himpun dari berbagai sumber.

Manfaat Coklat Bagi Tubuh dan Kesehatan

Sebagai Antioksidan

Menurut penelitian oleh American Academy for the Advancement of Science coklat memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Flavonoid ini berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas yang berpotensi membahayakan tubuh kita. Misal dari 150 gram cokelat hitam, kurang lebih 800 mg antioksidan akan diserap ke tubuh dan dapat membantu perlambatan oksidasi asam-asam lemak tak jenuh.

Mencegah Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah Hingga Penyakit Stroke

Penelitian lain di Yunani menyatakan bahwa coklat hitam mampu memperbaiki pembuluh darah dan efek negatif yang diakibatkan zat radikal bebas melalui proses oksidasi. Tak berlebihan rasanya menganggap coklat hitam sebagai pencegah penyakit jantung. Journal of Hypertension juga menyebutkan bahwa cokelat mampu mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah. Bahkan penelitian lain oleh British Medical Journal menyatakan bahwa orang yang rajin makan coklat memiliki resiko penyakit jantung dan stroke yang lebih kecil.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Manfaat coklat yang lain ialah dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik. Dengan mengonsumsi secara teratur tekanan darah menjadi lebih stabil dan dapat meningkatkan fungsi kognitif dengan meningkatkan aliran darah ke otak.Manfaat Coklat Hitam Bagi Tubuh dan Kesehatan

Memberikan Efek Tenang

Coklat hitam mengandung zat Teobromin yang memberikan rasa enak dalam coklat. Zat ini mampu menghasilkan efek menenangkan otot dari jaringan otot halus. Kandungan triptofan yang ada pada coklat dapat membantu tubuh meningkatkan produksi serotonin, senyawa kimia saraf di otak yang dapat menghasilkan sensasi menenangkan.

Mengubah Suasana Hati Menjadi Senang

Selain memberikan efek tenang manfaat coklat lain ialah dapat meningkatkan mood. Jadi ketika anda sedang merasa bad mood makan coklat akan membuat anda lebih rileks dan merasa lebih senang sehingga lebih semangat lagi untuk kembali beraktifitas. Hal ini dikarenakan coklat mampu meningkatkan endofrin yang memberikan efek senang.

Aman Untuk Diet

Perlu kita ketahui bersama, coklat sebenarnya rendah lemak sehingga aman bagi anda yang sedang diet. Tetapi yang perlu dicermati ialah berbagai bahan tambahan di dalamnya. Coklat yang banyak mengandung gula jelas akan merusak program diet anda. Pilihlah coklat hitam yang memiliki kadar gula rendah. Meski rasanya agak pahit tetapi lebih aman mengkonsumsinya bahkan lebih kaya akan manfaat.

Tidak semua coklat memberikan manfaat bagi kita. Coklat hitam (dark chocolate) yang biasanya berasa lebih pahit justru memberikan manfaat lebih banyak daripada coklat yang berasa manis yang memiliki kadar lemak dan gula tinggi. Jadi kita harus lebih selektif lagi memilih coklat agar tidak salah. Bukannya manfaat coklat yang didapat malah penyakit yang berdatangan.

Demikianlah tadi beberapa manfaat coklat bagi kesehatan yang dapat kami himpun dan bagikan, semoga ulasan tentang Manfaat Coklat Bagi Tubuh dan Kesehatan ini dapat bermanfaat bagi anda.