Jangan Sepelekan Berikut Makanan Yang Melawan Infeksi Secara Alami

Jangan Sepelekan Berikut Makanan Yang Melawan Infeksi Secara Alami

zat makanan untuk mencegah terjadinya infeksi
zat makanan untuk mencegah terjadinya infeksi

Kesehatan adalah kekayaan! Pernyataan ini sangat benar bila Anda mempertimbangkan kenaikan harga obat-obatan, biaya dokter dan biaya operasi.Untuk membuat diri Anda sehat sekaligus kaya, satu aspek penting yang tidak boleh Anda lupakan adalah diet Anda. Diet yang terencana dapat membuat tubuh dan pikiran Anda sehat dalam jangka panjang.Selalu berikan prioritas pada apa yang Anda makan sebelum tubuh Anda menderita.Tubuh Anda bekerja sangat keras untuk terus melawan bakteri, kuman dan virus yang mungkin Anda alami dengan berbagai cara.

Apakah Anda menderita serangan flu biasa, semacam infeksi kulit atau perut yang sakit, mikroba berbahaya dapat membahayakan imunitas Anda dan membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap masalah kesehatan.Tapi dengan memilih makanan yang tepat, Anda bisa membantu tubuh Anda mempertahankan diri melawan mikroba berbahaya dan melawan infeksi secara alami. Ada banyak makanan yang melawan penyakit yang seharusnya ada di dapur setiap orang dan dimakan setiap hari atau teratur.

Makanan yang melawan infeksi

Berikut adalah 10 makanan terbaik yang benar-benar melawan penyakit dan infeksi secara alami.

  1. Jahe untuk Flu Perut

Memiliki flu perut adalah pengalaman yang sangat tidak menyenangkan, karena menyebabkan berbagai gejala yang meliputi sakit perut, diare, mual, sakit kepala, nyeri tubuh, kram perut, demam ringan, kelelahan dan muntah.Seseorang menderita flu perut akibat tertular infeksi virus. Keempat virus umum yang biasanya menyebabkan masalah ini adalah adenovirus, astrovirus, calicivirus dan rotavirus.

Untuk mengobati flu perut, jahe sangat efektif. Karena sifat antiinflamasi alami, jahe mengurangi peradangan di saluran cerna. Selain itu, sebagai antiviral alami, jahe membantu melawan virus yang menyebabkan flu.

  • Minum teh jahe 2 atau 3 kali sehari . Untuk membuat teh, parut jahe segar 1 inci dan rebus di sekitar 1½ gelas air, lalu didihkan selama 5 sampai 10 menit. Saring, tambahkan madu dan jus lemon secukupnya, lalu diminum.

Anda juga bisa mengunyah sepotong kecil akar jahe segar beberapa kali sehari atau minum kapsul jahe, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

  1. Bawang putih untuk Infeksi Candida

Infeksi Candida dapat mempengaruhi kulit, mulut, saluran kemih dan vagina. Hal ini dapat menyebabkan sariawan, infeksi kulit atau infeksi jamur pada wanita, tergantung pada dimana ada pertumbuhan berlebih dari ragi. Infeksi candida dapat menyebabkan gejala seperti gatal dan kemerahan.

Untuk melawannya, bawang putih sangat efektif. Ini berisi beberapa komponen yang membantu melawan pertumbuhan berlemak Candida dan juga melindungi terhadap infeksi ragi dan jamur.Ini juga memiliki sifat antibakteri dan antibiotik yang berperan penting dalam proses pemulihan.

Untuk infeksi kulit, oleskan jus bawang putih atau oli pada kulit yang terkena selama 10 menit, lalu bilas. Ulangi 2 atau 3 tmes sehari. Saat berhadapan dengan sariawan oral, oleskan pasta bawang putih (bawang putih cincang) ke daerah mulut yang terkena.Sertakan bawang putih segar dan mentah dalam makanan Anda. Sebenarnya, Anda harus mengunyah 2 siung bawang putih mentah sehari.

Anda bisa memilih untuk mengambil suplemen bawang putih. Rekomendasi umum adalah 600 sampai 900 mg setiap hari, namun konsultasikan dengan dokter Anda untuk dosis yang sesuai untuk Anda.

  1. Lemon untuk Tenggorokan Sakit

Sakit tenggorokan adalah masalah yang sangat umum dan menyakitkan. Infeksi virus, bakteri atau jamur dapat menyebabkan sakit tenggorokan.Lemon sangat efektif dalam memberikan kelegaan cepat dari sakit tenggorokan dan gejala yang terkait.

Lemon mengandung dua senyawa yang disebut coumarin dan tetrazine, yang keduanya dapat membantu melawan beberapa patogen. Selain itu, tingginya kadar vitamin C dalam lemon bertindak sebagai antioksidan yang memberantas radikal bebas penyebab penyakit di tubuh.

Campur jus dari setengah lemon dan 1 sendok teh madu ke dalam 1 cangkir air hangat. Serap perlahan sepanjang hari.Anda juga bisa berkumur dengan jus lemon segar yang diencerkan dengan air hangat dalam jumlah yang sama.

  1. Yogurt untuk Leukorrhea (Vaginal Discharge)

Leukore, masalah yang sangat umum di kalangan wanita, mengacu pada keputihan yang mungkin terjadi di antara siklus menstruasi. Sementara leukorrhea sering dikaitkan dengan perubahan hormonal dalam tubuh, infeksi vagina juga bisa menyebabkan masalah ini.Bila terkait dengan infeksi vagina, cairannya berwarna kuning atau hijau dan disertai bau busuk.

Untuk leukorrhea, yoghurt sangat efektif. Tapi bukan sembarang yoghurt saja. Mereka yang memiliki “budaya hidup dan aktif” yang tercetak pada label itu efektif. Kultur hidup membantu menjaga pertumbuhan jamur di cek dengan memproduksi asam laktat.

Jasad renik juga membantu memperbaiki fungsi sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga memungkinkan untuk melawan penyakit dan infeksi dengan lebih baik. Karena yogurt adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D, ini akan merangsang respons kekebalan tubuh.Untuk mengobati leukore, celupkan tampon ke yogurt polos dan masukkan ke dalam vagina selama 2 jam. Lakukan ini dua kali sehari. Juga, makan 2 sampai 3 cangkir yogurt polos setiap hari sampai infeksi hilang sama sekali.

  1. Cabe rawit untuk infeksi sinus

Infeksi sinus biasanya terjadi karena virus menyebabkan pembengkakan dan pembengkakan sinus. Jenis infeksi ini sering dipicu oleh flu dan menyebabkan penumpukan lendir, sehingga menghalangi sinus.Infeksi ini dapat menyebabkan banyak ketidaknyamanan, termasuk gejala seperti sakit kepala, nyeri pada wajah, nyeri atau tekanan, sesak napas, sakit tenggorokan, batuk dan demam.

Untuk meringankan gejala infeksi sinus, cabai rawit sangat efektif. Ini membantu membuka dan menguras sinus . Selain itu, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi pembengkakan dan pembengkakan, dan meningkatkan sirkulasi.

Campur 1 sendok teh cabe rawit dalam secangkir air panas. Anda juga bisa menumis beberapa irisan jahe di air panas untuk menambah keefektifan solusinya. Minumlah 2 atau 3 kali sehari.Sebagai alternatif, Anda bisa mengonsumsi campuran 1 sendok teh cabe rawit dan madu beberapa kali sehari.

  1. Cranberries untuk Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kencing (ISK) terjadi saat kandung kemih dan selang keluarnya terinfeksi oleh bakteri. Berurusan dengan ISK tidak mudah, karena ini menyebabkan sering buang air kecil, kesulitan buang air kecil, sensasi terbakar saat kencing, perubahan warna urin, sakit perut, demam, mual dan muntah.

Ketika harus merawat ISK, cranberry sangat membantu. Buah ini mengandung sifat penghambat bakteri yang dapat membantu melawan penyebab infeksi, sehingga mencegah infeksi berulang. Senyawa tertentu dalam cranberry mencegah bakteri mencapai dinding uretra dan menyebabkan ISK.

Minum 2 atau 3 gelas jus cranberry setiap hari untuk mengobati infeksi saluran kemih. Jika Anda tidak menyukai cranberry, Anda bisa mencampur jus dengan jus apel dan meminumnya.

Demikianlah 6 daftar makanan yang bisa secara alami mengatasi dan melawan beberapa jenis infeksi yang menyerang tubuh seseorang, menabjubkan bukan?