Inilah Cara Jitu Mengobati Panu di Wajah

Penyakit panu memang sangat menjengkelkan sekali apalagi jika munculnya di wajah, bisa membuat orang tidak percaya diri. Panu dalam bahasa medis di sebut Tinea Versicolor adalah sejenis penyakit kulit yang umumnya muncul di area wajah berwarna putih. Panu yang muncul ini biasanya disebabkan oleh jamur Malassezia dan akan terasa  sangat gatal. Bercak panu sebenarnya tidak selalu berwarna putih, tetapi bisa juga berwarna coklat, merah, dan hitam tergantung warna kulit si penderita. Panu akan terasa sangat gatal pada orang yang berkeringat, hal ini di picu oleh reaksi jamur di kulit. Bercak-bercak putih yang berada pada kulit akan semakin melebar dan banyak jika panu tidak segera diobati. Ternyata ada beberapa faktor-faktor lainnya yang mampu memicu pertumbuhan jamur malassezia hingga pertumbuhannya menjadi tidak terkendali antara lain faktor hormon remaja atau dewasa, produksi keringat yang berlebihan, faktor jenis kulit yang berminyak, kekebalan tubuh yang menurun, faktor lingkungan yang lembab dan suhu yang panas.

Selain muncul di wajah, panu umumnya juga bisa muncul di area tubuh yang sering berkeringat seperti leher, bagian dada, ketiak, lengan, punggung, lipatan paha, bagian perut serta area punggung tangan. munculnya panu di beberapa daerah tubuh yang telihat ini menjadikan anda tidak percaya diri tehadap penampilan. banyak cara untuk mengobati penyakit panu ini tetapi tidak sedikit juga yang menyebabkan kulit menjadi iritasi dan justru menjadikan kulit menjadi semakin parah. nah berikut ini beberapa obat alami mengobati penyakit panu serta cara mengolahnya :

  1. Kunyit Obat Alami Mengobati Panu di Wajah

Kunyit adalah bahan yang biasa ditemui di tukang jamu namun siapa sangka jika kunyit memiliki khasiat lain yaitu menghilangkan panu, hal ini tidak lepas dari kandungan yang terdapat di dalam kunyit yaitu minyak volatile yang bermanfaat alami sebagai anti inflamasi serta kurkumin dan antioksidan yang mempu secara alami menetralkan kulit dari radikal bebas. nah kombinasi dari kandungan ini yang secara ampuh bisa membunuh jamur penyebab penyakit panu di wajah. lalu bagaimana sih cara pengolahan kunyit sebagai obat dari panu, simak ya :

  • Pertama kupaslah kunyit dan haluskan dengan cara di tumbuk. setelah kunyit sudah halus balurkan keseluruh bagian kulit anda yang terkena panu, ratakan ke seluruh tubuh dan diamkan selama kurang lebih 10 menit setelah kering bilas dengan air bersih.
  • Cara kedua untuk mengolah kunyit menjadi obat panu adalah dengan mengupas kunyit lalu si gosokan langsung ke bagian kulit tubuh yang terkena panu selama 5 menit dan diamkan sampai kering kemudian basuh dan bersihkan.
  1. Menghilangkan Panu di Wajah dengan Bawang putih

Selain sebagai bahan bumbu masakan ternyata bawang putih juga bisa lho anda jadikan untuk obat panu di wajah, karena bawang putih mengandung allicin (sejenis zat aktif biologis yang berfungsi sebagai zat anti bakteri dan antioksidan) yang bisa menghilangkan panu.

Cara pengolahannya :

  • Potong 1 siung bawang putih menjadi dua bagian lalu gosokkan bawang putih tersebut ke bagian panu selama kurang lebih 5 menit. Lakukan pengobatan ini berkala selama 2 kali dalam sehari agar hasil yang didapatkan maksimal. Bawang putih menjadi obat yang sangat mujarab untuk menyembuhkan panu, hanya dalam waktu 1 hari saja panu bisa langsung rontok lho. Namun perlu anda perhatikan jika bawang putih dapat menimbulkan rasa perih. Tahan sedikit rasa perih setelah menggunakan bawang putih ini hingga rasa perihnya menghilang dengan sendirinya. gosokan bawang putih ke kulit hingga memerah dan terasa perih lagi. Diamkan sejenak sampai bakteri jamur benar-benar mati. Bawang putih juga bisa lho sebagai cara menghilangkan panu pada bayi atau balita, tetapi jangan terlalu banyak penggunaanya karena bisa menimbulkan rasa perih.
  1. Mengobati Panu dengan Jeruk Nipis

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengobati panu adalah dengan Jeruk nipis, kenapa memilih jeruk nipis ? karena jeruk nipis ini memiliki kandungan senyawa Flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh dan kuat sehingga mampu melindungi tubuh anda dari radikal bebas. Selain itu juga jeruk nipis mengandung asam sitrat sebagai anti bakteri serta anti jamur yang handal untuk menangkal jamur. Kandungan Vitamin C tinggi dalam jeruk nipis juga bisa membasmi panu.

Cara pemakaiannya :

  • Campurkan jeruk nipis dengan belerang kemudian di tumbuk halus hingga menjadi krim. oleskan krim jeruk nipis tadi pada bagian panu dan diamkan sampai mengering, setelah selesai di bilas menggunakan air hangat.
  1. Belimbing Wuluh Efektif Menyembuhkan Panu Membandel

Belimbing wuluh mengandung bahan glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, serta kalium sitrat yang kesemuanya itu memiliki sifat anti jamur sehingga mampu menghilangkan panu.

  • Cara penggunaanya cukup mudah, siapkan 1 buah belimbing wuluh kemudian anda potong jadi 4 bagian. Usap-usapkan secara merata belimbing wuluh tadi ke bagian yang terkena panu selama kurang lebih 5 menit dan diamkan sampai mengering.
  1. Campuran Lengkuas dan Garam obat Panu

Lengkuas memiliki kandungan senyawa kuersetin, amilum, dan juga flavonoid yang bisa mengatasi bakteri serta jamur. Lengkuas harus dicampur dengan garam agar bisa mengobati panu.

  • Cara pemakaiannya, ambil 1 lengkuas yang sudah dibelah menjadi 2 potong lalu gosokkan pada panu dengan menaburkan sedikit garam dapur pada bagian luar belahan lengkuas tadi, hal ini dilakukan agar jamur penyebab panu rontok secara tuntas. Gosok kulit yang terkena panu sampai kulit memerah dan terasa pedih. Lakukan aktivitas ini sebanyak 3 kali dalam 1 hari agar panu menghilang dengan cepat.