Ingin Tahu Apa Saja Manfaat Mangga untuk Kesehatan?

Ingin Tahu Apa Saja Manfaat Mangga untuk Kesehatan? – Bukan hanya karena memiliki rasa yang manis dan aroma sedap, namun mangga juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Mangga bisa melawan diabetes dan kolesterol, bahkan untuk kanker sekalipun. Manfaat Mangga untuk Kesehatan  ini diperoleh lewat kandungan phemolic dan carotenoid compounds yang bisa melawan beberapa jenis kanker. Selain itu, buah mangga juga bisa menjadikan kulit Anda menjadi lebih indah berseri. Berikut akan kami bagikan untuk anda tentang manfaat lain dari buah ini, diantaranya:

Melawan Kanker

Buah mangga mempunyai kandungan senyawa antioksidan, isoguercitrin, quercetin, astragalin, gallic acid, fisetin, methyl gallate, dan sejumlah enzim penting lainnya yang dapat melawan beberapa macam kanker seperti kanker prostat, leukemia dan juga kanker payudara.

Mengurangi Kolesterol

Pada dasarnya, kolesterol terbagi dua, yaitu kolesterol baik dan juga kolesterol jahat. Nah, ketika kadar kolesterol jahat di dalam tubuh terlalu tinggi, maka akan memicu resiko serangan jantung. Maka dari itu, sebaiknya konsumsilah buah mangga setiap harinya, karena kandungan citamin C, penctin, dan seratnya yang tinggi bisa membantu untuk mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh.

Mengatasi Diabetes

Untuk mengatasi diabetes, Anda harus memanfaatkan bagian daun mangga dengan cara merebusnya. Konsumsilah ari rebusan daun mangga secara rutin sehingga kadar insulin di dalam darah Anda bisa berkurang. Anda juga masih bisa mengkonsumsi bagian dagingnya karena indeks glikemik buah ini sangat rendah sehingga tidak akan berdampak negatif terhadap kadar gula Anda. Sangat perlu untuk dipahami bahwa penderita diabetes sangat disarankan agar mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah.

Mendinginkan Badan

Jika cuaca sedang ekstrim dan membuat suhu tubuh Anda menjadi begitu panas, maka buah mangga bisa membantu untuk menurunkan suhu tubuh tersebut. Konsumsilah jus mangga hijau yang ditambahkan dengan pemanis agar rasanya lebih enak. Minuman ini sangat membantu Anda untuk mengontrol suhu tubuh, terutama saat panas yang ekstrim

Menjaga Sistem Imun

Manfaat mangga untuk kesehatan selanjutnya adalah menjaga sistem imun atau pertahanan di dalam tubuh kita. Semakin bagus sistem pertahanan tubuh Anda, maka semakin kuat pula tubuh Anda untuk menangkal serangan dari bakteri dan virus. Hal ini tentu saja akan berdampak pada kesehatan Anda yang semakin baik pula. Nah, kandungan vitamin A, C, antioksidan, dan beberapa jenis karotenoid di dalam buah mangga akan membantu untuk menguatkan sistem imun tubuh Anda.

Mempercantik Kulit

Kulit yang kusam bisa dicegah lewat buah mangga karena kandungan nutrisinya yang memang sangat dibutuhkan oleh kulit. Untuk wajah, buah mangga bisa mengatasi jerawat dan juga membersihkan pori-pori wajah.

Kesehatan Mata

Konsumsi dari 1 mangkuk mangga sudah memenuhi sekitar 25% dari kebutuhan vitamin A harian Anda. Nah, khusus bagi Anda yang sangat sering berada di depan komputer dan merasakan keluhan seperti mata kering, maka sebaiknya konsumsilah buah mangga. Buah ini bisa mengobati rabun senja, sehingga membuat penglihatan Anda menjadi semakin tajam.

Meningkatkan Libido

Buah mangga juga bisa membantu untuk meningkatkan libido seseorang. Hal ini sangat dimungkinkan berkat kandungan vitamin E di dalamnya yang memang terbukti sangat berbengaruh terhadap sex drive.

Terlepas dari banyaknya manfaat di atas, sangat penting untuk memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan alergi. Khusus bagi Anda yang alergi terhadap latex, sebaiknya lebih berhati-hati karena buah mangga hijau memiliki anacardic acid.

Pastikan pula untuk mencuci buah mangga terlebih dahulu dengan menggunakan cairan pembersih buah dan sayur. Hal ini bertujuan untuk menghindari calcium carbide yang sangat sering digunakan oleh para produsen agar mangga mereka lebih cepat matang. Melihat banyaknya Manfaat Mangga untuk Kesehatan di atas, maka sudah saatnya bagi Anda untuk terbiasa mengkonsumsi buah mangga setiap harinya.