Cara Mengolah Okra Untuk Obat Diabetes

Cara Mengolah Okra Untuk Obat Diabetes

Cara Mengolah Okra Untuk Obat Diabetes
Cara Mengolah Okra Untuk Obat Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai. Penyakit ini menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi insulin atau hormone yang mengatur gula darah yang ada di dalam tubuh. Jika seperti itu maka akan menyebabkan insulin tidak dapat bekerja dengan maksimal dan menyebabkan gula darah di dalam tubuh meningkat. Karena cukup berbahaya, maka diabetes harus segera diobati jika tidak akan menyebabkan resiko yang lebih membahayakan ke depannya. Selain penanganan medis, anda bisa mencoba menggunakan obat-obatan herbal untuk menyembuhkan diabetes. Salah satunya yaitu menggunakan tanaman okra. Tanaman okra merupakan jenis tanaman yang sejenis dengan tanaman kapas dengan khasiatnya yang dapat mengobati diabetes dan menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Apa Itu Tanaman Okra?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tanaman okra merupakan 1 jenis dengan tanaman kapas. Adapun kandungan nutrisi yang ada di dalam tanaman okra antara lain adalah:

  • Energi
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Protein
  • Serat makanan
  • Vitamin B9 (Folat)
  • Vitamin C
  • Magnesium
  • Kalsium

Manfaat Tanaman Okra

Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan jika tanaman okra memiliki manfaat yang baik untuk mengobati diabetes. Tidak hanya dapat mengontrol kadar gula darah yang ada di dalam tubuh namun ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari tanaman okra.

  • Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Kadar serat yang tinggi di dalam tanaman okra bermanfaat baik untuk tubuh. Hanya dengan 8 batang tanaman okra, anda bisa mendapatkan 3 gram serat. Serat tidak hanya baik untuk melancarkan pencernaan, menurunkan tingkat nafsu makan, dan berkhasiat bagi anda yang sedang diet. Selain itu kandungan serat yang tinggi juga di butuhkan bagi penderita diabetes untuk dapat meningkatkan sensitivitas insulin serta mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

  • Menangkal Stress Yang Efektif

Penelitian lainnya menunjukkan jika ekstrak biji okra memiliki kandungan antioksidan di dalamnya yang berfungsi sebagai anti stress. Mengontrol stress dengan baik juga dibutuhkan bagi penderita diabetes. Tingkat stress yang tinggi dan berlangsung dalam jangka wajtu lama dapat menyebabkan kadar gula darah di dalam tubuh meningkat. Untuk itulah kesehatan mental memang sudah harus diperhatikan bagi penderita diabetes agar tidak semakin memperburuk kondisi kesehatan.

  • Menurunkan Kadar Kolestrol Di Dalam Tubuh

Tanaman okra juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol yang ada di dalam tubuh. Kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes karena efektif menurunkan kolestrol di dalam tubuh. Umumnya penderita diabetes memiliki kadar kolestrol yang sangat tinggi. Sehingga dapat memperburuk kesehatan bagi penderita diabetes. Untuk itulah penderita diabetes juga harus selalu memastikan jika kadar kolestrol di dalam tubuh normal.

  • Memulihkan Kondisi Tubuh

Sayuran hijau memang terbukti ampuh untuk memulihkan kembali rasa lelah yang dirasakan tubuh. Sehingga anda bisa menjadikan tanaman okra ini sebagai salah satu menu yang baik untuk dikonsumsi ketika kondisi sedang lelah dan letih. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi tanaman okra akan membantu untuk mengurangi gejala-gejala awal saat terkena diabetes dan tentunya akan baik untuk pengobatan diabetes.

  • Sumber Serat Larut

Serat larut akan sangat baik untuk orang yang menderita diabetes. Serat larut memiliki peran yang penting dalam proses pencernaan karbohidrat. Kandungan serat larutnya dapat memperlambat pencernaan di dalam tubuh sehingga secara tidak langsung mengurangi efek karbohidrat yang dapat meningkatkan gula darah di dalam tubuh.

Cara Mengolah Okra

Untuk mengolah okra menjadi obat diabetes, anda bisa mencoba cara-cara di bawah  ini:

  • Diolah Menjadi Ramuan

Anda bisa mengolah tanaman okra untuk dijadikan sebagai ramuan herbal yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Berikut ini cara mengolah tanaman okra sebagai ramuan herbal alami.

    • Siapkan 2-3 tanaman okra dan kemudian cuci bersih
    • Iris tipis-tipis seperti halnya mengiris cabai
    • Nanti akan keluar getah putih namun anda jangan membersihkan getah tersebut. Hal ini karena getah dari tanaman okra itu lah yang memiliki manfaat untuk mengontrol kadar gula darah yang ada di dalam tubuh
    • Masukkan irisan okra tersebut ke dalam 1 gelas air putih dan biarkan hingga 1 malam agar sari-sari di dalam tanaman ikra dapat larut
    • Jangan lupa tutup agar tidak terkontaminasi debu, kotoran, maupun binatang yang masuk ke dalamnya
    • Keesokan paginya anda bisa menyaring air rendaman tersebut dan konsumsi sebelum makan pagi
    • Lakukan cara ini selama 1 minggu secara rutin, 2 kali sehari pada pagi dan sore hari
    • Setelah itu anda bisa mengecek kembali kadar gula darah anda untuk mengetahui hasilnya
  • Dijadikan Tumis Sayur

Cara pengolahan okra yang biasanya umum dilakukan adalah mengolahnya menjadi tumis sayuran. Sayur ini baik dikonsumsi karena kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk melancarkan pencernaan. Di bagian Negara-negara Timur Tengah, biasanya tanaman okra diolah bersamaan dengan daging. Sedangkan di Pakistan dan India mengolah okra dengan cara dimasak kare. Untuk di Negara Malaysia, okra dimasak dengan campuran tahu dan sering dinamakan tong tau foo. Dan masih banyak olahan lainnya. Anda bisa mencoba tumis sayuran tanaman okra untuk menu makanan-makanan sehari.

  • Mengolah Bubuk Biji dan Kulit Okra

Cara lainnya untuk mengolah tanaman okra dapat dilakukan dengan metode yang tradisional dan mudah dilakukan. Anda bisa mencoba memarut tanaman okra untuk mendapatkan khasiat medisnya. Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi tanaman okra dengan mengkonsumsi bubu biji tanaman okra yang dapat anda beli sekarang di beberapa toko-toko makanan sehat.

  • Menggoreng Okra

Cara lainnya untuk mengolah tanaman okra untuk obat diabetes dapat anda lakukan dengan cara menggorengnya atau mengolahnya menjadi gumbo. Namun untuk menghindari kolestrol, anda bisa mencoba menggunakan minyak olive oil. Anda cukup menggoreng okra ke dalam minyak olive oil dan konsumsi secara rutin.

Tidak Semua Penderita Diabetes Boleh mengkonsumsi Okra

Meskipun tanaman okra baik untuk diabetes, namun nyatanya tak semua penderita diabetes diperbolehkan untuk mengkonsumsi obat herbal yang satu ini. Untuk itu akan lebih baik untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter. Jika diperbolehkan maka mungkin anda bisa mengkonsumsi sayuran tanaman okra dengan seizing dokter. Namun penting pula untuk anda ketahui jika tanaman okra tidak dapat menggantikan fungsi insulin untuk pengobatan medis. Sehingga anda tetap membutuhkan suntikan insulin untuk mengobati diabetes anda.

Terdapat sebuah penelitian yang menjelaskan jika tanaman okra dapat menghambat proses penyerapan metformin yang mana menjadi salah satu obat yang sering dikonsumsi penderita diabetes. Sehingga jika anda sedang mengkonsumsi jenis obat metmorfin, maka tanaman okra bukanlah pilihan tepat untuk anda konsumsi. Nah itu tadi manfaat serta cara mengolah okra untuk obat diabetes. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.