Bahaya konsumsi obat berlebihan

Bahaya konsumsi obat berlebihan
Bahaya konsumsi obat berlebihan

Siapa sih yang tidak pernah sakit? Semua orang tentu saja pernah merasakan sakit, entah itu sakit yang mungkin bisa sembuh dalam beberapa hari saja atau mungkin sakit yang agak parah. Tentu saja terkadang kita setiap harinya mengalami gangguan kesehatan seperti misalnya sakit kepala, sakit gigi, demam, flu dan akhirnya minum obat karena praktis.

Minum obat memang bisa menyembuhkan penyakit dengan cepat, tapi apakah kita tahu jika konsumsi obat yang biasa kita beli di toko secara rutin dan berlebihan itu bisa berdampak bagi kesehatan? Kali ini kami akan membahas bahaya konsumsi obat berlebihan. Berikut ulasannya!

  1. Komplikasi
Komplikasi penyakit akibat konsumsi obat berlebihan
Komplikasi penyakit akibat konsumsi obat berlebihan

Ketika kita sakit mungkin yang selalu diambil adalah obat yang sudah kita beli di apotek atau mungkin di toko obat. Walau sebenarnya kita mengetahui beberapa resep herbal yang bisa mengatasi masalah itu namun tetap saja kita enggan untuk melakukannya karena menurut kita hal itu sangat ribet. Namun apakah Anda tahu jika konsumsi obat dapat mengakibatkan kita mengalami komplikasi? Komplikasi sendiri merupakan gabungan dari beberapa kerusakan yang dialami organ tubuh manusia.

Jika kita mengkonsumsi beberapa jenis obat sekaligus dan tidak mengimbangi dengan gaya hidup yang sehat maka kita bisa mengalami komplikasi ya. Karena menurut beberapa penelitian, jika kita mengkonsumsi obat secara berlebihan maka bisa menyebabkan satu organ rusak dan mungkin akan menganggu sistem metabolisme sehingga bisa menganggu organ lainnya. Jadi kalau mau aman konsumsi obat secara wajar saja ya!

  1. Kerusakan Jantung
Konsumsi obat berlebih dapat merusak jantung
Konsumsi obat berlebih dapat merusak jantung

Bahaya atau resiko kedua yang bisa kita alami adalah kerusakan pada jantung. Ketika mengkonsumsi obat sebaiknya terlebih dahulu kita perhatikan apakah obat itu aman untuk kita dan memang bisa dikonsumsi jangka panjang? Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh manusia, jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Darah kita menerima semua aliran darah dari organ yang lainnnya, entah itu darah kotor maupun darah bersih.

Beberapa obat misalnya saja obat untuk menguatkan jantung seperti digoksin dan obat hipertensi atau obat diuretik itu dapat menurunkan fungsi jantung kita nantinya. Ketika menginjak usia senja mungkin kita akan beresiko mengalami angina pektoris, sritmia, infark pada jantung, dan bahkan gagal jantung. Jadi konsumsi saja obat-obatan yang memang dibutuhkan dan sudah aman dosisnya.

  1. Kerusakan pada Ginjal
Konsumsi obat-obatan dapat merusak ginjal
Konsumsi obat-obatan dapat merusak ginjal

Bahaya konsumsi obat berlebihan yang bisa kita alami selanjtunya adalah kerusakan pada ginjal. Seperti yang kita semua ketahui jika ginjal merupakan organ yang sangat penting karena bertindak sebagai penyaring darah, semua obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh juga diangkut di dalam darah. Darah kotor dari hasil metabolisme ini membawa sisa-sisa dari obat dan nantinya akan disaring juga oleh ginjal.

Racun atau sisa obat itu bisa mengendap di ginjal dan bisa menyebabkan berbagai masalah yang menyerang ginjal seperi misalnya kerusakan pada ginjal, batu ginjal, dan gagal ginjal. Untuk Anda yang masih sering konsumsi obat secara sering hanya karena sakit kepala atau lainnya mulai dari sekarang agak kurangi jika tidak terlalu parah sakitnya. Dan imbangi juga dengan minum air putih yang cukup.

  1. Gangguan Saraf Akut
Gangguan saraf akut karena konsumsi obat-obatan berlebihan
Gangguan saraf akut karena konsumsi obat-obatan berlebihan

Tidak hanya organ tubuh saja nih, ternyata konsumsi obat secara berlebihan juga bisa mempengaruhi saraf manusia. Jika kita mengkonsumsi obat secara tidak wajar maka bisa menyebabkan beberapa gangguan saraf ketika usia kita sudah senja. Gangguan itu bisa berupa mati rasa pada beberapa bagian tubuh, stroke, kelumpuhan, tremor.

Terutama bagi orang yang mengkonsumsi obat seoerti antihipertensi dan obat kardiovaskuler. Pengguna obat yang sifatnya psikotropik juga bisa mengalami gangguan saraf akut, salah satu efek yang paling fatal dari konsumsi obat berlebihan adalah sum sum tulang belakang yang gagal memproduksi sel darah merah sehingga bisa menyebabkan kematian.

  1. Insomnia
Konsumsi obat berlebih menyebabkan insomnia
Konsumsi obat berlebih menyebabkan insomnia

Mungkin banyak sekali orang yang mengalami insomnia dan memiliki kesulitan tidur itu karenaberbagai macam faktor. Akhirnya banyak orang yang menggunakan obat-obatan seperti steroid sehingga pola tidur mereka menjadi tidak teratur. Banyak orang yang akhirnya memilih untuk mengkonsumsi obat tidur tertentu namun akhirnya malah mengalami kesulitan tidur, tidak hanya itu banyak orang yang mengeluh mengalami jantung yang berdebar dan dada mereka menjadi sesak ketika tidur.

Tidur bukannya semakin teratasi malah Anda mengalami insomnia. Oleh karena itu jika Anda mengalami insomnia sejak awal sebaiknya konsultasikan kepada dokter atau psikiater saja.

  1. Merusak beberapa indera
Merusak beberapa indera
Merusak beberapa indera

Dari beberapa bahaya yang sudah kita sebutkan di atas, bukankah ternyata minum obat berlebihan itu bisa menyebabkan beberapa bahaya. Dari bahaya-bahaya yang ada di atas, ternyata minum obat secara berlebihan juga bisa menyebabkan indera menjadi rusak. Jika kita sering mengkonsumsi obat secara berlebihan dan ngawur penggunaanya tidak hanya resiko mengalami kerusakan organ ginjal dan jantung saja ya. Kita juga bisa meningkatkan resiko mengalami kerusakan panca indera.

Minum obat secara berlebihan bisa mempengaruhi kuling, telinga, hidung, lidah, dan juga mulut. Kita mungkin akan mengalami beberapa gejala seperti kulit yang muncul ruam, mati rasa, sulit mendengar, pandangan jadi kabur, katarak, bahkan mungkin juga mengalami ketulian.

  1. Infeksi
Kelebihan mengkonsumsi obat juga dapat membuat infeksi
Kelebihan mengkonsumsi obat juga dapat membuat infeksi

Bahaya yang ketujuh adalah kita bisa mengalami infeksi. Menggunakan beberapa obat berbeda dalam waktu tertentu juga bisa memicu tumbulnya beberapa infeksi pada tubuh kita. Terutama jika kita menggunakan obat seperti misalnya vaksin ataupun antibiotik yang diproses menggunakan bioteknologi modern.

Obat-obat seperti itu pada dasarnya dibuat dari bakteri yang kemudian melalui prosesi panjang yang jika digunakan dalam jangka panjang dan tidak sesuai aturan maka bisa saja berbahaya bagi tubuh kita. Resisten sampai infeksi itu malah bahayanya bisa menyerang tubuh kita. Oleh karena itu jika ingin menggunakan infeksi maka sebisa mungkin konsultasikan kepada dokter saja.

  1. Sistem imun tubuh menurun
Kerusakan sistem imun tubuh akibat obat berlebih
Kerusakan sistem imun tubuh akibat obat berlebih

Bahaya yang terakhir yang bisa ditimbulkan jika kita mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang dan berlebihan maka sistem imun di dalam tubuh kita bisa malah menurun. Sejak awal dikatakan jika sebenarnya obat itu adalah racun. Mungkin banyak dari kita yang tidak percaya jika obat bisa merusak sistem tubuh kita.

Ampas yang ditinggalkan dari obat-obatan itu tentu saja akan tertimbun di ginjal dan tidak semuanya bisa keluar. Sama saja itu meninggalkan racun di dalam tubuh bukan jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak? Hal itu bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita.

Itu dia beberapa bahaya konsumsi obat berlebihan pada kesehatan manusia. Tentu saja kondisi ini berbeda dengan orang yang memiliki penyakit kronis seperti kanker, atau penyakit lain yang harus konsumsi obat dari dokter. Jika kita mengalami sakit ringan seperti misalnya sakit kepala atau sakit gigi maka lebih baik mencoba mengatasinya dengan bahan herbal dan alami karena efeknya bagi tubuh juga aman dan bisa dikonsumsi jangka panjang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!