Bahaya Begadang Bagi Tubuh

Bicara soal begadang mungkin kita akan teringat dengan sepenggal lirik lagu dari Rhoma Irama, “begadang jangan begadang kalau tiada artinya”, ya tidak? Kali ini kita tidak akan membahas liriknya, namun kita akan membahas topik penting dari lagu di atas yaitu begadang. Mungkin begandang sendiri sudah menjadi kebiasaan para masyarakat Indonesia dan sulit untuk dilepaskan.

Bahaya Begadang bagi Kesehatan
Bahaya Begadang bagi Kesehatan

Terutama bagi orang-orang yang sibuk dan harus lembur karena pekerjaan mereka. Terkadang harus lembur hingga subuh, bahkan sampai hanya memiliki waktu tidur 2-4 jam saja. Namun apakah kita semua tahu jika begadang yang merupakan hal sepele itu ternyata bisa membawa dampak bagi kita semua? Kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada kalian mengenai bahaya begadang malam. Berikut ini adalah infromasinya!

  1. Mudah lelah

Bahaya yang pertama jika kita sering begadang adalah kita akan menjadi orang yang gampang kelelahan. Tidak hanya lelah fisik saja, kita juga bisa lelah dalam hal mental kita. Hal ini karena mungkin kita bekerja terus menerus dan begadang tanpa hetinya sehingga bisa menganggu kesehatan kita.

Jika tubuh kita menjadi mudah lelah tentu saja aktifitas dan pekerjaan sehari-hari kita malah akan terganggu bukan? Jika tak ingin itu terjadi maka sebaiknya mulai dari sekarang cari waktu tidur yang cukup sehingga pekerjaan dan aktifitas kita juga bisa berjalan dengan baik dan lancar. Jangan sampai begadang secara belerbihan karena bisa membuat tubuh lelah dan malah mudah terserang beberapa virus sehingga akan menjadi mudah sakit.  

  1. Resiko terkena diabetes

Mungkin banyak yang tidak mengetahui hal ini, namun orang yang suka begadang atau tidak memiliki jadwal tidur yang teratur memiliki resiko untuk terkena diabetes lebih tinggi. Hal ini terjadi karena pola tidur dari seseorang sendiri mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh, selain itu juga mempengatuhi hormon yang mengontrol nafsu makan kita.

Jika kita kurang tidur maka tubuh kita akan memiliki kemampuan sel lemak untuk merespon insulin lebih rendah sehingga kita akan rentan terserang diabetes. Hal ini tidak hanya wacana saja, melainkan sudah dibuktikan kebenarannya melaui penelitian. Orang yang memiliki waktu tidur kurang dari 5 jam per harinya beresiko lebih tinggi mengalami diabetes tipe-2, oleh karena itu jika tak ingin mengalami diabetes maka jangan sampai sering begadang.

  1. Sulit Konsentrasi

Jika kita merupakan seorang pelajar ataupun seorang pekerja yang aktif maka kita tentu saja harus produktif. Nah, supaya kita bisa selalu produktif maka sebaiknya kita juga harus terus berkonsentrasi dengan baik. Jika kita tidak bisa berkonsentrasi dengan baik maka akan sulit bagi kita untuk mencapai apa yang kita inginkan.

Orang yang begadang atau tidur pada subuh biasanya akan bangun dengan semangat yang rendah karena mereka merasa masih mengantuk dan juga masih merasa kelelahan. Berbeda dengan orang yang memiliki jam tidur lebih awal, dan akibatnya mungkin karena merasa masih mengantuk dan merasa lelah akibat tidak memiliki waktu tidur yang cukup adalah sulitnya untuk konsentrasi.

  1. Mudah mengantuk

Begadang mungkin dilakukan karena berbagai macam alasan, seperti misalnya karena lembur mengerjakan tugas yang sangat banyak, menonton sepak bola, atau menghabiskan kuota internet malam. Hal-hal ini memang menyenangkan, namun juga tidak baik bagi kesehatan kita. Sering begadang dan tidak memiliki jadwal tidur yang tepat bisa membuat kita menjadi lebih sering mengantuk bukan?

Dan jika kita menjadi sering mengantuk maka mungkin aktifitas kita akan menjadi sangat terhambat, mungkin kita akan lebih terlamabat mengerjakan tugas daripada yang lainnya karena terus-terusan mengantuk. Bahkan begadang juga bisa menimbulkan bahaya, mengantuk karena begadang bisa meningkatkan resiko mengalami kecelakaan. Sekarang ini banyak sekali kasus kecelakaan yang sudah banyak menelan korban jiwa karena mengantuk. Jadi jika kita merasa mengantuk karena semalaman begadang sebaiknya jangan mengemudi!

  1. Resiko terkena Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit yang berbahaya bahkan bisa mengancam nyawa seseorang. Karena itu semua yang ada disini tentu saja tidak ingin mengalami yang namanya kedua penyakit ini. Namun bagi Anda yang sering menghabiskan waktu tidur untuk begadang maka mulai sekarang sebaiknya berhati-hatilah, menurut beberapa penelitian yang ada kebiasaan begadang merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sering dikaitkan dengan resiko terkena penyakit jantung dan juga stroke.

Hal ini bisa terjadi karena waktu tidur yang sangat singkat itu bisa menimbulkan resiko arteri mengalami peradangan sehingga bisa menyumbat pembuluh darah. Dan akibat fatalnya bisa berujung pada penyakit jantung dan juga stroke.

  1. Masalah pada kulit

Tidak hanya beberapa gangguan yang kami sebutkan di atas, kurangnya waktu tidur ternyata juga bisa membawa beberapa masalah pada kulit. Efek yang paling nyata dari begadang tiap malam adalah kita akan mengalami beberapa masalah pada kulit yaitu misalnya saja munculnya Lingkaran hitam di bawah mata, mata yang bengkak, kerutan pada wajah, kulit yang kusam, dan juga kulit yang agak pucat.

Orang yang sering begadang cenderung menghasilkan hormon yang sering disebut dengan kortisol, hormon ini dalam keadaan tertentu bisa memecah kolagen yang fungsinya untuk membuat kulit kita tetap putih, halus, dan juga elastis. Oleh karena itu jika tak ingin penampilan terganggu maka sebaiknya kita jangan keseringan begadang ya!

  1. Sering pusing

Salah satu masalah kesehatan yang sering kita alami sehari-hari adalah sakit kepala. Mulai dari sakit kepala biasa sampai mungkin sakit kepala migrain, sakit kepala ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor salah satunya adalah aliran darah yang tak lancar. Hal itu secara tidak lansung dipengaruhi oleh kebiasaan buruk kita yaitu sering begadang.

Karena kita tidak memiliki waktu istirahat yang cukup maka biasanya hormon kortisol yang memegang peran dalam mengatur tekanan darah akan mengalami gangguan. Hal itu bisa menyebabkan tekanan darah jadi tak teratur dan bisa menyebabkan kita sering mengalami pusing.

Itu dia beberapa bahaya begadang yang mungkin sangat jarang kita ketahui, karena sudah tahu jika itu berbahaya maka sebaiknya kita menghindari begadang. Sebisa mungkin kita jauhi begadang ya, karena efeknya bagi kesehatan sangatlah tidak baik. Cukupkan tidur Anda dalam sehari sehingga kesehatan akan tetap terjaga, selain itu beberapa kondisi yang berkaitan dengan begadang ini bisa membuat tubuh kita semakin berada di dalam bahaya.

Seperti misalnya saja ketika kita tidur di dekat ponsel, atau mungkin bermain ponsel dengan layar yang menyala terang sambil berbaring. Karena setiap manusia harus hidup dengan sehat maka sebaiknya perbaikilah jadwal tidur. Jika mungkin Anda mengalami insomnia maka segera cari solusinya supaya Anda tidak perlu begadang lagi, Anda bisa menjadi lebih sehat daripada sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!