Bahaya Tidur Dekat Ponsel

Sekarang ini semua semakin modern, sekarang ini bahkan kita dengan mudah bisa berkomunikasi dengan orang yang bahkan berada jauh dari kita. Hal ini kita bisa lakukan dengan mudah karena sekarang semuanya sudah memiliki ponsel, ponsel merupakan salah satu perangkat teknologi yang modern.

Bahaya Tidur Dekat Ponsel
Bahaya Tidur Dekat Ponsel

Ponsel ini bisa melakukan apapun yang kita perintahkan, oleh karena itu ponsel menjadi salah satu benda yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Ponsel tidak bisa ditinggalkan manusia dan manusia masa kini kebanyakan tidak bisa hidup tanpa ponsel, terkadang sampai kita ingin tidur kita masih senang bermain ponsel. Namun apakah Anda tahu? Dibalik kecanggihan benda ini ternyata ada bahaya yang mengancam kita. Kali ini kami akan membahas mengenai bahaya tidur dekat ponsel. Berikut adlaah informasi pentingnya!

  1. Dapat menyebabkan tumor otak

Bahaya pertama yang bisa kita alami jika kita keseringan membawa ponsel kita bersama ketika tidur adalah kita bisa beresiko mengalami tumor otak. Tumor otak ini merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa mengancam nyawa kita. Kenapa ponsel yang begitu canggih dan modern itu bisa menyebabkan kita mengalami tumor otak yang ganas? Hal ini karena radiasi yang dihasilkan ponsel.

Radiasi dari ponsel yang diletakkan di dekat kepala ini bisa menyebabkan terbentuknya neoplasma dan juga regenerasi sel yang tidak wajar sehingga bisa menyebabkan tumor otak. Oleh karena itu mulai dari saat ini usahakan jika sedang tidur tidak usah bermain ponsel, jauhkan ponsel. Tumor otak akibat radiasi ponsel ini biasanya menyerang orang dewasa yang sedang berada dalam usia produktif.

  1. Memperparah Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan ingatan. Biasnaya orang yang mengalami alzheimer ini adalah orang yang sudah menginjak usia yang renta atau mungkin orang yang mengalami kecelakaan, atau orang yang memiliki keluarga beriwayat terkena alzheimer karena penyakit ini bisa menurun.

Memang penyakit yang membuat penderitanya mengalami lupa ingatan ini tidaklah menular kepada orang lain, namun tidur di sebelah ponsel yang masih menyala itu bisa membuat kondisi pasien alzheimer menjadi semakin parah. Oleh karena itu jangan sampai mendekatkan ponsel menyala di dekat kepala penderita alzheimer, karena lambat laun radiasinya bisa membuat penyakitnya semakin parah.

  1. Kematian

Bahaya yang ketiga jika kita sering tidur di dekat ponsel adalah kematian, bahaya yang satu ini tentu saja bisa menjadi sangat fatal bagi kita. Bukannya kami menakut-nakuti Anda namun beberapa kasus kematian akibat tidur di dekat ponsel ini memang sudah terjadi di beberapa negara.

Misalnya saja ada kasus ketika ponsel di charger di dekat tubuh dan ditinggal tidur, kemudian ponsel yang panas yang masih terhubung dengan kabel listrik akhirnya meledak dan membuat orang yang sedang tidur itu terbakar dan terkena setruman listrik. Meningat ada beberapa kasus orang yang meninggal akibat meletakkan ponselnya di dekat kepala maka sebaiknya kita jangan sampai melakukan hal yang sama karena sangatlah berbahaya.

  1. Kanker

Kaneker merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sangat berbahaya bagi kita semua. Kanker ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, apakah Anda tahu jika salah satu faktor yang bisa menyebabkan orang mengalami kanker adalah tidur di dekat ponsel? Beberapa penelitian di Amerika diadakan untuk membuktikan wacana ini, hasilnya adalah positif.

Radiasi dari ponsel ternyata memberikan dampak yang besar pada pembelahan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Sehingga akhirnya banyak sekali sel yang tubuh abnormal dan tidak terkontrol. Oleh karena itu jangan sampai teledor yaitu meletakkan ponsel di kasur ketika Anda sedang terlelap tidur.

  1. Tidur tidak nyaman

Bermain ponsel sebelum kita tidur merupakan salah satu kebiasaan yang sangat buruk yang harus kita hindari. Karena ketika membawa ponsel bersama ketika kita naik ke atas tempat tidur bisa menyebabkan kita menjadi lebih tertarik untuk memainkan ponsel kita. Mengecek informasi terbaru, bermain game, atau sekedar chat dengan orang lain.

Hal itu bisa membuat tidur kita jadi tak nyaman dan selain itu mengurangi kualitas tidur kita. Oleh karena itu ketika ingin benar-benar tidur jangan sampai membawa ponsel Anda, benar-benar gunakan waktu itu untuk tidur dengan baik. Supaya tidak merasa tergiur memainkan ponsel maka matikan saja dan letakkan jauh dari tempat tidur Anda.

  1. Masalah pada jantung

Tidak hanya itu, bahaya tidur dekat ponsel ternyata juga bisa mengancam nyawa. Salah satunya adalah bisa menimbulkan masalah pada jantung yang fatal, seperti kasus beberapa tahun silam yang sempat menjadi viral. Seseorang yang tewas akibat mendengarkan deringan ponselnya yang terlalu keras pada tengah malam.

Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki masalah pada jantung maka sebaiknya jauhkan ponsel dari kepala ketika malam hari. Sebaiknya matikan terlebih dahulu ponsel kemudian letakkan di tempat yang jauh dari kamar.

  1. Kanker kulit

Kanker kulit merupakan salah satu kanker yang ganas, apakah Anda semua sudah tahu jika ternyata radiasi ponsel juga bisa menyebabkan seseorang terkena pemnyakit kanker kulit? Bagaimana bisa? Radiasi dari ponsel kita yang kita letakkan di samping tubuh kita selama kita terlelap itu bisa meningkatkan suhu pada permukaan kulit kita.

Dan jika suhu tubuh sudah meningkat sampai 4,7 derajat celcius maka bisa menyebabkan perubahan pigmentasi pada kulit. Apabila itu terjadi terus menerus maka bisa menyebabkan sel tubuh yang ada di bawah kulit berubah menjadi sel kanker. Jika tak ingin terkena kanker kulit makanya jauhkan hp dari tubuh, karena radiasinya sangatlah berbahaya bagi kita.

  1. Menggangu metabolisme tubuh

Waktu ketika kita sedang tidur merupakan salah satu waktu terbaik untuk proses metabolisme tubuh. Dan menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, paparan radiasi ponsel bisa menyebabkan proses metabolisme tubuh itu menjadi terganggu.

Maka dari itu mulai sekarang jika tak ingin metabolisme tubuh terganggu jangan sampai meletakkan ponsel di dekat tubuh ketika kita sedang tidur. Selain menagnggu metabolisme tubuh, meletakkan ponsel di dekat tubuh ketik sedang tidur juga bisa menyebabkan kita mudah lelah ketika menjalani aktifitas keesokan harinya.

  1. Merusak sel otak

Bahaya tidur dekat ponsel yang kesembilan adalah radiasi dari ponsel itu berbahaya bagi otak kita. Kita semua tentu saja paham jika otak meruapakan sumber dari tubuh manusia. Dengan adanya otak maka kita bisa berpikir dan melakukan berbagai macam kegiatan.

Nah, paparan radiasi ponsel ini cukup berbahaya dan bisa menyebankan sel atau saraf pada otak rusak. Walau mungkin dalam jangka lama namun tentu saja ini masih akan berbahaya bukan?

Itu dia beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan jika kita tidur di dekat ponsel. Karena sangat beresiko bagi kesehatan maka sebaiknya kita memperhatikan hal yang satu ini. Ketika ingin tidur sebagiknya matikan ponsel dan letakkan jauh dari tubuh kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua!