5 Makanan Wajib untuk Ibu Menyusui

5 Makanan Wajib untuk Ibu Menyusui – Setelah proses melahirkan tugas Ibu selanjutnya adalah memberikan ASI (Air Susu Ibu) sebagai makanan utama untuk si dedek bayi. Meski kini ada susu formula tetapi itu adalah option yang paling akhir jika benar benar tidak bisa memberikan ASI. Karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi yang nutrisinya tidak akan bisa digantikan dengan apapun. Nah disini untuk memenuhi asupan gizi pada dedek bayi maka makanan sang Ibu pun harus dijaga dan tidak boleh sembarangan. Untuk mendapatkan ASI yang berkualitas berikut 5 Makanan Wajib untuk Ibu Menyusui yang direkomendasikan, dengan ASI yang berkualitas maka dedek bayi bisa tumbuh dengan sehat dan lincah.

Gandum atau Beras Merah

Gandum untuk Ibu Menyusui
Manfaat gandum untuk Ibu menyusui by Pixabay.com

Untuk kebutuhan akan karbohidrat di Indonesia biasanya didapatkan dari nasi atau roti, tetapi untuk memenuhi selain karbohidrat saja cobalah menggantinya dengan gandum yang lebih kaya akan serat. Gandum Utuh memiliki kandungan asam folat yang penting untuk pertumbuhan bayi. Atau bisa juga menggunakan beras merah jika kesulitan menemukan gandum utuh di Indonesia dimana nasi merah dapat menyediakan kalori yang baik untuk memproduksi ASI berkualitas.

Daging, Telur dan Ikan

Daging untuk Ibu menyusui
Manfaat daging untuk Ibu menyusui by Pixabay.com

Di samping karbohidrat kebutuhan akan protein juga tidak kalah penting dalam menghasilkan ASI yang berkualitas. Daging memiliki kandungan protein yang tinggi yang penting untuk pembentukan tulang karena kaya akan vitamin D, Sedangkan telur dan Ikan sama sama mengandung DHA dan asam lemak esensial yang tinggi. Selain itu beberapa ikan juga memiliki Omega 3 yang penting untuk pertumbuhan otak si buah hati.

Buah dan Sayuran

Sayur untuk Ibu Menyusui
Manfaat brokoli untuk Ibu menyusui by Pixabay.com

Buah dan sayuran memiliki kandungan vitamin dan kaya akan serat yang juga bisa membuat Air Susu menjadi lebih segar dan enak buat si buah hati loh. Sering seringlah mengkonsumsi buah dan sayuran hijau untuk memenuhi kebutuhan vitamin Ibu dan anak. Beberapa sayuran seperti brokoli, bayam juga mengandung asam folat yang penting untuk pertumbuhan otak si buah hati.

Kacang-kacangan

Manfaat kacang hijau untuk Ibu Menyusui by Pixabay.com

Untuk kacang kacangan dipercaya dapat memperbanyak jumlah Air Susu sehingga produksi ASI menjadi lancar dan juga berkualitas. Sering seringlah konsumsi kacang hijau yang direbus dengan air dan minum airnya.

Yogurt dan susu rendah lemak

Manfaat susu untuk Ibu menyusui by Pixabay.com

Yogurt dan produk susu memiliki kandungan kalsium yang penting untuk tulang baik Ibu dan dedek bayi. Jadi jangan sampe ketinggalan menu yang satu ini tetapi dengan catatan pastikan mencari susu yang rendah lemak ya. Selain itu untuk yogurt juga bisa membantu Ibu mengatasi konstipasi yaitu masalah pencernaan yang umum terjadi pada wanita setelah melahirkan.

Selalu perhatikan Makanan Wajib untuk Ibu Menyusui dan untuk sementara hindari makanan yang tinggi gula dan mengandung lemak tidak sehat. Karena apabila makanan yang tidak sehat masuk ke dalam tubuh juga bisa mempengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan loh. Jadi pastikan selalu mengkonsumsi makanan sehat agar Ibu dan Bayi selalu sehat dan kuat.

Tags: