Makanan yang mengandung vitamin C

Untuk menjaga kesehatan kita tentu saja kita memerlukan berbagai macam kandungan seperti vitamin, mineral, dan berbagai macam bakteri baik. Beberapa macam kandungan itu bisa dengan mudah kita dapatkan di berbagai makanan yang kita konsumsi. Salah satu jenis vitamin yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita adalah vitamin C.

buah buahan yang mengandung vitamin c paling tinggi
buah buahan yang mengandung vitamin c paling tinggi

Manfaat vitamin C untuk tubuh ini banyak sekali, mulai dari menjaga keseimbangan tubuh, menjaga kekebalan tubuh, mencegah sariawan, dan lain-lainnya. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas mengenai makanan yang mengandung vitamin C sehingga Anda bisa mengkonsumsi makanan itu. Berikut ini informasi lengkapnya untuk Anda!

  1. Jambu Biji (378 mg / 60 gram)

Jika kita ingin tubuh kita tetap menjadi sehat maka tentu saja kita semua harus mencukupi kebutuhan tubuh dengan berbagai macam makanan yang bergizi yang mengandung vitamin. Salah satu vitamin yang paling dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin C. Kandungan vitamin C ini bisa kita dapatkan di dalam buah jambu biji yang memiliki kandungan vitamin C sekitar 378 mg / 60 gramnya.

Kandungan vitamin C dalam jambu biji ini bisa memelihara kekebalan tubuh kita dan bisa mencegah tubuh untuk mengalami berbagai macam infeksi atau penyakit. Selain itu kandungan vitamin C yang ada di dalam jambu biji juga bisa digunakan untuk mengatasi radang tulang karena ia merupakan zat anti inflamasi yang baik untuk tubuh.

  1. Buah Leci (132 mg/100 gram)

Buah kedua yang mengandung vitamin C yang tinggi adalah leci. Buah leci ini memang jarang dikonsumsi secara langsung dan biasanya kita temukan di dalam jus, olahan sirup, dan juga olahan sirup yang lainnya. Buah yang berasal dari China ini memiliki rasa manis dan menyegarkan. Kandungan vitamin C di dalam buah leci sendiri ada sekitar 132 mg/100 gramnya. Kandungan vitamin C di dalam buah leci ini ternyata bisa kita gunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu ternyata buah leci juga terkenal sebagai sumber antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Buah leci juga mengandung polifenol yang yang baik untuk mendukung keseimbangan metabolisme. Oleh karena itu jika ingin tubuh tetap fit maka konsumsilah buah leci menjadi buah harian Anda. Khasiat yang manjur lainnya adalah buah leci bisa mencegah penuaan dini pada kaum perempuan maupun pria.

  1. Strwaberry (83 mg/ 100 gram)

Buah ketiga yang kaya akan vitamin C adalah buah berwarna merah atau merah muda, buah ini adalah buah strawberry. Di dalam buah strawberry ini terkandung sekitar 83 mg/100 gramnya. Buah yang mudah tumbuh subur di daerah dataran tinggi yang memiliki suhu dingin ini biasanya dijadikan sebagai jus, camilan buah, atau mungkin dicampur kedalam olahan kudapan lainnya. Tak hanya vitamin C saja ya, di dalam buah strawberry juga terkandung 3 gram serat, 43 gram kalori, dan juga sekitar 0,7 gram protein.

Selain vitamin C, buah strawberry juga mengandung zat antosianin yang bisa mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh kita dan kabar baiknya juga bisa meningkatkan kinerja otak seseorang. Dengan konsumsi strawberry kita juga bisa mencegah radikal bebas, memelihara kesehatan gigi dan mulut, dan juga bisa mencegah resiko terkena kanker. Mulai sekarang Anda bisa konsumsi strawberry sering-sering ya!

  1. Jeruk (69 mg/100 gram)

Bukan rahasia lagi jika buah yang satu ini mengandung vitamin C. Jika bicara mengenai vitamin C mungkin masyarakat akan langsung mengaitkannya dengan buah jeruk. Buah yang cocok dikonsumsi ketika hawa sedang panas karena rasanya yang sangat menyegarkan ini ternyata memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat besar dan berguna untuk tubuh kita. Selain mengandung vitamin C yang bisa mencegah terjadinya sariawan, menjaga tubuh supaya tetap fit.

Ternyata jeruk juga mengandung senyawa limonoid yang bisa untuk mencegah radikal bebas dan juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Kabar baik bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi karena jeruk ternyata juga bisa menurunkan kolesterol Anda.

  1. Nanas (77 mg/100 gram)

Buah daerah tropis ini memiliki rasa manis dan asam selain itu aromanya juga enak dan harum. Nanas yang biasa kita temukan dalam rujak buah itu juga mengandung vitamin C ya.  Dalam 100 gram buah nanas kita bisa menemukan kandungan vitamin C yang cukup tinggi yaitu sekitar 77 mg! Kandungan vitamin C di dalam buah nanas terbukti bisa menangkal radikal bebas dan mencegah seseorang mengalami kanker dan juga bisa menjaga sistem reproduksi kita. Selain itu nanas juga mengandung beta karoten yang baik untuk mengurangi rasa sakit pada penderita asma ya.

Tidak hanya manfaat itu saja, buah nanas juga mengandung bromelain yang ternyata baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan memar pada tubuh kita. Walau kandungan vitamin C nya sangat baik bagi tubuh kita namun ibu hamil dilarang untuk memakan buah nanas selama masa kehamilan karena bisa berdampak bagi kehamilan yaitu janin bisa panas dan mengalami keguguran.

  1. Belimbing (46 mg/100gram)

Makanan yang mengandung vitamin C yang keenam adalah buah belimbing. Buah belimbing ini mengandung vitamin C sebanyak 46 gram setiap 100 gramnya, selain itu mengandung sekitar 2,1 protein, 40 mg kalori, dan juga 4 gram serat yang baik untuk kesehatan. Manfaat dari konsumsi buah belimbing setiap hari adalah bisa mencegah kita untuk terkena flu dan batuk.

Selain itu kandungan gizi di dalamnya juga bisa mencegah bakteri buruk di dalam tubuh, tidak hanya vitamin C saja ya. Buah belimbung juga mengandung vitamin A dan B yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Di dalam buah belimbing juga ditemukan kandungan tiamin dan riboflavin yang baik untuk mencegah penyakit stroke dan juga jantung. Jadi masihkah kita meragukan belimbing?

  1. Lemon (45 mg/ 100 gram)

Yang terakhir adalah buah lemon, buah yang termasuk ke dalam golongan jeruk ini juga kaya akan kandungan vitamin C nya ya. Per 100 gram buah lemon ditemukan kandungan vitamin C sebanyak 45 mg. Air perasan jeruk lemon sudah terbukti untuk kecantikan juga. Selain bisa digunakan untuk mengatasi sariawan, vitamin C yang ada di dalam buah lemon juga bisa untuk mengatasi masalah pencernaan dan bisa mencegah terjadinya sembelit. Selain itu juga bisa menghentikan pendarahan dari mimisan. 

Nah itu dia beberapa makanan yang mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kita dan bahkan bisa untuk mencegah datangnya berbagai macam penyakit. Oleh karena itu kami berharap supaya Anda selalu menjaga kesehatan dengan konsumsi vitamin C dari makanan yang sudah kita sebutkan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!