Informasi Darah Rendah Selama Masa Kehamilan

Ibu yang sedang hamil tentu saja harus menjaga kandungan mereka sebaik mungkin sehingga bayi yang ada di dalam kandungannya bisa lahir dengan selamat dan sehat. Semua ibu tentu saja menginginkan seperti itu ketika mereka sedang hamil, namun rupanya mungkin ada beberapa ibu yang mengeluh karena selama masa kehamilannya mengalami beberapa gangguan atau masalah kesehatan.

Informasi Darah Rendah Selama Masa Kehamilan

cara menaikkan tensi darah bagi ibu hamil
cara menaikkan tensi darah bagi ibu hamil

Misalnya saja bunda yang mengeluh karena mengalami darah tinggi atau mungkin darah rendah selama kehamilan mereka. Kali ini kita akan membahas mengenai tensi darah yang rendah ketika sedang hamil, kami akan memberikan infromasi kepada Anda secara lengkap sehingga Anda tahu dengan jelas. Berikut ini adalah informasi darah rendah selama kehamilan.

Bahaya darah rendah untuk kehamilan

Tekanan darah rendah selama kehamilan tidak bisa diabaikan begitu saja ya bunda. Karena walau mungkin bunda menganggap hal ini adalah hal yang sepele mungkin namun tetap saja akan berdampak bagi kesehatan bunda sendiri dan juga kondisi janin yang ada di dalam bayi. Oleh karena itu kali ini kami akan memberitahukan kepada bunda mengenai bahaya darah rendah untuk ibu yang sedang mengandung :

  1. Menyebabkan bunda terjatuh

Ketika sedang hamil tentu saja perut kita akan menjadi membesar karena di dalam kandungan ada bayi. Terutama jika usia kandungan itu semakin tua maka beban bunda tentu saja akan semakin bertambah bukan? Jika bunda mengalami tekanan darah rendah selama masa kehamilan maka bunda harus berhati-hati karena salah satu bahayanya bagi bunda adalah  bunda bisa saja terjatuh. Karena ketika darah rendah biasanya bunda akan pusing berkunang-kunang, selain itu pandangan juga akan menjadi kabur. Jika bunda tidak bisa menjaga keseimbangan maka bunda bisa saja terjatuh, tentu saja akan sangat berbahaya jika bunda berada di tangga atau di tempat yang tinggi. Jika bunda jatuh maka bunda bisa terluka bahkan mengalami keguguran. Oleh karena itu tidak boleh meyepelekan tekanan darah rendah.

  1. Kerusakan organ tubuh

Bahaya kedua yang bisa dialami oleh ibu yang mengalami darah rendah selama masa kehamilannya adalah akan beresiko untuk merusak organ tubuh. Karena ketika tubuh mengalami darah rendah maka darah tidak akan bisa mengalir dengan baik ke seluruh tubuh terutama ke otak dan organ tubuh yang lainnya. Jika organ tubuh tidak menerima pasokan darah dengan cukup maka tentu saja lama-kelamaan bisa mengalami kerusakan bukan? Jadi mulai sekarang perhatikan apakah bunda mengalami tekanan darah rendah atau tidak.

  1. Berat badan bayi rendah

Mungkin banyak dari bunda yang belum mengetahui hal ini, namun ternyata darah rendah juga bisa mempengaruhi kondisi bayi yang ada di dalam kandungan kita. Menurut penelitian beberapa ahli, salah satu efek dari tekanan darah rendah selama masa kehamilan adalah bayi beresiko lahir dengan berat badan yang lebih rendah daripada bayi pada umumnya.

Penyebab darah rendah pada masa kehamilan

Setelah mengetahui apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan dari tekanan darah rendah selama masa kehamilan maka saatnya kita untuk mengetahui apa saja penyebab dari darah rendah selama masa kehamilan. Berikut adalah penyebabnya :

  1. Anemia

Kemungkinan jika Anda mengalami tekanan darah rendah bisa jadi penyebabnya karena bunda mengalami anemia atau kekurangan darah. Jika bunda kekurangan darah selama masa kehamilan maka tubuh tidak akan memiliki cukup darah untuk tubuh sehingga tekanannya akan jadi rendah.

  1. Dehidrasi

Penyebab kedua mengapa bunda bisa mengalami tekanan darah rendah adalah bisa jadi karena bunda mengalami dehidrasi. Ketika tubuh kita mengalami dehidrasi maka akan sedikit sekali oksigen yang diangkut oleh darah sehingga tekanan darah pun menjadi rendah.

  1. Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi adalah salah satu penyebab mengapa kita bisa mengalami tekanan darah rendah. Hal ini sangat berbahaya ketika Anda sedang ada dalam masa kehamilan, jadi mulai sekarang kami sarankan supaya bunda mencukupi makanan yang bergizi dan baik untuk penderita hipotensi.

Gejala darah rendah selama masa kehamilan

Untuk mengetahui apakah bunda mengalami darah rendah atau tidak maka tentu saja kita harus mengetahui gejalanya bukan? Jika bunda merasa mengalami gejala yang dituliskan di bawah ini maka artinya bunda mengalami teknanan darah rendah dan harus segera diatasi :

  1. Pusing

Karena tekanan darah rendah, biasanya salah satu cirinya bunda akan merasakan pusing sepanjang hari. Rasa pusing karena tekanan darah rendah sehingga otak tidak cukup mendapatkan oksigen dari darah sehingga cenderung akan merasakan pusing. Biasanya juga disertai berkunang-kunang.

  1. Mudah lelah

Gejala kedua yang bisa bunda rasakan jika bunda memang mengalami tekanan darah rendah adalah bunda mengalami rasa mudah lelah, jika bunda merasa tidak melakukan aktifitas yang banyak dan tidak terlalu melelahkan namun bunda mengalami gejala yang satu ini artinya bunda mengalami tekanan darah rendah.

  1. Pandangan kabur

Salah satu efek yang bisa ditimbulkan oleh tekanan darah rendah adalah pandangan menjadi kabur. Jika bunda mengalami gejala yang satu ini yaitu pandangan yang kabur atau blur maka bisa jadi bunda mengalami tekanan darah rendah.

Tips mengatasi darah rendah selama kehamilan

Kita sudah tahu apa saja gejala dan penyebab sampai bahaya dari tekanan darah rendah selama masa kehamilan. Kini saatnya kami memberitahukan bagaimana saja tips yang bisa bunda lakukan, berikut adalah tipsnya untuk bunda :

  1. Minum banyak air putih

Tips pertama yang paling penting adalah minum banyak air putih, karena jika kita minum banyak air putih selama masa kehamilan kita tidak akan mengalami dehidrasi dan itu memperkecil resiko untuk mengalami tekanan darah rendah. Jadi jangan lupa minum air putih minimal 1 liter per harinya!

  1. Jangan berdiri dalam waktu yang lama

Mungkin ketika bunda mengalami tekanan darah rendah maka biasanya bunda akan mengalami pusing dan mata berkunang-kunang. Untuk mengurangi resiko itu maka jangan sampai bunda berdiri dalam waktu yang lama, jika bunda merasa pusing maka bunda bisa beristirahat saja. Jangan memaksakan karena nanti takutnya bunda bisa saja terjatuh atau terpeleset.

  1. Cukupi makanan bergizi

Tips selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan mencukupi makanan yang berigizi, beberapa makanan baik untuk tubuh kita karena bisa meningkatkan tekanan darah rendah kita. Bunda bisa meningkatkan darah rendah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti misalnya konsumsi sayuran yang berwarna hijau, kurma, buah-buahan seperti jeruk, dark chocolate, dan masih banyak lagi.

Itu dia bunda infromasi lengkap dan penting mengenai informasi darah rendah selama masa kehamilan. Tentu saja bunda akan harus memperhatikan apa yang kami sebutkan di atas jika bunda merasa mengalami darah rendah selama masa kehamilan. Jangan mengabaikannya karena bagaimanapun pasti akan ada efeknya untuk bayi yang ada di dalam kandungan. Semoga artikel ini bermanfaat ya bunda!