Cara Alami Mengobati Kista Ginjal

cara alami mengobati kista ginjal
cara alami mengobati kista ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting dalam kehidupan kita. Fungsi dari organ yang satu ini memang tidak bisa digantikan oleh organ apapun. Demi menjaga organ ginjal agar selalu sehat maupun jauh dari penyakit, setiap orang pasti akan melakukan segala cara merawat ginjal agar tetap sehat maupun bebas dari segala penyakit.

Namun terkamaupung meski kita sudah melakukan semua cara merawat ginjal dengan baik maupun telaten, organ ini tidak bisa terhindar dari penyakit. Oleh sebab itu penting bagi setiap orang untuk memahami cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor, penanganan batu ginjal, maupun juga penyebab penyakit ginjal.

PenyakitKista Ginjal

Penyakit ginjal memang banyak macam maupun jenisnya seperti infeksi ginjal, ramaupung ginjal, ginjal rusak, batu ginjal, gagal ginjal kronis, hingga kista ginjal. Di antara banyaknya penyakit yang bisa menyerang ginjal, kista ginjal memang kurang dikenal oleh masyarakat. Hal ini disebabkan tidak banyak kasus kista ginjal yang ditemui karena penyakit ini adalah penyakit keturunan atau kelainan yang dibawa sejak lahir.

Kista ginjal ialah sebuah kondisi di mana terdapat kelainan pada organ ginjal karena munculnya kantung berbentuk bulat atau oval yang berisi cairan. Cairan tersebut awalnya memang tidak berbahaya maupun tidak akan menjadi kanker ginjal. Namun jika dibiarkan, kantung kista ini akan semakin membesar maupun beresiko untuk pecah di dalam ginjal itu sendiri. Kista ginjal jika tidak ditangani dengan tepat akan menjadi penyebab seseorang mengalami gagal ginjal.

Apa SajaCiri-ciri dariKista Ginjal

Kista pada ginjal yang masih berukuran kecil biasanya tidak akan menimbulkan berbagai gejala yang terlihat. Akan tetapi apabila kista pada ginjal itu sudah membesar, maka biasanya ada beberapa gejala yang mulai terlihat. Beberapa gejala tersebut, bisa kamu rasakan dengan cukup jelas karena gejala tersebut akan mempengaruhi sebagian besar aktivitasmu sehari-hari. Beberapa gejala tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Amaupunya darah dalam urine atau terjadinya perubahan warna urine menjadi gelap
  • Terjadinya penurunan fungsi ginjal yang menurun (jarang sekali terjadi)
  • Terjadinya tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Amaupunya rasa nyeri maupunpembengkakan pada perut yang mengganggu aktivitas
  • Munculnya demam, menggigil, atau gejala infeksi yang lain
  • Munculnya rasa sakit atau rasa nyeri pada punggung, perut bagian atas, atau pinggang
  • Pasien menjadi sering buang air kecil
  • Nyeri di bagian belakang organ ginjal akibat mengalami pembengkakan
  • Munculnya protein dalam urine atau proteinuria maupunamaupunya batu ginjal

Seperti yang kita lihat di atas, beberapa ciri-ciri maupun gejala kista pada ginjal di atas sangat mirip dengan ciri-ciri maupun gejala masalah ginjal yang lain. Oleh karena itulah kamu harus benar-benar memastikan apakah yang terjadi padamu merupakan kista pada ginjal atau masalah ginjal yang lain. Oleh karena itulah, memeriksa kesehatan tubuhmu lebih lanjut perlu dilakukan dengan cara memeriksakan kesehatan ginjal ke dokter yang tepercaya apabila ada beberapa gejala di atas kamu alami.

Dengan demikian bisa diketahui dengan pasti apa yang terjadi pada ginjalmu maupun apa yang sebenarnya kamu derita. Karena penyakit ini adalah penyakit keturunan maupun kelainan yang dibawa sejak lahir, muncul banyak pertanyaan apakah kista ginjal bisa sembuh? Teknologi medis kini sudah sangat maju, sehingga bukan mustahil penyakit kista ginjal bisa sembuh jika ditangani dengan tepat.

Bagaimana Merawat Kista Ginjal Secara Medis

Pengobatan medis kini dipercaya oleh masyarakat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk kista ginjal. Penyakit kista ginjal awalnya memang tidak berbahaya. Namun jika tidak segera diatasi maupun diberi penanganan yang tepat, kista ini akan semakin membesar ukurannya. Cairan yang ada di dalamnya juga akan semakin bertambah.

Alternatif pertama untuk menyembuhkan kista ginjal tentu dengan melakukan prosedur secara medis. Ada tiga cara pengobatan agar kista ginjal bisa sembuh. Antara lain adalah:

  1. Mengkonsumsi obat antibiotik

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan kista ginjal adalah dengan mengonsumsi obat antibiotik. Obat ini biasanya ampuh jika kista ginjal masih ada dalam tahap awal. Jika ukuran kista ginjal masih  kecil maupun isi cairan belum banyak, anti biotik bisa menghentikan pertumbuhan kista tersebut. Cara kerja obat antibiotik adalah membunuh semua bakteri yang ada di dalam ginjal maupun menghentikan pertumbuhan bakteri yang mampu membuat kondisi ginjal menjadi semakin parah.

Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai kondisi Anda, lalu tanyakan alternatif terbaik untuk pengobatan Anda. Jangan mengonsumsi obat tanpa anjuran atau pengawasan dokter karena biasa jadi justru membuat kondisi kesehatan ginjal Anda semakin parah.

  1. Operasi pengangkatan kista

Prosedur ini adalah salah satu yang paling efektif untuk menyembuhkan kista ginjal. Operasi biasanya dilakukan jika kista sudah membesar maupun keadaannya cukuo mengkhawatirkan. Cara kerja operasi ini adalah dengan menyedot maupun mengeringkan semua cairan yang ada di dalam kista, kemudian dinding yang ditumbuhi kista akan dipotong dengan cara dibakar untuk mengangkat kantung kistanya.

  1. Pengeringan kista serta pengisian cairan

Mengeringkan kista juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk menyembuhkan kista ginjal. Cara kerja prosedur ini yaitu dengan menyuntikkan jarum khusus dari luar tubuh hingga menembus organ ginjal maupun ke dalam kista. Cairan kista ini kemudian disedot maupun dikeringkan sampai habis. Sebagai gantinya, kista ginjal diisi dengan cairan yang menyerupai alkohol untuk mencegah kista terbentuk kembali.

Makanan Penyembuh Kista Ginjal

Ada banyak jenis makanan sehat untuk penderita kista ginjal yang wajib untuk dikonsumsi. Berikut beberapa jenis makanan bisa membantu menyembuhkan kista ginjal.

  • Mengkonsumsi Ikan laut

Ikan adalah salah satu makanan sumber protein yang baik untuk menyembuhkan kista ginjal. Kandungan di dalam ikan baik untuk mengurangi resiko atau dampak buruk akibat kista ginjal. Namun karena ikan laut mengandung protein tinggi, maka porsi yang dimakan juga harus diperhatikan agar karena kelebihan protein juga tidak baik bagi ginjal.

  • Mengkonsumsi Tomat

Salah satu makanan yang wajib dimakan jika Anda ingin sembuh dari penyakit kista ginjal adalah buah tomat. Secara umum, tomat memang memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Kista ginjal bisa berdampak buruk bagi tubuh maupun menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih parah lagi. Buah tomat bisa mencegah munculnya semua resiko ini maupun meminimalisir dampak buruk dari kista ginjal.

  • Rutin Minum Teh hijau

Meski bukan termasuk jenis makanan, teh hijau baik untuk diminum penderita kista ginjal. Kandungan anti oksimaupun yang tinggi dalam teh hijau baik untuk kesehatan tubuh, termasuk membantu kesembuhan kista ginjal.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar kista ginjal bisa sembuh. Menyembuhkan penyakit kista ginjal tentu membutuhkan proses maupun waktu yang tidak pendek. Tetap semangat maupun optimis akan kesembuhan Anda ya!