Bahaya Polusi Udara bagi Kesehatan

Untuk menjadi orang yang sehat tentu saja kita harus menjaga kesehatan tubuh kita dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, kemudian ada juga satu faktor yang seringkali diabaikan padahal juga sangat berperan untuk kesehatan kita.

Itu adalah polusi, polusi udara maupun polusi lainnya bisa berdampak bagi kesehatan. Pada artikel kali ini kami akan membahas hal terkait dengan polusi sehingga Anda bisa lebih sehat lagi. Berikut ini adalah bahaya polusi bagi kesehatan dan juga tips mengatasinya. Berikut ini adalah infromasinya untuk Anda!

  1. Menurunnya Kesehatan Manusia
Polusi Menurunkan Kekebalan Tubuh
Polusi Menurunkan Kekebalan Tubuh

Bukan rahasia lagi jika polusi memang tidak baik bagi kesehatan manusia terutama polusi udara. Polusi udara merupakan salah satu polisi yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia karena polusi udara yang berasal dari asap kendaraan, dan juga asap-asap lainnya itu bisa menyebabkan terjadinya indeksi pada saluran pernafasan atas atau yang sering disebut dengan ISPA. Gangguan pada sistem pernafasan ini bisa berupa bronkitis, pneumonia, dan penyakit lainnya.

Gangguan-gangguan yang berkaitan dengan sistem pernapasan itu tidak bisa dibiarkan begitu saja karena kesahatan manusia bisa menurun karena itu, bahkan kasus di Indonesia sendiri yang terkait dengan masalah pernapasan setiap tahunnya mengalami kenaikan. Hal ini adalah karena semakin banyaknya polusi udara dan tidak diimbangi dengan adanya tanaman hijau terutama jika kita tinggal di kota. Bahkan karena kualitas udara di Indonesia yang semakin memburuk, banyak sekaliĀ  penyebab kematian yang diakibatkan karena mengalami beberapa penyakit pernafasan yang disebabkan oleh polusi udara.

  1. Asma
cara mengobati asma pada anak
cara mengobati asma pada anak

Bahaya yang kedua dari polusi adalah mengalami asma. Penykit asma yang ada di Indonesia ini sudah merebak dan jumlahnya juga tidak sedikit, asma merupakan penyakit yang menganggu sistem pernapasan manusia yang biasanya penderita akan mengalami gejala seperti mengalami sesak napas, batuk kering, perasaaan menyempit pada dada, dan juga suara yang berderak ketika menghembuskan napas. Penyakit asma ini bias terjadi karena adanya pencemaran udara.

Asma membuat si penderita ini tiba-tiba mengalami peradangan pada paru akibat udara tercemar yang dihirup oleh seseorang. Oleh karena itu penderita asma usahakan selalu memakai masker karena jika menghirup udara yang kotor atau tercemar maka asma itu akan menjadi kambuh. Asma ini tidak boleh dianggap remeh karena jika dibiarkan saja dan sudah menjadi asma akut maka bisa berkaibat fatal sampai merenggut nyawa.

  1. Paru-paru Basah
obat alami paru paru basah
obat alami paru paru basah

Bahaya ketiga yang bisa disebabkan oleh polusi adalah polusi udara adalah paru-paru basah. Penyakit ini juga dikenal sebagai penumonia, udara yang tercemar tentu saja mengandung berbagai macam bakteri dan virus bukan? Bakteri dan virus yang ada itu bisa menyebabkan peradangan dan juga infeksi pada saluran pernafasan dan juga patu-paru.

Hal itu bisa menyebabkan paru-paru basah, oleh karena itu jika tak ingin mengalami pneumonia maka sebaiknya hindari udara yang tercemar, karna itu akan menambah resiko. Selain itu jika ingin terhindar dari polusi udara maka sebaiknya gunakan masker penutuh hidung dan mulut sehingga tidak sampai menimbulkan pneumonia dan gangguan kesehatan lainnya.

  1. Kanker Paru-paru
polusi udara penyebab kanker paru paru
polusi udara penyebab kanker paru paru

Yang keempat dan berbahaya adalah polusi terutama polusi udara bisa menyebabkan kanker paru-paru. Seperti yang kita ketahui jika kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti dan mematikan, kanker paru-paru ini biasanya disebabkan karena penderita terlalu banyak menghirup polusi udara terutama asap rokok.

Penderita kanker paru-paru ini kebanyakan berasal dari perokok aktif, oleh karena itu jika tak ingin mengalami kanker paru-paru maka jangan sampai menjadi perokok aktif. Selain perokok aktif, kanker paru-paru juga bisa menyerang seseorang yang tidak merokok sekalipun. Bagi Anda yang tidak merokok namun selal berada di dekat perokok aktif maka resikonya juga sama besarnya dengan perokok aktif. Karena tidak baik bagi kesehatan mulai dari sekarang stop merokok ya!

  1. Diare
polusi udah penyebab diare
polusi udah penyebab diare

Polusi itu ada berbagai macam jenis ya, tidak hanya polusi udara saja. Polusi air pun juga ada, sekarang ini banyak sekali masyarakat yang tidak sadar ataupun secara sadar membuang sampah mereka di sungai atau mungkin aliran air lainnya. Sampah yang mereka buang itulah yang menyebabkan air sungai maupun laut menjadi tercemar.

Sehingga jika kita mengkonsumsi air yang sudah tercemar itu mungkin kita akan mengalami gangguan kesehatan yaitu diare. Tidak bersihnya air akibat polusi air itu bisa membuat kita menjadi diare. Oleh karena itu perhatikan apakah air yang kita konsumsi itu benar-benar air yang bersih dan tidak tercemar sehingga kita tidak akan sampai mengalami diare atau gangguan pencernaan lainnya.

  1. Berbahaya bagi ibu yang sedang hamil

Yang keenam adalah polusi itu berbahaya bagi kesehatan ibu hamil. Di dalam seorang rahim ibu hamil ada janin yang perlu dijaga dengan baik, apa yang dihirup ibu dan juga dikonsumsi ibu tentu saja bisa sampai kepada janin.

polusi udara berbahaya untuk ibu hamil
polusi udara berbahaya untuk ibu hamil

Oleh karena itu jika bunda terbiasa dengan konsumsi air atau makanan yang tercemar polusi maka bisa berdampak pada kesehatan janin yang ada di dalam tubuh. Selain itu udara yang kotor dan juga asap rokok sangat tidak baik dan berbahaya bagi ibu hamil. Asap rokok selain tidak baik bagi paru-paru bunda karena bisa menyebabkan kanker paru-paru juga secara tidak langsung bisa mempengaruhi tumbuh dan kembang si janin yang ada di dalam kandungan.

  1. Iritasi mata
Obat Alami Iritasi Mata
Obat Alami Iritasi Mata

Bahaya yang bisa ditimbulkan oleh polusi udara yang ketujuh adalah iritasi mata. Iritasi mata ini bisa disebabkan karena adanya pencemaran udara oleh gas SO2 atau sulfur dioksida, sulfur dioksida ini adalah gas yang tidak berawarna dan berbau tajam.

Biasanya iritasi ini berasal dari pembakaran sisa fosil untuk bahan bakar kendaraan bermotor dan juga digunakan sebagai pembangkit listrik. Asap dari SO2 ini akan menyebabkan iritasi mata dan disertai beberapa bahaya misalnya saja merusak fungsi paru-paru, menyebabkan batuk, brontktis, dan resiko terkena gangguan saluran pernapasan lainnya.

  1. Penyakit jantung
polusi udara menyebabkan penyakit jantung akut
polusi udara menyebabkan penyakit jantung akut

Resiko kedelapan yang disebabkan oleh polusi adalah penyakit jantung. Gas yang paling membuat manusia beresiko untuk terkena penyakit kronis yang satu ini adalah karbon monoksida atau CO. Gas jenis ini bisa menyebabkan oksigen yang masuk ke dalam tubuh melalui darah itu jadi terhambat.

Jika ini terjadi maka pemasukan oksigen ke dalam tubuh pun menjadi menurun dan itu bisa menyebabkan resiko terkena penyakit jantung. Banyak sekali penderita yang mengalami penyakit jantung akibat terlalu sering terpapar polusi udara. Oleh karena itu jika ingin pergi keluar maka Anda bisa menggunakan masker.

Nah itu dia beberapa dampaknya dari bahaya polusi bagi kesehatan dan juga tips untuk mengatasinya. Sebisa mungkin untuk menjauhi polusi karena dampaknya sangatlah berbahaya bagi kesehatan kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Pencarian Lainnya: