Tips Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Sariawan merupakan salah satu masalah kesehatan yang kita seringkali alami. Luka yang ada di dalam mulut dan biasanya ada di bibir itu mengakibatkan kita menjadi kesulitan ketika ingin makan. Biasanya area yang terkena sariawan akan terasa sangat perih sehingga kita akan enggan untuk makan walau mungkin sedang lapar sekalipun.

Tentu saja dengan adanya sariawan kita seringkali kesulitan, oleh karena itu kali ini kami hadir untuk memberikan kepada kalian semua tips mengatasi sariawan sehingga sariawan yang kita alami itu cepat sembuh dan tak sampai membuat kita berlarut-larut menderita. Berikut ini adalah cara mengatasi sariawan dengan cara yang alami dari kami.

Bawang Putih Obat Sariawan

  1. Bawang putih

Mungkin selama ini kita hanya tahu jika bawang putih hanya bisa kita gunakan  sebagai bahan untuk masak saja. Namun asal kalian tahu ternyata sejak jaman nenek moyang, bawang putih dipercaya mampu mengobati beberapa peyakit. Salah satunya adalah sariawan, orang jaman dulu percaya jika bawang putih ini bisa mengatasi sakit karena sariawan dan itu memang benar. Kandungan di dalam bawang putih ini selain bisa menyembuhkan sariawan juga bisa mengatasi sakit gigi ya.

Caranya untuk mengatasi sariawan sangatlah mudah, pertama-tama ada baiknya jika kita menggosok gigi terlebih dahulu supaya mulut bersih. Haluskan 1-2 siung bawang putih kemudian ambil tumbukan halus itu dan letakkan pada luka sariawan. Diamkan selama 10-15 menit kemudian kumurlah menggunakan air hangat hingga tak terasa bawangnya lagi.

Yogurt Obat Sariawan

  1. Yogurt

Siapa yang tak tahu yogurt? Olahan dari susu fermentasi ini ternyata sangat ampuh untuk menyembuhkan sariawan loh. Kandungan bakteri baik di dalam yogurt akan menjaga keasaman pada mulut kita sehingga luka yang ada karena sariawan itu bisa cepat sembuh. Jadi bagi kita yang tidak mau obat yang pahit dan aneh-aneh untuk mengatasi sariawan bisa memilih yogurt ya.

Caranya pun sangatlah mudah, caranya kita bisa membeli yogurt di supermarket kalau bisa yang yogurt plain atau yogurt tawar yang tidak ada perasanya. Setelah ambil satu sendok makan penuh dan diamkan di dalam mulut selama beberapa menit kemudian telan. Lakukan ini setiap hari hingga luka sariawan di mulut menghilang dengan sendirinya.

Daun Sirih Obat Alami Sariawan

  1. Daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu bahan yang seringkali digunakan untuk jamu. Daun sirih ini mengandung banyak sekali manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita, oleh karena itu sebaiknya kita memanfaatkan daun sirih untuk mengatasi sariawan. Ternyata kandungan antiseptik di dalam daun sirih ini bisa digunakan untuk mengatasi sariawan yang mungkin sangat menyiksa kita. Ada 2 cara yang bisa kita pilih untuk mengatasi sariawan.

Yang pertama adalah ambil selembar daun sirih yang lebar kemudian cuci bersih dan kunyah beberapa menit lalu buang. Rasanya mungkin agak pait namun terbukti efektif, jika tidak suka dengan cara ini kita juga bisa menumbuk daun sirih lalu menambahkannya dengan air dan kumur. Dengan cara ini maka sariawan kita segera sembuh, kalau tidak percaya bisa dibuktikan sendiri ya.

Air Kelapa Obat Alami Sariawan

  1. Air kelapa

Siapa yang tidak pernah minum air kelapa? Air kelapa ini selain menyegarkan ternyata juga mengandung  banyak sekali manfaat untuk kesehatan kita. Air kelapa terbukti bisa mengatasi jika kita keracunan makanan ataupun minuman, selain itu ternyata air kelapa juga bisa mengatasi luka sariawan yang mengganggu kita. Air kelapa memiliki sifat elektrolit yang bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat dan juga mengatasi panas dalam yang kita alami.

Caranya juga sangat mudah, kita hanya perlu konsumsi air kepala murni satu gelas sehari sekali. Namun jika menginginkan hasil yang lebih maksimal maka kita bisa mengkonsumsi air kelapa sebanyak 3 kali dalam sehari yang bisa kita konsumsi pada pagi hari-siang-malam hari. Jika bisa konsumsilah air kelapa asli yang memang langsung dari buah kelapa ya supaya mendapatkan hasil yang maksimal juga.

Mengobati Sariawan dengan Baking Soda

  1. Baking soda

Sudah bukan rahasia lagi jika baking soda memiliki segudang manfaat. Baking soda ternyata juga punya berbagai macam manfaat untuk kesehatan ya. Salah satunya adalah bisa membantu untuk mengatasi sariawan di mulut maupun lidah sekalipun. Caranya sangat mudah ya, kita hanya perlu mencampurkan baking soda dengan sedikit air kemudian mengaduknya sampai bentuknya menyerupai pasta setelah itu oleskan pada luka sariawan yang ada di dalam mulut kita.

Jika tidak suka seperti itu maka kita juga bisa mencampur segelas air kemudian tambahkan baking soda dan dijadikan sebagai obat kumur. Cukup lakukan cara ini sekali sehari sampai luka sariawan benar-benar menghilang.

Tomat dapat Menyembuhkan Sariawan

  1. Tomat

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah tomat? Buah berwarna merah dan oranye ini selain bisa digunakan sebagai bahan masakan juga bisa digunakan sebagai obat untuk sariawan secara alami. Tomat ini mengadung banyak sekali vitamin C sehingga ketika kita menderita sariawan sebaiknya konsumsi buah tomat ini banyak-banyak ya. Caranya juga sangat mudah ya, ambil tomat yang sudah matang kemudian haluskan bisa menggunakan blender maupun dihaluskan secara manual.

Setelah itu oleskan pada luka sariawan. Sisa buah yang tadi bisa juga kita gunakan sebagai jus tomat yang bisa kita nikmati selagi haus supaya sariawan bisa cepat sembuh. Kalian bisa melakukan cara yang ini 1-2 kali sehari, jika ingin sariawan cepat sembuh maka pastikan melakukannya dengan rutin setiap harinya ya.

Jambu Biji Obat Sariawan Alami

  1. Jambu biji + daunnya

Tips mengatasi sariawan yang ampuh ketujuh adalah menggunakan jambu biji. Jambu biji ini mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan kita, selain itu jika kita sedang memiliki sariawan maka sebaiknya konsumsi banyak jambu biji sehingga sariawan bisa pulih dengan sendirinya.

Tidak hanya buahnya saja ya, ternyata daun jambu biji juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat. Caranya sangatlah mudah, kita hanyalah perlu untuk mengunyah daun jambu biji yang sudah dicuci bersih. Kunyah-kunyah selama 10 detik kemudian kumurlah dengan air putih setelahnya. Lakukan cara ini dengan rutin sampai luka sariawan menutup dengan sendirinya ya.

Obat Alami Sakit Gigi dengan Ketumbar

  1. Ketumbar

Ketumbar merupakan salah satu rempah-rempah yang biasanya digunakan ibu-ibu untuk masak. Ketumbar ini memiliki berbagai macam manfaat juga untuk kesehatan salah satunya bisa mengatasi sariawan dengan sangat cepat. Caranya sangatlah mudah, rebus beberapa biji ketumbar dengan segelas air putih kemudian biarkan sampai dingin dan saring.

Gunakan ramuan ini sebagai obat kumur mulut, kami sarankan supaya kumur menggunakan ramuan rebusan ketumbar ini sebanyak 3 kali sehari sehingga sariawan yang kita derita cepat pulih dan kita bisa segera makan dengan mudah tanpa perlu kesakitan lagi.

Kunyit Obat Alami Sariawan

  1. Kunyit danasam jawa

Cara terakhir yang bisa kita gunakan untuk mengatasi sariawan adalah menggunakan perpaduan kunyit dan juga asam jawa. Caranya adalah rebus kunyit bersama asam jawa, sisakan airnya hanya sampai setengah saja. Setelah itu campurkan gula supaya rasanya agak manis. Konsumsi secara rutin selagi hangat, sariawan bisa sembuh dengan cepat.

Itu dia beberapa tips mengatasi sariawan secara alami dan cepat yang bisa kita lakukan di rumah dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua ya!