Tips Menjaga Tekanan Darah Normal

Tips Menjaga Tekanan Darah Normal –Keadaan dimana tekanan darah berada di angka normal yakni tidak rendah dan tidak tinggi, hal inilah yang disebut dengan Tekanan Darah Normal. Kisaran angka normalnya adalah 120/80 mmHg, sementara itu tekanan darah tinggi berada pada angka 140/90 mmHg dan tekanan darah rendah berada pada angka 90/60 mmHg. Untuk mengetahui apakah tekanan darah kita normal atau tidak, biasanya dilakukan pemeriksaan menggunakan alat periksa tensi darah. Alat ini berfungsi untuk mendeteksi tekanan pada darah kita dengan melihat angka pada bagian atas yakni systolic dan angka di bagian bawah yakni diastolic.

Systolic sendiri merupakan pertanda tekanan darah pada bagian arteri-arteri pada saat jantung melakukan pemompaan darah ke bagian-bagian tubuh dan berkontraksi. Sedangkan diastolic merupakan tekanan darah pada bagian arteri-arteri yang dilakukan otot jantung pada saat menerima darah kembali dan mengendur sesudah berkontraksi. Mari kita ketahui ciri-ciri kita mengalami tekanan darah yang tidak normal yakni tekanan darah tinggi dan tekanan darah tinggi:

  1. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi tidak begitu diketahui sebenarnya gejala yang terjadi. Namun beberapa orang percaya bahwa pendarahan hidung, wajah kemerahan dan kelelahan serta pusing merupakan tanda-tanda tekanan darah tinggi. Akan tetapi memang ciri-ciri ini juga bisa terjadi pada orang yang bertekanan darah normal ataupun rendah.

  1. Tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah ditandai dengan gejala lemas dan lelah, sakit kepala dan keringat dingin, mudah mengantuk, mata berkunang-kunang dan penglihatan berkurang serta gampang pingsan.

Tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah bisa berbahaya bagi tubuh karena menandakan tidak sehat dan bahkan berakibat ke penyakit lain. Untuk itu, kita perlu mempertahankan keadaan di Tekanan Darah Normal. Khususnya di daerah perkotaan yang sangat rentan karena beberapa faktor, Anda bisa lebih ekstra hati-hati. Berikut beberapa Tips Menjaga Tekanan Darah Normal:

Jogging

Lakukan olahraga jogging setiap minggu. Jogging bisa membantu penyerapan oksigen, bermanfaat bagi kesehatan dan juga menjaga tekanan darah tetap stabil.

Kurangi konsumsi garam

Garam bisa menyempitkan pembuluh darah pada bagian ginjal dan juga menahan aliran darah yang berujung pada tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi garam yang banyak di antaranya terdapat pada sereal, biskuit dan makanan siap saji.

Tidak merokok

Rokok mengandung nikotin yang bisa meningkatkan produksi adrenalin dimana adrenalin menyebabkan jantung berdetak lebih kencang dan meningkatkan tekanan darah.

Kurangi lembur / begadang

Coba kurangi lembur karena lembur biasanya membuat seseorang tidak sempat lagi untuk menikmati makanan sehat dan olahraga. Lembur juga akan mengurangi jam tidur seseorang. Jadi, biasakan bioritmik tubuh yang seharusnya agar tetap sehat.

Mengurangi konsumsi kafein

Menkonsumsi asupan kafein sebanyak 500 mg atau setara dengan 3 cangkir kopi bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Cara kerjanya adalah dengan mempersempit bagian pembuluh darah dan juga menyebabkan efek stres.

Kalau membaca pantangan-pantangan ini, justru pantangan ini pulalah yang sering kita lakukan. Tetapi jika ingin sehat tentu akan lebih baik untuk memulai hidup sehat pula – meski kedengarannya sulit. Di samping beberapa tips di atas, terdapat beberapa makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga tekanan darah normal. Konsumsi yoghurt, pisang, bayam dan bit merah sangat baik untuk menjaga tekanan darah dalam keadaan normal. Tidak lupa untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Dengan Tips Menjaga Tekanan Darah Normal ini semoga membantu Anda tetap sehat.