Tips Mengatasi Insomnia Secara Ampuh

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang paling sering kita alami. Insomnia sebenarnya bukanlah penyakit, insomnia merupakan gangguan yang membuat kita menjadi tidak bisa tidur. Insomnia ini seringkali menjadi beban bagi beberapa orang karena mereka tidak bisa tidur dengan nyaman.

Terutama jika kita merupakan pekerja keras, tentu saja merasa agak kesal jika tidak bisa tidur dengan nyaman di saat kita merasakan lelah-lelahnya. Bagi kalian yang masih memiliki masalah insomnia ini tenang saja karena kali ini kami akan membagikan informasi penting yaitu tips mengatasi insomnia dengan ampuh. Berikut ini adalah infromasi lengkapnya :

Mendengarkan Musik Jika anda Sulit Tidur

  1. Dengarkan musik lembut

Memang ketika tidur sebaiknya kita tidak mendengar suara apa-apa atau yang artinya keadaan di sekitar kita harus menjadi tenang dan hening. Namun ada beberapa orang yang bisa tidur setelah mendengarkan musik yang lembut karena itu bisa menenangkan mereka. Oleh karena itu jika kita masih mengalami insomnia maka kita bisa mendengarkan musik lembut yang bisa menenangkan kita.

Kita bisa mendengarkan musik instrumental piano, musik klasik, atau lagu seperti music box karena itu dapat merilekskan pikiran dan juga bisa membuat kita menjadi terlelap. Namun jangan mendengarkannya melalui earphone karena jika kita mendengarkannya sambil tertidur maka bisa membahayakan nyawa. Cukup dengarkan dari music box atau speaker yang kita miliki.

Minum-minuman Hangat Sebelum Tidur

  1. Minum-minuman yang hangat

Tips untuk mengatasi insomnia yang kedua adalah dengan cara minum-minuman yang hangat sebelum kita ingin membaringkan diri di tempat tidur. Minum-minuman yang hangat sebelum tidur memang bisa merilekskan tubuh dan pikiran kita. Kita bisa menyiapkan minuman hangat kesukaan kita, misalnya saja wedang jahe atau teh hangat.

Bisa juga minuman hangat seperti cokelat panas. Setelah minum-minuman hangat itu maka mungkin tidur kita akan menjadi lebih mudah, namun jangan sampai minum terlalu banyak sebelum tidur karena itu bisa menyebabkan kita akan sering kencing pada tengah malamnya. Minum secukupnya saja ya!

Hindari Cahaya saat akan Tidur

  1. Hindari cahaya

Mungkin beberapa orang tidak biasa mematikan lampu ketika mereka tidur karena mungkin takut gelap. Namun ternyata beberapa penelitian mengungkapkan jika tidur dengan lampu terang benderang bisa membuat kita menjadi insomnia. Oleh karena itu sebaiknya jika tidak ingin mengalami insomnia dan bisa tidur dengan nyaman maka matikanlah lampu di kamar selama tidur. Selain akan dengan mudah terlelap ternyata mematikan lampu ketika tidur juga bisa membuat kita menjadi lebih sehat.

Ada beberapa penelitian yang dilakukan di luar negeri jika tidur dengan lampu yang dinyalakan bisa menyebabkan kita terkena kanker. Oleh karena itu jika selama ini kalian tidur menggunakan lampu yang menyala terang maka cobalah untuk mematikannya atau menggantinya menggunakan lampu tidur.

Menjaga Kerapihan Tempat Tidur

  1. Jaga kerapian tempat tidur

Yang keempat adalah dengan menjaga kerapian tempat tidur kita. Ketika ingin tidur maka sebaiknya lihat dulu apakah kamar kita rapi atau tidak, mungkin kerapian merupakan hal yang sepele bagi wanita. Namun bagi pria sepertinya hal ini merupakan hal yang sangat luar biasa. Menurut penelitian dari Harvard University, 25% orang yang ada di dunia ini mengalami insomnia karena tidak rapinya tempat tidur mereka.

Oleh karena itu jika ingin bisa tidur pulas setiap malamnya maka sebelum tidur rapikan terlebih dahulu tempat tidur kalian. Ganti dengan sprei baru, letakkan pakaian kotor di keranjang khusus, tambahkan bantal yang bisa membuat kita nyaman untuk tidur. Dengan begitu kita tak akan mengalami insomnia lagi.

Jangan Makan Sebelum Tidur

  1. Jangan makan sebelum tidur

Tips yang kelima supaya kita mudah untuk terlelap dan tidak sampai mengalami insomnia adalah jangan makan sebelum tidur. Karena hal itu bisa menyebabkan perut kita menjadi aktif untuk mengolah makanan yang masuk ke dalam perut kita sehingga kita akan menjadi sulit untuk tidur. Oleh karena itu kami menyarankan sebelum kita tidur sebaiknya jangan makan terlalu banyak.

Jangan makan minimal 45-60 menit sebelum tidur. Makanlah beberapa jam sebelum tidur supaya ketika waktunya tidur kita tidak akan mengalami insomnia. Sebagai gantinya jika mengantuk namun masih merasa lapar maka kita bisa minum beberapa gelas air putih karena itu bisa mengenyangkan kita.

Tidak Mengkonsumsi Kafein sebelum Tidur

  1. Jangan konsumsi kafein

Sudah bukan rahasia lagi jika kafein merupakan salah satu minuman yang bisa membuat kita sulit untuk tidur. Misalnya saja kopi, kopi seringkali dijadikan sebagai minuman peneman teman kerja jika misalnya kita sedang memiliki banyak sekali pekerjaan sehingga butuh waktu lembur.

Jika kita tidak sedang lembur dan ingin sekali beristirahat maka jangan sampai minum kafein, terutama kopi hitam murni. Hal itu bisa membuat kita menjadi sulit untuk tidur dan malah mengantuk pada keesokan paginya. Setidaknya jangan minum kopi 5 jam sebelum jam tidur, sebagai gantinya minum saja wedang atau cokelat panas yang membuat tubuh jadi rileks.

Tidur Teratur sesuai Jadwal

  1. Membuat jadwal untuk tidur

Mungkin saja kita mengalami insomnia karena jadwal tidur yang tidak jelas dan selalu berubah-ubah. Supaya kita bisa tidur dengan nyaman dan tenang sebaiknya buatlah jadwal tidur yang tetap setiap harinya. Buatlah sesuatu yang rutin setiap harinya, misalnya kita akan tidur jam 9 malam setiap harinya.

Jika sudah begitu maka setiap jam 9 malam kita akan mengantuk sehingga tidak lagi mengalami insomnia. Jika masih mengalami insomnia maka kita bisa mencoba untuk berangkat tidur lebih awal daripada jadwal biasanya. Cara itu lumayan efektif bagi kalian yang mengalami insomnia.

Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

  1. Mandi air hangat

Cara yang ini digadang-gadang merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi insomnia. Bagi kalian yang sudah mencoba berbagai cara namun tetap tidak bisa tidur dengan tenang maka tak ada salahnya juga mencoba untuk tips yang satu ini. Sebelum tidur cobalah untuk mandi atau berendam menggunakan air hangat.

Menurut beberapa penelitian, dengan berendam air hangat bisa membantu untuk merilekskan otot di tubuh kita. Sehingga pegal-pegal di tubuh kita bisa hilang. Selain itu pikiran juga menjadi lebih tenang, berendamlah dengan air hangat selama 30 menit kemudian cobalah untuk tidur.

Jauhan Handphone Ketika Ingin Tidur

  1. Jauhkan benda elektronik

Ketika ingin tidur usahakan jika benda elektronik yang ada di dekat kalian mati terlebih dahulu. Jangan sampai TV, komputer, atau benda lainnya menyala karena itu akan mengganggu kita. Matikan itu sebelum kita tidur sehingga kita tidak sampai insomnia.

Sebelum tidur juga sebaiknya jangan memainkan ponsel karena itu bisa membuat kita menjadi insomnia. Selain membuat kita kesulitan untuk tidur, memainkan ponsel sambil berbaring di kasur juga bisa menimbulkan beberapa bahaya bagi kesehatan kita. Bahkan bisa berakibat fatal sampai menyebabkan kematian.

Konsultasi ke Dokter

  1. Konsultasikan ke dokter

Jika kita mungkin sudah mencoba semua cara yang ada di atas namun tetap tidak bisa tidur dengan baik maka kita harus mencoba berkonsultasi dengan dokter. Karena bisa saja mungkin insomnia yang kita alami ini bukan disebabkan karena hal yang ada di atas melainkan disebabkan karena adanya penyakit atau mungkin masalah kesehatan lainnya. Sehingga kita tahu penyebab pastinya dan insomnia itu dapat segera teratasi.

Itu dia beberapa tips mengatasi insomnia yang bisa kita coba praktekkan. Semoga kita tidak lagi insomnia dan bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas sehingga bisa menjalani aktifitas dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian!