Tips Atasi Stress Untuk Ibu Hamil

Ibu yang saat ini sedang mengandung tentu saja harus menjaga kesehatan mereka bukan? Jika tidak menjaga kesehatan dengan baik maka tentu saja akan berpengaruh kepada janin yang ada di dalam kandungan. Salah satu masalah kesehatan yang bunda alami ketika hamil adalah stress, mungkin bunda mengalami stress karena berbagai macam faktor yang bunda alami dan pikirkan selama masa kehamilan.

Tips Atasi Stress Untuk Ibu Hamil

stres saat hamil karena suami
stres saat hamil karena suami

Namun apakah bunda sempat berpikir jika stress itu tidak baik dan memang ada pengaruhnya untuk kehamilan bunda? Stress memang berpengaruh kepada janin yang ada di dalam kandungan. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan informasi penting mengenai tips mengatasi stress untuk ibu hamil. Ini dia informasinya ya bunda!

  1. Kurangi pekerjaan

Biasanya ibu yang sedang hamil masih ada saja yang bekerja walau kehamilannya sudah besar. Salah satu alasan kenapa ibu yang sedang hamil mengalami stress adalah mungkin karena beban pikiran mengenai pekerjaan dan juga merasa kelelahan karena selama seharian bekerja. Oleh karena itu mulai dari sekarang supaya tidak mengalami stress lagi, maka sebaiknya kami sarankan supaya bunda mengurangi pekerjaan. Terutama ketika usia kandungan sudah memasuki trimester tiga maka sebaiknya bunda meminta untuk cuti kehamilan saja dan mempersiapkan persalinan. Karena ketika bekerja maka otak dan juga tubuh kita harus bekerja lebih ekstra, ingat jika di dalam perut bunda sekarang ada janin yang harus dijaga dengan baik dan menjadi tanggungan. Jadi bunda harus mengurangi jam sibuk bunda ya.

  1. Dengarkan musik

Tips kedua jika bunda merasa stress ketika hamil maka tidak ada salahnya untuk mencoba mendengarkan musik ya bunda. Menurut beberapa penelitian, stress bisa diredakan dengan cara mendengarkan musik yang kita suka. Selain itu, bagi ibu hamil mendengarkan musik juga baik karena bisa merangsang perkembangan otak si bayi sehingga ketika nanti bayi kita tumbuh besar maka ia akan menjadi anak yang cerdas. Namun ketika sedang hamil sebaiknya jangan dengarkan musik yang keras seperti rock atau heavy metal karena menurut beberapa study musik keras seperti itu bisa membuat bayi menjadi kaget dan panik. Anda bisa mendengarkan musik yang lembut seperti instrumental piano atau mungkin musik klasik yang bisa membuat perasaan Anda menjadi lebih tenang. Selain bisa mengatasi stress, dengan mendengarkan musik ini juga bisa merangsang otak janin supaya lebih cerdas. Bermanfaat sekali bukan?

  1. Liburan

Bisa saja bunda menjadi stress karena merasa jenuh dan bosan karena terus berada di rumah atau melakukan rutinitas yang sama setiap harinya. Jika bunda ingin melegakan stress karena rasa jenuh dan bosan itu maka tidak ada salahnya supaya bunda mencoba untuk liburan. Liburan artinya kita mendapatkan suasana baru yang mungkin tak pernah atau jarang bisa kita nikmati. Dengan liburan itu maka kita bisa melegakan rasa stress kita, mendapatkan refreshing dan juga energi baru. Jadi ketika merasakan stress maka tidak ada salahnya untuk berlibur. Tidak perlu jauh-jauh jika memang tidak memiliki budget yang cukup, bunda bisa pergi berlibur ke tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah asal liburan ya bunda.

  1. Lakukan hobi

Stress bisa datang kapan saja, mungkin bunda mengalami stress karena terus-terusan berada di dalam rumah selama seharian atau mungkin karena sedang ada masalah. Padahal ibu yang sedang hamil tidak boleh merasakan yang namanya stress karena stress itu bisa berdampak buruk pada bayi, menurut penelitian ibu yang selama masa kehamilannya stress memiliki anak yang cenderung sulit untuk mengatur emosinya daripada yang tidak. Jika bunda tidak ingin seperti itu maka selama masa kehamilan sebisa mungkin bunda harus mengalami stress yang bunda alami. Dengan begitu maka janin yang ada di dalam kandungan akan baik-baik saja. Salah satu tips ampuh untuk mengatasi stress adalah lakukanlah hobi yang bunda sukai. Kami yakin Anda pasti semuanya memiliki hobi atau memiliki kegiatan yang Anda sukai. Dengan melakukan hobi itu maka bunda akan sibuk sendiri sehingga melupakan stress yang bunda alami. Jika bunda hobi memasak maka lakukanlah, hobi berkebun, membaca buku. Lakukan semua yang bunda inginkan asal aman bagi kandungan bunda.

  1. Berenang

Tips mengatasi stress untuk ibu hamil yang kelima adalah dengan berenang. Supaya stress bunda tidak mengakar, maka bunda harus segera mengatasinya karena jika bunda terlalu lama stress dan tidak segera diatasi maka hal itu bisa berubah menjadi depresi dan malah membahayakan. Jika kandungan bunda masih muda mungkin di trimester 1-2 maka bunda masih bisa berenang, karena menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan berenang memiliki dampak bagi tubuh kita yaitu bisa membuat kita menjadi rileks dan menghilangkan stress kita. Jadi tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk berenang ketika mengalami stress ya bunda. Jika tidak berani sendiri maka bisa minta ditemani oleh suami atau saudara, namun jika dirasa usia kandungan sudah membesar dan bunda tidak kuat lagi untuk berenang. Jangan mengambil resiko ya bunda jika memang bunda tidak bisa untuk berenang.

  1. Cari teman curhat

Mungkin bisa jadi bunda mengalami stress karena selama ini bunda menghadapi masalah dan memendamnya sendiri. Memendam masalah seperti ini bisa membuat kita mengalami stress yang berat ya bunda, jadi sebelum stress yang bunda alami menjadi akut dan bunda menjadi frustasi maka sebaiknya bunda segera mencari teman curhat yang bisa bunda percaya. Mungkin bisa suami, ibu, ayah, atau mungkin sahabat. Usahakan supaya bunda menceritakan semua keluh kesah yang bunda alami karena dengan begitu maka bunda bisa mengurangi perasaan stress itu. Karena bagaiamanapun jika kita membagi beban kita bersama orang lain maka perasaan kita akan menjadi lebih plong sehingga kita tidak akan stress bunda.

  1. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Tips terakhir yang bisa kita terapkan untukĀ  mengatasi stress kita adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Ketika bunda mengalami stress mungkin bunda akan cenderung makan-makanan yang berlemak dan manis-manis. Kami sarankan supaya bunda tetap memperhatikan asupan makanan yang bergizi dan juga sehat sehingga asupan janin yang ada di dalam kandungan tetap terpenuhi. Sebisa mungkin bunda lakukan tips yang kami berikan di atas, imbangilah dengan konsumsi air putih yang banyak dan juga sayuran serta buah-buahan sehingga bunda akan tetap sehat selama masa kehamilan.

Nah, itu dia beberapa tips mengatasi stress untuk ibu hamil yang bisa kami berikan kepada bunda. Sebaiknya ketika sedang hamil kami sarankan sebisa mungkin untuk tidak stress, jauhi hal-hal yang bisa membuat bunda stress karena bisa berdampak bagi si baby. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Pencarian Lainnya: