Tips atasi demam pada anak

Demam merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi pada kita, terutama kepada anak kecil. Demam merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menandakan jika ada yang salah di dalam tubuh si anak.

menurunkan demam anak tanpa obat
menurunkan demam anak tanpa obat

Oleh karena itu jika si anak sedang mengalami demam tentu saja sebagai orangtua kita harus khawatir dengan mereka. Karena ketika anak demam tentu saja mereka akan menjadi lemas dan tidak bisa beraktifitas juga ceria seperti biasanya. Oleh karena itu kita sebagai orangtua harus mengatasinya segera, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi demam pada anak yang ampuh. Simak ulasannya!

  1. Mandi air hangat

Ketika anak sedang demam memang sebaiknya kita tidak usah memandikan mereka dahulu bunda. Jika kita ingin tetap memandikan mereka maka jangan sampai menggunakan air dingin untuk memandikannya, kita bisa menggunakan air hangat saja ketika ingin memandikan si kecil. Memandikannya dengan air hangat ternyata bisa membantu mereka untuk meredakan demam.

Supaya tubuh anak menjadi lebih rileks maka bunda bisa menambahkan sedikit garam amndi atau mungkin essential oil seperti minyak lavender. Aromanya bisa membuat sensasi tubuh si kecil lebih lunak. Jika bunda tak ingin memandikannya maka bunda bisa menggunakan washlap untuk membasuh beberapa bagian tubuh si kecil. Jangan gunakan air dingin karena bisa membuatnya menggigil ya bunda.

  1. Perbanyak asupan cairan

Cara untuk mengatasi demam pada anak yang kedua adalah dengan memperbanyak asupan cairan untuk si kecil. Karena pada dasarnya ketika anak sedang mengalami demam ia akan lebih banyak kehilangan cairan elektrolit dan itu bisa membuatnya menjadi mengalami dehidrasi. Oleh karena itu supaya mereka tidak mengalami dehidrasi maka bunda harus memberikan mereka asupan cairan seperti misalnya air putih. Asupan cairan tidak hanya air putih saja ya bun, bisa termasuk jus buah, susu, dan buah-buahan yang dimakan.

Namun jangan beri mereka asupan cairan yang mengandung pemanis buatan seperti misalnya cola, teh, apalagi kopi bunda. Mungkin di antara bunda masih banyak yang percaya mitos jika kopi bisa menurunkan demam dan mencegah kejang pada anak ketika demam, namun hal ini salah ya bunda. Karena kandungan kafein yang ada di dalam kopi membuat kita sering buang air kecil sehingga kita akan lebih kehilangan cairan atau dehidrasi.

  1. Gunakan bawang merah

Jika bunda ingin mengatasi demam dengan cara yang tradisional maka bunda bisa mencoba cara yang satu ini, bunda bisa memanfaatkan ramuan yang bunda buat sendiri dari bawang merah. Bawang merah sejak dahulu memang banyak digunakan sebagai herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Kandungan yang ada di dalam daun bawang merah ini berbagai macam seperti misalnya saja kandungan sikloalin, metialin, keamferol, floroglusin, dan minyak astiri. Kandungan-kandungan itu ternyata juga bisa mengatasi demam pada anak.

Caranya sangatlah  mudah, kita hanya perlu mengupas 5 butir bawang merah kemudian parut bawang merah sampai menjadi halus dan campurkan dengan minyak kelapa dan balurkan ke ubun ubun anak. Namun jangan sampai menyentuh mata karena mungkin bisa membuat mata anak jadi pedas ya. Jadi jangan sampai meremehkan bawang merah hanya untuk masakan saja.

  1. Beri makanan yang bergizi

Untuk tips keempat yang bisa kita gunakan untuk mengatasi demam pada si kecil adalah dengan memberikan makanan yang bergizi tinggi kepada mereka. Anak-anak juga sama seperti kita, jika sedang demam maka daya tahan tubuh mereka akan menurun dan mereka menjadi tidak nafsu untuk makan.

Oleh karena itu jika memberi mereka makan maka harus diberi makanan yang bergizi sehingga bisa membantu daya tahan tubuh mereka supaya mereka lebih cepat pulih. Contohnya adalah beri sup kaldu ayam yang terbuat dari ayam kampung asli. Jangan lupa untuk memberikannya sayuran, buah, dan juga air putih yang cukup!

  1. Manfaatkan meniran

Jika anak Anda mengalami demam maka Anda tidak usah khawatir, Anda bisa memanfaatkan meniran untuk mengatasi demam yang anak Anda alami. Meniran ini merupakan tanaman yang tumbuh liar dan tingginya tidak mencapai 1 meter. Menrina memiliki daun majemuk berbentuk bulat dan bersirip genap. Di dalam meniran ini tersedia berbagai macam kandungan seperti misalnya lignan, alkaloid, vitamin C, tanin, flavonoid, dan masih banyak lagi. Kandungan itulah yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan juga bisa menurunkan demam pada anak.

Caranya juga sangatlah mudah, kita hanya perlu merebus 1 genggam meniran segar dengan 2 gelas air hingga mendidih kemudian tunggu hingga sisa yang ada di dalam panci itu hanya 1 gelas saja. Berikan kepada anak dan minum sehari tiga kali sampai demam sang anak menghilang.

  1. Air kelapa muda

Kita semua tahu jika kelapa muda merupakan salah satu minuman tersegar yang bisa mengatasi dahaga ketika hawa sedang panas-panasanya. Selain itu air kelapa muda juga bisa digunakan bagi Anda yang sedang mengalami keracunan makanan karena air kelapa muda memiliki sifat menetralkan. Air kelapa muda yang mungkin sering kita minum ini ternyata mengandung beberapa kandungan seperti mineral dan juga kalium.

Ketika panas maka tubuh sang anak akan lebih banyak memproduksi dan mengeluarkan keringat untuk menurunkan demamnya. Supaya keringat yang keluar bisa terganti maka sebaiknya perbanykalah untuk minum air kelapa. Kami yakin jika anak-anak menyukai rasa dari air kelapa yang menyegarkan.

  1. Kunyit

Yang ketujuh adalah gunakan kunyit untuk mengatasi demam pada anak, caranya sangatlah mudah karena kita hanya perlu mencampur minyak atsiri, curcumin, dan juga kandungan zat berguna lainnya. Selain itu kunyit juga memiliki peran sebagai antioksidan, antibakteri, dan anti inflamasi/peradangan. Maka dari itu si kunyit memiliki berbagai macam peran untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan salah satuny adalah demam pada anak.

Caranya sangat mudah dan bisa kita lakukan di rumah sendiri, pertama adalah cuci 10 kunyit kemudian kupas dan parut. Tambahkan sekitar ½ gelas air panas dan aduk. Tunggu sampai dingin dan peras sarinya, tambhkan ½ perasan jeruk nipis dan kita juga bisa menambahkan madu. Minum sehari 3 kali supaya sang anak lekas mencobanya.

  1. Mengompres anak

Mungkin cara yang ini sudah biasa, namun jika kita ingin anak kita sembuh demamnya maka kita bisa mencoba untuk mengompres tubuh demam mereka menggunakan kain atau waslap yang sudah dibahasi dengan air hangat kemudian memerasnya sehingga tak ada air yang nantiya menetes.

Itu dia beberapa tips mengatasi demam pada anak yang bisa kita praktekan jika anak mengalami demam. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua dan semoga anak bisa sembuh dengan cepat sesuai dengan harapan kita sehingga mereka bisa kembali ceria lagi. Selamat mencoba!