Terserang Flu? Atasi Dengan Makanan Berikut Ini

Terserang Flu? Atasi Dengan Makanan Berikut Ini

buah untuk mencegah flu
buah untuk mencegah flu

Tidak ada yang kebal dari flu, setiap orang pasti punya masanya terkena serangan flu. Sekitar 200 virus dapat menyebabkan flu biasa, dengan rhinovirus menjadi penyebab paling umum.Ini infeksi virus yang sangat menular terutama mempengaruhi bagian atas dari sistem pernapasan termasuk hidung dan tenggorokan. Sebagian besar menyebar melalui batuk dan bersin.

Menurut National Institute of Allergy and Infectious Diseases, sekitar 1 miliar orang menderita flu biasa setiap tahun di Dunia.Gejala pilek yang umum termasuk sakit tenggorokan, hidung tersumbat, pembengkakan sinus, bersin, batuk, demam ringan dan sering sakit kepala.

Selain itu, tubuh sering menjadi lemah sehingga menyebabkan penurunan produktivitas, kehilangan pekerjaan, melewatkan sekolah dan masalah lainnya. Gejala ini bisa berlangsung antara dua dan 14 hari. Namun, kebanyakan orang pulih sepenuhnya dalam waktu 10 hari.

Tidak ada obat yang diketahui. Tindakan untuk melawan gejala flu berkisar dari pengobatan di rumah dengan obat bebas. Makanan super tertentu juga bisa membantu melawan sekaligus mencegah flu biasa.

Makanan super yang biasa melawan flu

Inilah makanan super peringkat teratas yang melawan flu.

  1. Teh Hijau

Teh hijau penuh dengan antioksidan melawan penyakit serta sifat antiviral dan antibakteri yang membantu melawan flu.Secara khusus, sekelompok antioksidan yang dikenal sebagai katekin telah terbukti dapat menghambat aktivitas virus flu biasa serta virus influenza tertentu. Selain itu, teh hijau membantu meningkatkan kekebalan secara keseluruhan dan menghidupkan tingkat metabolisme.

Nikmati dua atau tiga cangkir teh hijau setiap hari untuk mencegah atau melawan flu biasa. Anda bisa menambahkan lemon dan madu untuk meningkatkan rasa, tapi hindari menambahkan susu. Saat meminum tehnya, cobalah menghirup uap juga. Ini akan membantu mengurangi kemacetan dan membuka hidung yang tersumbat.

  1. Bawang putih

Bawang putih terkenal dengan sifat antivirus dan antibakterinya yang kuat dan sudah lama digunakan untuk melawan flu biasa dan banyak gejalanya. Plus, mengandung allicin, senyawa sulfat yang menghasilkan antioksidan kuat dan menawarkan banyak manfaat obat.Selain itu, bawang putih adalah salah satu makanan penguat kekebalan tubuh terbaik yang membantu tubuh menangkal dan melawan infeksi.

Sebuah penelitian tahun 2001 yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Therapy menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen bawang putih setiap hari membantu mencegah pilek.Makan satu atau dua siung bawang putih mentah atau tambahkan beberapa tetes minyak bawang putih ke dalam makanan dan minuman Anda secara teratur untuk mencegah serta melawan pilek.

Jika Anda kedinginan, Anda bisa merebus beberapa potong bawang putih cincang dalam satu cangkir air. Angkat dari api, dan tambahkan satu sendok teh madu. Minumlah dua atau tiga kali sehari sampai dingin Anda hilang.

  1. Jeruk

Jeruk penuh dengan vitamin C dan dapat membantu mengatasi berbagai jenis infeksi virus, termasuk flu biasa. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ini mempromosikan produksi sel darah putih yang melawan infeksi.

Minum satu sampai dua gelas jus jeruk setiap hari untuk mencegah dan melawan infeksi dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, minum jus jeruk akan membantu tubuh Anda terhidrasi dengan baik , yang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

  1. Blueberry

Senyawa yang disebut quercetin hadir dalam blueberry dapat membantu mengurangi kemungkinan terserang flu. Selain itu, blueberry dikemas dengan berbagai antioksidan dan nutrisi melawan penyakit seperti vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu tubuh Anda melawan infeksi.Beku dan blueberry segar memiliki nutrisi yang sama, sehingga Anda bisa menggunakan baik untuk melawan flu biasa.

  1. Jamur

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, jamur sering digunakan untuk melawan flu biasa dan jenis infeksi virus lainnya. Jamur meningkatkan produksi sitokin, yang pada gilirannya membantu melawan infeksi. Plus, jamur mengandung polisakarida yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

Jamur juga dikenal karena sifat antiviral dan antibakterinya yang kuat dan mengandung banyak nutrisi penting .Untuk melawan flu, pilihan terbaik jamur adalah tombol putih, portobello, shiitake dan maitake. Anda bisa menambahkan jamur di tumis atau salad atau nikmati semangkuk sup jamur yang hangat.

  1. Yogurt

Ada lebih dari 10 triliun bakteri yang hidup di saluran pencernaan kita yang penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Penting untuk memastikan bahwa jumlah bakteri yang baik melebihi jumlah yang buruk. Anda bisa melakukan ini dengan memasukkan makanan probiotik seperti yogurt dalam makanan biasa Anda.

Selain itu, yogurt meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda untuk membantu tubuh Anda secara alami melawan infeksi seperti flu biasa.Mengonsumsi satu setengah cangkir yogurt setiap hari dapat mengurangi kejadian pilek dan infeksi virus lainnya. Anda bisa menambahkan buah atau kacang ke yogurt agar lebih enak dan sehat.

  1. Kentang Manis

Menjadi kaya akan beta karoten, kentang manis juga memainkan peran kunci dalam mencegah flu biasa. Saat dikonsumsi, beta karoten diubah menjadi vitamin A, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat dan tubuh yang berfungsi dengan baik.

Vitamin A juga menjaga selaput lendir yang melapisi hidung dan tenggorokan yang sehat dan berfungsi dengan baik. Jadi jika Anda terkena flu, gejalanya akan ringan dan Anda akan pulih lebih cepat.

Makan satu setengah cangkir kentang rebus atau panggang secara teratur untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda dan melawan pilek yang biasa .

  1. Kacang Brazil

Kacang kaya kacang ini kaya akan selenium, mineral yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi termasuk pilek biasa. Selenium juga membantu mencegah kerusakan sel dari radikal bebas dengan membantu membentuk sel T yang melawan infeksi.

Selain itu, kacang Brasil mengandung mineral seperti seng dan zat besi serta vitamin C yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.Hanya satu atau dua kacang Brazil setiap hari akan memberi tubuh Anda selenium dosis yang dibutuhkan untuk mencegah flu dan flu biasa.

  1. Biji Labu

Benih labu sarat dengan seng, mineral yang memainkan peran kunci dalam melawan flu biasa. Seng meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki efek antimikroba, sehingga membantu membunuh virus yang menyebabkan flu biasa. Makanan kaya seng juga bisa membantu mengurangi lama gejala flu biasa.

Anda bisa makan biji labu panggang sebagai camilan atau memasukkannya ke dalam salad, sup, yogurt atau makanan lainnya.

  1. Red Bell Pepper

Paprika merah dikemas penuh nutrisi, antioksidan dan khasiat antiinflamasi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Mereka juga kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah pilek.Pepaya merah bisa dimakan mentah, dipanggang, digoreng, dipanggang atau dikukus.

Hanya satu cangkir paprika merah mentah akan lebih dari cukup untuk memenuhi asupan vitamin C. harian Anda yang direkomendasikan.Jadikan makanan super ini sebagai bagian dari makanan harian Anda untuk memberi tubuh Anda pertahanan terbaik melawan pilek. Ingat juga bahwa pencegahan terbaik adalah mencuci tangan dengan saksama dan sering dengan sabun dan air.